Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Theorems (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82-91.
- Duron, R., Limbach, B., & Waugh, W. (2006). Critical thinking framework for any discipline. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 17(2), 160–166.
- Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematika Siswa SD. Tesis PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
- Hendriana, H & Sumarmo, U. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
- Hodiyanto, H. (2017). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas MIPATEK IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera No 8 Pontianak , Kalimantan Barat AdMathEdu | Vol . 7 No . 1 | Juni 2017 Kemampuan … ( Hodiyanto ) Pendahuluan Manusia. AdMathEdu, 7(1), 9–18. https://www.neliti.com/publications/177556/kemampuan-komunikasi matema
- tis-dalam-pembelajaran-matematika
- In in Supianti. (2014). Penerapan E-Learning Dalam Upaya Meningkatkan. Pasundan Journal, 41, 24–30.
- Indrawan, R. & Yaniawati, R. Poppy, (2014). Metodologi Penelitian. Bandung: PT. REFIKA ADITAMA
- Mahmuzah, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang. 4(1): halaman 64-72.
- Faad Maonde, Bey, A., Sala, M., Suhar, Lambertus, Anggo, M., Rahim, U., & Tiya, K. (2015). The Discrepancy of Students’ Mathematic Achievement through Cooperative Learning Model, and the ability in mastering Languages and Science. International Journal of Education and Research, 3(1), 141–158. https://www.ijern.com/journal/2015/January-2015/13.pdf
- Moma, L. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self-efficacy, dan Soft Skills Siswa SMP Melalui Pembelajaran Generatif. Skripsi UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
- NCTM. (20019). Principles & Standard for School Mathematics. Diakses dari laman web tanggal 22 November 2019 dari: http://www.nctm.org
- Noviyanti, M & Yumiati. (2014). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Representasi Matematis Siswa SMP. Skripsi. Universitas Terbuka Jakarta: Tidak Diterbitkan.
- Pamungkas, A. (2013). Peningkatan kemandirian dan hasil belajar matematika melalui strategi inkuiri terbimbing dalam pokok bahasan teorema pythagoras. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Tidak Diterbitkan.
- Sari, J. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Collaborative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Tesis. FKIP UNPAS Bandung: Tidak Diterbitkan.
- Syahbana, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Edumatica. 2(1): 45-57.
- Sudirman, Mellawaty, Yaniwati, R. P., & Indrawan, R. (2020). Integrating local wisdom forms in augmented reality application: Impact attitudes, motivations and understanding of geometry of pre-service mathematics teachers’. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(11), 91–106. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i11.12183
- Uyanto, S. S. (2006). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Wahyudin, Y., Mubarika, M. P., & Firmansyah, E. (2019). Implementasi E-learning untuk mengembangkan self efficacy siswa. Jurnal PJME, 9(1), 44–55.
- Widyastuti, A & Eliyarti, W. (2014). Penerapan Pembelajaran Multiple Intelligensces (MI) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika SYMMETRY. 3(1). Halaman 392-408. Bandung: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pasundan Bandung.
- Yaniawati, R. P., Indrawan, R., & Setiawan, G. (2019). Core model on improving mathematical communication and connection, analysis of students’ mathematical disposition. International Journal of Instruction, 12(4), 639–654. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12441a
- Yudiawati, N., & G. P, B. Y. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Sekolah Menengah Pertama (Smp). TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 2(1), 63. https://doi.org/10.25157/teorema.v2i1.766
References
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Theorems (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82-91.
Duron, R., Limbach, B., & Waugh, W. (2006). Critical thinking framework for any discipline. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 17(2), 160–166.
Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematika Siswa SD. Tesis PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Hendriana, H & Sumarmo, U. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
Hodiyanto, H. (2017). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas MIPATEK IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera No 8 Pontianak , Kalimantan Barat AdMathEdu | Vol . 7 No . 1 | Juni 2017 Kemampuan … ( Hodiyanto ) Pendahuluan Manusia. AdMathEdu, 7(1), 9–18. https://www.neliti.com/publications/177556/kemampuan-komunikasi matema
tis-dalam-pembelajaran-matematika
In in Supianti. (2014). Penerapan E-Learning Dalam Upaya Meningkatkan. Pasundan Journal, 41, 24–30.
Indrawan, R. & Yaniawati, R. Poppy, (2014). Metodologi Penelitian. Bandung: PT. REFIKA ADITAMA
Mahmuzah, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang. 4(1): halaman 64-72.
Faad Maonde, Bey, A., Sala, M., Suhar, Lambertus, Anggo, M., Rahim, U., & Tiya, K. (2015). The Discrepancy of Students’ Mathematic Achievement through Cooperative Learning Model, and the ability in mastering Languages and Science. International Journal of Education and Research, 3(1), 141–158. https://www.ijern.com/journal/2015/January-2015/13.pdf
Moma, L. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self-efficacy, dan Soft Skills Siswa SMP Melalui Pembelajaran Generatif. Skripsi UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
NCTM. (20019). Principles & Standard for School Mathematics. Diakses dari laman web tanggal 22 November 2019 dari: http://www.nctm.org
Noviyanti, M & Yumiati. (2014). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Representasi Matematis Siswa SMP. Skripsi. Universitas Terbuka Jakarta: Tidak Diterbitkan.
Pamungkas, A. (2013). Peningkatan kemandirian dan hasil belajar matematika melalui strategi inkuiri terbimbing dalam pokok bahasan teorema pythagoras. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Tidak Diterbitkan.
Sari, J. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Collaborative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Tesis. FKIP UNPAS Bandung: Tidak Diterbitkan.
Syahbana, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Edumatica. 2(1): 45-57.
Sudirman, Mellawaty, Yaniwati, R. P., & Indrawan, R. (2020). Integrating local wisdom forms in augmented reality application: Impact attitudes, motivations and understanding of geometry of pre-service mathematics teachers’. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(11), 91–106. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i11.12183
Uyanto, S. S. (2006). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wahyudin, Y., Mubarika, M. P., & Firmansyah, E. (2019). Implementasi E-learning untuk mengembangkan self efficacy siswa. Jurnal PJME, 9(1), 44–55.
Widyastuti, A & Eliyarti, W. (2014). Penerapan Pembelajaran Multiple Intelligensces (MI) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika SYMMETRY. 3(1). Halaman 392-408. Bandung: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pasundan Bandung.
Yaniawati, R. P., Indrawan, R., & Setiawan, G. (2019). Core model on improving mathematical communication and connection, analysis of students’ mathematical disposition. International Journal of Instruction, 12(4), 639–654. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12441a
Yudiawati, N., & G. P, B. Y. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Sekolah Menengah Pertama (Smp). TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 2(1), 63. https://doi.org/10.25157/teorema.v2i1.766