Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematis serta Self-Efficacy Siswa SMA

  • Khoirina Dwi Ayu Maulidia college student
  • Eka Firmansyah
  • Melinda Putri Mubarika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan komunikasi matematis, kemampuan koneksi matematis serta self efficacy dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mix methods dengan tipe embedded design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAS Angkasa Bandung 2019/2020. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas, dimana 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan komunikasi matematis, tes kemampuan koneksi matematis, skala sikap self efficacy, observasi dan wawancara. Data yang digunakan untuk menguji perbedaan dua rata-rata adalah uji-t dan korelasi (kuantitatif) serta deskripsi (kualitatif). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model Problem Based Learning lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, 2) kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapatkan model Problem Based Learninglebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, 3) Self-Efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning termasuk kedalam kategori yang baik, 4) terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dengan self efficacy siswa yang menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaranProblem Based Learning, 5) terdapat korelasi antara kemampuan koneksi matematis siswa dan self efficacy siswa yang menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaranProblem Based Learning.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 30, 2020
How to Cite
MAULIDIA, Khoirina Dwi Ayu; FIRMANSYAH, Eka; MUBARIKA, Melinda Putri. Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematis serta Self-Efficacy Siswa SMA. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 51-64, nov. 2020. ISSN 2089-2055. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2784>. Date accessed: 22 jan. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.5035/pjme.v10i2.2784.
Section
Articles