Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Abdullah (2013), Berpikir Kritis Matematik. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Universitas Khairun. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2089-855X Vol. 2, No. 1, April 2013
- Afgani D., Jarnawi (2011). Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka
- Akgun, O. E., dan Deryakulu, D. (2007). The Effects of Reputational Text and Predict-Obseve-Explain Strategies on Students’ Levels of Cognitive Conflict and Conceptual Change. Journal of Faculty of Educational Sciences. Volume 40. Nomor 1. Halaman 17 – 40
- Amir, M. (2013). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.
- Anggraeni, N.L (2014). “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning (PBL) dengan Teknik Scaffolding” . Skripsi Unsil. Tasikmalaya : Tidak Diterbitkan.
- Arends, R.I 2008. Learning to each:belajar untuk mengajar 7^th ed (Terjemaahan Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyatini Soetjipto) New York: McGraw Hill Companies Inc
- Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Armiati. 2009. Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Berbasis Masalah. Disajikan dalam Semnas Matematika UNPAR. Bandung
- Aryanti, A (2015). Perbandingan kemampuat berpikir matematis dan kemandirian belajar antara siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran penemuan terbimbing [Online]. Tersedia : http://repository.upi.edu/17635/6/T_MTK_1207189_Abstract.pdf [17 September 2016].
- Asnawati, S (2013). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp
- Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Gamestournaments. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unswagati, urnal Euclid, vol.3, No.2, p.561
- Dahar, R.W. (2006). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
- Egok, S.E, (2016) “Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. STKIP Lubuk Linggau Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar Volume 7 Edisi 2 Desember 2016
- Ennis, R.H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. [Online] Diakses pada tanggal 13 Juni 2017 dari http://faculty.education.illinois.edu/rhennis/documents/TheNatureofCriticalThinking_51711_000.pdf.
- Facione, P. A. dan Noreen C. F. (1994). Holistic Critical Thinking Scoring Rubric. [Online]. Tersedia : http://web.calstatela.edu/academic/aa/assessment/assesment-tools-resour-ces//rubrics/scoringrubric.pdf. [06 Januari 2015]
- Facione, P.A. 2010. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. [Online] Tersedia: http://www.telacommunications.com/nutshell/cthinking.htm Diakses: 13 Juni 2017
- Fauziah, I.S. (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta didik” . Skripsi Unsil. Tasikmalaya : Tidak Diterbitkan.
- Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga
- Hergenhahn, B.R. & Olson, M.H. 2009. Theories of Learning. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
- Hidayat, E. (2009). “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Dan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realitik” . [Online]. Tersedia https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=4&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiv3LK2nLfUAhWEKZQKHSa_AeEQFggtMAM&url=http%3A%2F%2Fjournal.fpmipa.upi.edu%2Findex.php%2Fjpmipa%2Farticle%2Fdownload%2F654%2Fpdf&usg=AFQjCNH7BM9rtu7JLQDL_TCG17SfFLR_vg&sig2=YnKcA8SkcEc42RnTjHVwMQ (12 Juni 2017)
- Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Indrawan, R, dan Yuniawati, P.(2014). Metodologi Penelitian. Bandung: Refika Aditama
- Irawati, R. dkk (2016). Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Terhadap
- Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Program Studi PGSD UPI Kampus Sumedang. urnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 (2016)
- Johnson, E. (2007). Contextual Teaching and Learning; Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: MLC.
- Jumaisyaroh, T. et al (2014) . Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa smp melalui pembelajaran berbasis masalah. [Online]. Tersedia http://journal.unnes.ac.id/artikel_nju/kreano/3325 [18 September 2016]
- Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: : Kemendikbud
- Kevin Houston. (2009). Howto Think Like a Mathematician: A Companion to Undergraduate Mathematics New York: Cambridge University Press.
- Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
- Kurniasih, I dan Berlin, S. (2013). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
- Melissa, M.M. (2016) Peningkatan Kemandirian Dan Prestasi Belajar
- Matematika Dengan Pendekatan Problem-Based Learning (Pbl) Di Kelas VII E Smp N 15 Yogyakarta. Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika (JIEM) 1 Vol.2/No.1/Mei 2016 ISSN: 977-2442-878-035
- Murata, A. 2006. Teaching as Assisting Individual Constructive Paths Within an Interdependent Class Learning Zone: Japanese First Graders Learning to add Using 10. Journal for Research in Mathematics Education.Volume 37. No. 6, 421-455.
- Nurdin, A (2017).” Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Matematis Serta Mengembangkan Self Confidence Dengan Strategi Pembelajaran Think Talk Write” [Online] Tersedia https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjZs8m0scDUAhVLwI8KHYscCukQFggeMAA&url=http%3A%2F%2Frepository.unpas.ac.id%2F27638%2F1%2FARTIKEL%2520Asep%2520Nurdin.docx&usg=AFQjCNFTPoLGyFpVyzWG_oUSXPLIyldPDA&sig2=g1uwwvSRZGvc3qSwOMnBqA (15 Juni 2017)
- Nuryanti (2016) . Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Kooperatif Stad Dan Murder. [Online]. Tersedia http://repository.upi.edu/9455/ [12 Juni 2017]
- Pugalee, D.A. (2001). Using Comunication to Develop Student Mathematical Literacy. Mathematics Teaching in the Middle School, 6(5), 296-299. [Online].Tersedia:http://www.nctm.org/ercsources/articleSummary.asp?URI=MTMS2001-01-296&from=B.diakses 13 juni 2017
- Ratnaningsih, N. (2007). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik serta Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas.Disertasi UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.
- Rochaminah, S (2008). Pengaruh Pembelajaran Penemuan terhadap Kemampuan
- Berfikir Kristis Matematis. Desertasi pada PPs UPI tidak dipublikasikan.
- Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru .Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
- Ruseffendi, E. T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan Dan Bidang Non-Eksak Lainnya. Bandung: Tarsito.
- Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana
- Scriven, Michael and Paul, R. 2007. Defining Critical Thinking. [Online] Tersedia: http://www.criticalthinking.org/aboutCT/definingCt.cfm Diakses : 13 Juni 2017.
- Shadiq, F. 2004. ”Pemecahan masalah, penalaran, dan komunikasi”. Bahan ajar. Yogyakarta: PPPG Matematika Yogyakarta.
- Siregar, E. dan Hartini, N. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
- Somakim. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self-Efficacy Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Penggunaan Pendekatan Matematika Realistik. Bandung: PPS UPI. Disertasi tidak diterbitkan.
- Suherman. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
- Subbotin, I. Y., dan Michae,l G. (2014). A Triangular Fuzzy Model for Assesing Critical Thinking Skills. International Journal of Applications of Fuzzy Sets and Artificial Intelligence. Volume 4. Halaman 173 – 186.
- Suhartini, (2010). Implementasi pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Skripsi UPI Bandung, 2010. Tidak dipublikasikan
- Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Sumarmo, U. (2014). Berpikir dan Disposisi Matematika Serta Pembelajarannya. Kumpulan Makalah. Bandung: UPI
- Sumarmo, U (2013). Berpikir dan Disposisi Matematika Serta Pembelajarannya. Kumpulan Makalah. Bandung: UPI
- Surya, H.M. (2014) Psikologi Guru dan Aplikasi dari guru untuk guru. Bandung : Alfabeta
- Syahbana, A (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Edumatica Volume 02 Nomor 01 , April 2012 ISSN: 2088-215
- Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
- Wahana. (2015). Belajar Cepat Analisis Statistik Parametrik dan Non Parametrik dengan SPSS.Yogyakarta: Penerbit Andi
- Widaningsih, D. (2012). Evaluasi Pembelajaran Matematika Paket Modul Pembelajaran untuk Melengkapi Bahan Perkuliahan Evaluasi Pembelajaran Matematika. Tasikmalaya: tidak diterbitkan.
