Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Bliss, K., & Libertini, J. (2016). Guidelines for Assessment & Instruction in Mathematical Modeling Education: What is Mathematical Modeling?. USA: Comap, Inc & Siam.
- Fitria, N.Y, & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Media Geomteri Berbantuan Software Geogebra pada Mata Pelajaran Matematika Materi Koordinat untuk Mempermudah Siswa Kelas V. Indonesian Research journal on Education, 2(1),https://irje.org/index.php/irje.
- Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Minat Belajar ? Journal for Research in Mathematics Learning, 3(2), 141–148.
- Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109- 118.
- Indrawan, R. & Yaniawati, P. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran. Bandung: PT. Refika Aditama.
- Kemendikbud. (2016). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan 52 Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah. https://doi.org/10.31227/osf.io/5bnhm
- Lestari, K.E. & Yudhanegara, M.R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
- Nurmasliah, Mulyanti. Y., 7 Balkist, P.S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 6(1). https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/peka.
- Novferma, N. (2016). Analisis Kesulitan Dan Self-Efficacy Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.10403
- OECD. (2019). PISA 2018 RESULTS. PISA 2009 at a Glance, I. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en.
- Subaidi, A. (2016). Self-Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Sigma, 1(2), 64–68.
- Ubaidillah, Z. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(1), 73. https://doi.org/10.25139/smj.v8i1.2537.
- Untari, E., Susanto, D., & Astuti, I.P. (2022). Efektivitas Model Pembelejaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Aplikasi eLMA terhadap Hasil Belajar Mahasiswa ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 3(2), 214-252. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i2.243
- Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897
- Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 131. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103.
- Yuliasari, E. (2017). Eksperimentasi Model PBL dan Model GDL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 1. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1336.
References
Bliss, K., & Libertini, J. (2016). Guidelines for Assessment & Instruction in Mathematical Modeling Education: What is Mathematical Modeling?. USA: Comap, Inc & Siam.
Fitria, N.Y, & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Media Geomteri Berbantuan Software Geogebra pada Mata Pelajaran Matematika Materi Koordinat untuk Mempermudah Siswa Kelas V. Indonesian Research journal on Education, 2(1),https://irje.org/index.php/irje.
Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Minat Belajar ? Journal for Research in Mathematics Learning, 3(2), 141–148.
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109- 118.
Indrawan, R. & Yaniawati, P. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran. Bandung: PT. Refika Aditama.
Kemendikbud. (2016). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan 52 Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah. https://doi.org/10.31227/osf.io/5bnhm
Lestari, K.E. & Yudhanegara, M.R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Nurmasliah, Mulyanti. Y., 7 Balkist, P.S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 6(1). https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/peka.
Novferma, N. (2016). Analisis Kesulitan Dan Self-Efficacy Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.10403
OECD. (2019). PISA 2018 RESULTS. PISA 2009 at a Glance, I. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en.
Subaidi, A. (2016). Self-Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Sigma, 1(2), 64–68.
Ubaidillah, Z. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(1), 73. https://doi.org/10.25139/smj.v8i1.2537.
Untari, E., Susanto, D., & Astuti, I.P. (2022). Efektivitas Model Pembelejaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Aplikasi eLMA terhadap Hasil Belajar Mahasiswa ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 3(2), 214-252. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i2.243
Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897
Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 131. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103.
Yuliasari, E. (2017). Eksperimentasi Model PBL dan Model GDL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 1. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1336.