Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan desain concurrent embedded strategy yang difokuskan pada kemampuan problem solving dan kemampuan representasi matematis siswa SMK PGRI 3 Cianjur dengan menggunakan pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah : untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan problem solving dan kemampuan representasi matematis siswa pada pembelajaran matematika; untuk mengetahui kemampuan problem solving siswa yang menggunakan pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pembelajaran biasa; untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pembelajaran biasa; untuk mengetahui apakah ada korelasi antara problem solving siswa dan kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning; untuk mengetahui bagaimanakah aktivitas siswa pada saat pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan dilakukan di kelas X SMK PGRI 3 Cianjur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa: lembar observasi, wawancara, jurnal harian siswa, angket dan tes kemampuan problem solving dan representasi matematis siswa. Dari data yang diperoleh hasil: Pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan problem solving matematis siswa pada pembelajaran matematika; Pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa pada pembelajaran matematika; Peningkatan kemampuan problem solving siswa yang menggunakan pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pembelajaran biasa; Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pembelajaran biasa; Terdapat korelasi antara sikap siswa terhadap Problem Based Learning problem solving dengan peningkatan kemampuan problem solving dan representasi matematis siswa. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa m Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan problem solving dan representasi matematis siswa.
 

Keywords

Problem Based Learning kemampuan problem solving kemampuan representasi matematis

Article Details

How to Cite
Astria, K. (2021). Peningkatan Kemampuan Problem Solving Dan Representasi Matematis Dengan Menggunakan Pembelajaran Problem Based Learning. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.23969/pjme.v8i1.3992

References

  1. Ahmad dan Nana. (2009). Teknologi Pengajaran. Ban-dung: Sinar Baru Algesindo
  2. Arends, Richard I. (2004) Learn-ing To Teach. New York: Mc Graw Hill.
  3. Arikunto ,Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Penedekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
  4. Besral. 2010. Pengolahan dan An-alisa Data-1 Menggunakan SPSS. Jakarta: Departemen Bio-statistika - FKM UI
  5. Bounds, David and Falletti, Gra-ham I. (1997) The Challenge of Problem Based Learning. London: Kongan Page.
  6. Bruce, Joyceand Weil, Marsha. (2010). Model Of Teaching. New Jersey: Practice Hall.
  7. Dimyati, Mudjiono. (2013). Bela-jar dan Pembelajaran. Jakar-ta: Rineka Cipta.
  8. Hillman, W . (2003). Learning How to Learn : Problem Based Learning. Australian: Journal of T eacher Educa-tion
  9. Lu Ann Wilkerson, Wim H. Gijse-laers. (1996) Bringing Prob-lem Based Learning To Higher Education. Jossey-Bass Publishers.
  10. Paulina Pannen, Dina Mustafa, Mestika Senarwinahyu (2001) Kontrukstivisme Da-lam Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAL
  11. Steven R. (2012) Mixed-Methods Research Methodologies. Florida: Terrell
  12. Suherman dan Sukjaya. (1990). Petunjuk Praktis Untuk Melaksanakan Evaluasi. Bandung: Wijaya Kusuma
  13. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
  14. Zaini, Hisyam. (2005) Strategi Pembelajaran Aktif. Yogya-karta: Bintang Pustaka

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.