Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa. Metode penelitian ini menggunakan mixed method. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Kadugede dengan samplenya siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Tes yang digunakan berupa tes tipe uraian sebanyak 6 soal. Non tes yang digunakan berupa angket skala self efficacy dan lembar observasi serta wawancara. Dari hasil analisis terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy antara siswa yang memperoleh model Problem Based Learning (PBL) melalui mathematical modelling dan model pembelajaran konvensional, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem Based Learning (PBL) melalui mathematical modelling lebih baik daripada pembelajaran konvensional, kemampuan Self Efficacy siswa yang memperoleh model Problem Based Learning (PBL) melalui mathematical modelling lebih baik daripada pembelajaran konvensional dan terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan self efficacy siswa. 

Keywords

Kemampuan pemecahan masalah Mathematical Modelling Problem Based Learning (PBL) Self Efficacy

Article Details

How to Cite
Kiki Zakiyah, & Yusritawati, I. (2023). Penerapan Pembelajaran PBL melalui Mathematical Modelling untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Efficacy Siswa . Pasundan Journal of Mathematics Education, 13(1), 45–55. Retrieved from https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/7481

References

  1. Bliss, K., & Libertini, J. (2016). Guidelines for Assessment & Instruction in Mathematical Modeling Education: What is Mathematical Modeling?. USA: Comap, Inc & Siam.
  2. Fitria, N.Y, & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Media Geomteri Berbantuan Software Geogebra pada Mata Pelajaran Matematika Materi Koordinat untuk Mempermudah Siswa Kelas V. Indonesian Research journal on Education, 2(1),https://irje.org/index.php/irje.
  3. Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Minat Belajar ? Journal for Research in Mathematics Learning, 3(2), 141–148.
  4. Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109- 118.
  5. Indrawan, R. & Yaniawati, P. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran. Bandung: PT. Refika Aditama.
  6. Kemendikbud. (2016). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan 52 Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah. https://doi.org/10.31227/osf.io/5bnhm
  7. Lestari, K.E. & Yudhanegara, M.R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
  8. Nurmasliah, Mulyanti. Y., 7 Balkist, P.S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 6(1). https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/peka.
  9. Novferma, N. (2016). Analisis Kesulitan Dan Self-Efficacy Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.10403
  10. OECD. (2019). PISA 2018 RESULTS. PISA 2009 at a Glance, I. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en.
  11. Subaidi, A. (2016). Self-Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Sigma, 1(2), 64–68.
  12. Ubaidillah, Z. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(1), 73. https://doi.org/10.25139/smj.v8i1.2537.
  13. Untari, E., Susanto, D., & Astuti, I.P. (2022). Efektivitas Model Pembelejaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Aplikasi eLMA terhadap Hasil Belajar Mahasiswa ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 3(2), 214-252. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i2.243
  14. Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897
  15. Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 131. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103.
  16. Yuliasari, E. (2017). Eksperimentasi Model PBL dan Model GDL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 1. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1336.