- Yamin, M. (2012). Desain Baru Pembelajaran Kontruktivistik. Jakarta: Referens
References
Abdullah (2013), Berpikir Kritis Matematik. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Universitas Khairun. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2089-855X Vol. 2, No. 1, April 2013
Afgani D., Jarnawi (2011). Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka
Akgun, O. E., dan Deryakulu, D. (2007). The Effects of Reputational Text and Predict-Obseve-Explain Strategies on Students’ Levels of Cognitive Conflict and Conceptual Change. Journal of Faculty of Educational Sciences. Volume 40. Nomor 1. Halaman 17 – 40
Amir, M. (2013). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.
Anggraeni, N.L (2014). “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning (PBL) dengan Teknik Scaffolding” . Skripsi Unsil. Tasikmalaya : Tidak Diterbitkan.
Arends, R.I 2008. Learning to each:belajar untuk mengajar 7^th ed (Terjemaahan Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyatini Soetjipto) New York: McGraw Hill Companies Inc
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Armiati. 2009. Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Berbasis Masalah. Disajikan dalam Semnas Matematika UNPAR. Bandung
Aryanti, A (2015). Perbandingan kemampuat berpikir matematis dan kemandirian belajar antara siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran penemuan terbimbing [Online]. Tersedia : http://repository.upi.edu/17635/6/T_MTK_1207189_Abstract.pdf [17 September 2016].
Asnawati, S (2013). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp
Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Gamestournaments. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unswagati, urnal Euclid, vol.3, No.2, p.561
Dahar, R.W. (2006). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Egok, S.E, (2016) “Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. STKIP Lubuk Linggau Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar Volume 7 Edisi 2 Desember 2016
Ennis, R.H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. [Online] Diakses pada tanggal 13 Juni 2017 dari http://faculty.education.illinois.edu/rhennis/documents/TheNatureofCriticalThinking_51711_000.pdf.
Facione, P. A. dan Noreen C. F. (1994). Holistic Critical Thinking Scoring Rubric. [Online]. Tersedia : http://web.calstatela.edu/academic/aa/assessment/assesment-tools-resour-ces//rubrics/scoringrubric.pdf. [06 Januari 2015]
Facione, P.A. 2010. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. [Online] Tersedia: http://www.telacommunications.com/nutshell/cthinking.htm Diakses: 13 Juni 2017
Fauziah, I.S. (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta didik” . Skripsi Unsil. Tasikmalaya : Tidak Diterbitkan.
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga
Hergenhahn, B.R. & Olson, M.H. 2009. Theories of Learning. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Hidayat, E. (2009). “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Dan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realitik” . [Online]. Tersedia https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=4&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiv3LK2nLfUAhWEKZQKHSa_AeEQFggtMAM&url=http%3A%2F%2Fjournal.fpmipa.upi.edu%2Findex.php%2Fjpmipa%2Farticle%2Fdownload%2F654%2Fpdf&usg=AFQjCNH7BM9rtu7JLQDL_TCG17SfFLR_vg&sig2=YnKcA8SkcEc42RnTjHVwMQ (12 Juni 2017)
Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Indrawan, R, dan Yuniawati, P.(2014). Metodologi Penelitian. Bandung: Refika Aditama
Irawati, R. dkk (2016). Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Terhadap
Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Program Studi PGSD UPI Kampus Sumedang. urnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 (2016)
Johnson, E. (2007). Contextual Teaching and Learning; Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: MLC.
Jumaisyaroh, T. et al (2014) . Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa smp melalui pembelajaran berbasis masalah. [Online]. Tersedia http://journal.unnes.ac.id/artikel_nju/kreano/3325 [18 September 2016]
Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: : Kemendikbud
Kevin Houston. (2009). Howto Think Like a Mathematician: A Companion to Undergraduate Mathematics New York: Cambridge University Press.
Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Kurniasih, I dan Berlin, S. (2013). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
Melissa, M.M. (2016) Peningkatan Kemandirian Dan Prestasi Belajar
Matematika Dengan Pendekatan Problem-Based Learning (Pbl) Di Kelas VII E Smp N 15 Yogyakarta. Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika (JIEM) 1 Vol.2/No.1/Mei 2016 ISSN: 977-2442-878-035
Murata, A. 2006. Teaching as Assisting Individual Constructive Paths Within an Interdependent Class Learning Zone: Japanese First Graders Learning to add Using 10. Journal for Research in Mathematics Education.Volume 37. No. 6, 421-455.
Nurdin, A (2017).” Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Matematis Serta Mengembangkan Self Confidence Dengan Strategi Pembelajaran Think Talk Write” [Online] Tersedia https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjZs8m0scDUAhVLwI8KHYscCukQFggeMAA&url=http%3A%2F%2Frepository.unpas.ac.id%2F27638%2F1%2FARTIKEL%2520Asep%2520Nurdin.docx&usg=AFQjCNFTPoLGyFpVyzWG_oUSXPLIyldPDA&sig2=g1uwwvSRZGvc3qSwOMnBqA (15 Juni 2017)
Nuryanti (2016) . Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Kooperatif Stad Dan Murder. [Online]. Tersedia http://repository.upi.edu/9455/ [12 Juni 2017]
Pugalee, D.A. (2001). Using Comunication to Develop Student Mathematical Literacy. Mathematics Teaching in the Middle School, 6(5), 296-299. [Online].Tersedia:http://www.nctm.org/ercsources/articleSummary.asp?URI=MTMS2001-01-296&from=B.diakses 13 juni 2017
Ratnaningsih, N. (2007). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik serta Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas.Disertasi UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.
Rochaminah, S (2008). Pengaruh Pembelajaran Penemuan terhadap Kemampuan
Berfikir Kristis Matematis. Desertasi pada PPs UPI tidak dipublikasikan.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru .Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Ruseffendi, E. T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan Dan Bidang Non-Eksak Lainnya. Bandung: Tarsito.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana
Scriven, Michael and Paul, R. 2007. Defining Critical Thinking. [Online] Tersedia: http://www.criticalthinking.org/aboutCT/definingCt.cfm Diakses : 13 Juni 2017.
Shadiq, F. 2004. ”Pemecahan masalah, penalaran, dan komunikasi”. Bahan ajar. Yogyakarta: PPPG Matematika Yogyakarta.
Siregar, E. dan Hartini, N. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Somakim. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self-Efficacy Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Penggunaan Pendekatan Matematika Realistik. Bandung: PPS UPI. Disertasi tidak diterbitkan.
Suherman. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Subbotin, I. Y., dan Michae,l G. (2014). A Triangular Fuzzy Model for Assesing Critical Thinking Skills. International Journal of Applications of Fuzzy Sets and Artificial Intelligence. Volume 4. Halaman 173 – 186.
Suhartini, (2010). Implementasi pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Skripsi UPI Bandung, 2010. Tidak dipublikasikan
Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sumarmo, U. (2014). Berpikir dan Disposisi Matematika Serta Pembelajarannya. Kumpulan Makalah. Bandung: UPI
Sumarmo, U (2013). Berpikir dan Disposisi Matematika Serta Pembelajarannya. Kumpulan Makalah. Bandung: UPI
Surya, H.M. (2014) Psikologi Guru dan Aplikasi dari guru untuk guru. Bandung : Alfabeta
Syahbana, A (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Edumatica Volume 02 Nomor 01 , April 2012 ISSN: 2088-215
Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Wahana. (2015). Belajar Cepat Analisis Statistik Parametrik dan Non Parametrik dengan SPSS.Yogyakarta: Penerbit Andi
Widaningsih, D. (2012). Evaluasi Pembelajaran Matematika Paket Modul Pembelajaran untuk Melengkapi Bahan Perkuliahan Evaluasi Pembelajaran Matematika. Tasikmalaya: tidak diterbitkan.
Yamin, M. (2012). Desain Baru Pembelajaran Kontruktivistik. Jakarta: Referens