Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: untuk melakukan studi yang berfokus pada pengaruh model pembelajaran yang diduga dapat mengurangi kecemasan matematika dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Atta’Zhimiyah Bandung dengan sampelnya diambil secara acak dua kelas, satu kelas diberikan perlakuan dengan pembelajaran Problem Based Learning dan kelas yang satunya lagi dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis serta angket kecemasan matematika dengan skala likert. Analisis data menggunakan metode Mixed Method Embedded Konkuren. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan Problem Based Learning lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran ekspositori.(2) Terdapat peningatan kualitas kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan Problem Based Learning lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran ekspositori. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan kecemasan matematika dan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan Problem Based Learning dan siswa dengan pembelajaran ekspositori, (4) Terdapat perbedaan yang signifikan penurunan kecemasan matematika dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pembelajaran Problem Based Learning dam siswa dengan pembelajaran ekspositori, dan (5) Terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan matematika dengan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Article Details
How to Cite
Setiani, A. (2020). Mengurangi Kecemasan Matematis Dan Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Dengan Pendekatan PBL. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.23969/pjme.v6i2.2648