Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan komunikasi matematis, kemampuan koneksi matematis serta self efficacy dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mix methods dengan tipe embedded design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAS Angkasa Bandung 2019/2020. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas, dimana 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan komunikasi matematis, tes kemampuan koneksi matematis, skala sikap self efficacy, observasi dan wawancara. Data yang digunakan untuk menguji perbedaan dua rata-rata adalah uji-t dan korelasi (kuantitatif) serta deskripsi (kualitatif). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model Problem Based Learning lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, 2) kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapatkan model Problem Based Learninglebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, 3) Self-Efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning termasuk kedalam kategori yang baik, 4) terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dengan self efficacy siswa yang menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaranProblem Based Learning, 5) terdapat korelasi antara kemampuan koneksi matematis siswa dan self efficacy siswa yang menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaranProblem Based Learning.

Keywords

Model Problem Based Learning, kemampuan komunikasi matematis, kemampuan koneksi matematis, self efficacy

Article Details

How to Cite
Maulidia, K. D. A., Firmansyah, E., & Mubarika, M. P. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematis serta Self-Efficacy Siswa SMA. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 51–64. https://doi.org/10.23969/pjme.v10i2.2784

References

  1. Anwar, A.I.D. (2009). Hubungan Antara Self Efficacy dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum. Medan: Fakultas Psikologi Universitas Sumatra Utara.
  2. Asria Hirda Yanti. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 118–129. Retrieved from https://dx.doi.org/10.31186/jpmr.v2i2.3696
  3. Darta. (2014). Self-efficacy dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika SYMMETRY. 3(1). Halaman 328-333. Bandung: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pasundan Bandung.
  4. Desmawati, M. R., dan Mulyani, S. H. (2015). Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Kemampuan Komunikasi Matematik pada Siswa SMPN 2 Padang Panjang. Psyche 165 Journal, Vol. 8(2) : 14-28
  5. Fitriana, L., and Fitriyani, H. (2018). “Improving Students ’ Mathematics Self -Efficacy through Problem Based Learning.” Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML) 1(1):26–30.
  6. Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 153–164. Retrieved from http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033%0ASelf-Efficacy
  7. Indrawan, R., Yaniawati, R.P. (2017). Metodologi Penelitian. Bandung: PT. REFIKA ADITAMA.
  8. Mukhtari, Z., Yuliani, A., & Hendriana, H. (2019). Analisis Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Koneksi Matematik Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(5), 337–346.
  9. Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Belajar dan Sumber Belajar. Jakarta : Prestasi Pustakakarya
  10. Rahmawati, U. N., Sugianto, & Hamdani. (2014). Kesulitan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Peluang di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 6(8): halaman 1-14.
  11. Ramdhani, M. R., Widiyastuti, E., & Subekti, F. E. (2016). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Kembaran. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, (November), 403–414. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id
  12. Reflina. (2010). Kaitan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Kemampuan Self-efficacy Siswa SMP. Axiom, 7(1), 46–56.
  13. Rustina, R., & Anisa, W. N. (2018). Kontribusi Model Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematik. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 1(1), 8–14.
  14. Sari, N. R., Hidayat, W., & Yuliani, A. (2019). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Pada Materi SPLTV Ditinjau Dari Self-Efficacy. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1).
  15. Sewell, A., and George, A. (2000). Developing Efficacy Beliefs in the Classroom. Journal of Educational Inquiry, 1(2), Massey University, New Zealand.
  16. Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58-67. doi:https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117
  17. Sritresna, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self- Confidence Siswa melalui Model Pembelajaran Cycle 7E. Diakses dari https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv6n3_11
  18. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  19. Sumarmo, (2012), Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik, Jurnal Pengajaran MIPA Vol 17 No. 1. Diakses dari journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/228
  20. Wilson, S. & Janes, D. P. (2008). Mathematical Self-Efficacy: How Constructivist Philosophies Improve Self-Efficacy. [Online]. Tersedia: http://www.scribd.com/

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.