Main Article Content

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis, komunikasi matematis dan self- efficacy matematis siswa SMA relatif masih rendah. Tujuan penelitian untuk: peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada pembelajaran konvensional, peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa memperoleh  pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada pembelajaran konvensional, self-efficacy matematis siswa dalam pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran  inkuiri terbimbing, korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan self- efficacy matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini Mixed Method tipe embedded. Populasi seluruh siswa kelas XI SMAS Taman Siswa Bandung, sampel kelas XI IPA kelas eksperimen dan kelas XI IPS kelas kontrol. Instrumennya tes kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa, angket self-efficacy matematis, lembar observasi, pedoman wawancara. Hasil penelitian: peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa memperoleh pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dari pada pembelajaran konvensional, peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa memperoleh pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada pembelajaran konvensional, terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self- efficacy matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing.

Keywords

Berpikir Kritis, Inkuiri Terbimbing, Komunikasi Matematis, Self-Efficacy

Article Details

How to Cite
Sopari, Y. W., Daniarsa, Y., & Ulfatushiyam, N. (2022). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Komunikasi Matematis, Self-Efficacy Matematis. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 60–75. https://doi.org/10.23969/pjme.v12i1.5278

References

  1. Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Theorems (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82-91.
  2. Duron, R., Limbach, B., & Waugh, W. (2006). Critical thinking framework for any discipline. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 17(2), 160–166.
  3. Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematika Siswa SD. Tesis PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
  4. Hendriana, H & Sumarmo, U. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
  5. Hodiyanto, H. (2017). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas MIPATEK IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera No 8 Pontianak , Kalimantan Barat AdMathEdu | Vol . 7 No . 1 | Juni 2017 Kemampuan … ( Hodiyanto ) Pendahuluan Manusia. AdMathEdu, 7(1), 9–18. https://www.neliti.com/publications/177556/kemampuan-komunikasi matema
  6. tis-dalam-pembelajaran-matematika
  7. In in Supianti. (2014). Penerapan E-Learning Dalam Upaya Meningkatkan. Pasundan Journal, 41, 24–30.
  8. Indrawan, R. & Yaniawati, R. Poppy, (2014). Metodologi Penelitian. Bandung: PT. REFIKA ADITAMA
  9. Mahmuzah, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang. 4(1): halaman 64-72.
  10. Faad Maonde, Bey, A., Sala, M., Suhar, Lambertus, Anggo, M., Rahim, U., & Tiya, K. (2015). The Discrepancy of Students’ Mathematic Achievement through Cooperative Learning Model, and the ability in mastering Languages and Science. International Journal of Education and Research, 3(1), 141–158. https://www.ijern.com/journal/2015/January-2015/13.pdf
  11. Moma, L. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self-efficacy, dan Soft Skills Siswa SMP Melalui Pembelajaran Generatif. Skripsi UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
  12. NCTM. (20019). Principles & Standard for School Mathematics. Diakses dari laman web tanggal 22 November 2019 dari: http://www.nctm.org
  13. Noviyanti, M & Yumiati. (2014). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Representasi Matematis Siswa SMP. Skripsi. Universitas Terbuka Jakarta: Tidak Diterbitkan.
  14. Pamungkas, A. (2013). Peningkatan kemandirian dan hasil belajar matematika melalui strategi inkuiri terbimbing dalam pokok bahasan teorema pythagoras. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Tidak Diterbitkan.
  15. Sari, J. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Collaborative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Tesis. FKIP UNPAS Bandung: Tidak Diterbitkan.
  16. Syahbana, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Edumatica. 2(1): 45-57.
  17. Sudirman, Mellawaty, Yaniwati, R. P., & Indrawan, R. (2020). Integrating local wisdom forms in augmented reality application: Impact attitudes, motivations and understanding of geometry of pre-service mathematics teachers’. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(11), 91–106. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i11.12183
  18. Uyanto, S. S. (2006). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  19. Wahyudin, Y., Mubarika, M. P., & Firmansyah, E. (2019). Implementasi E-learning untuk mengembangkan self efficacy siswa. Jurnal PJME, 9(1), 44–55.
  20. Widyastuti, A & Eliyarti, W. (2014). Penerapan Pembelajaran Multiple Intelligensces (MI) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika SYMMETRY. 3(1). Halaman 392-408. Bandung: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pasundan Bandung.
  21. Yaniawati, R. P., Indrawan, R., & Setiawan, G. (2019). Core model on improving mathematical communication and connection, analysis of students’ mathematical disposition. International Journal of Instruction, 12(4), 639–654. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12441a
  22. Yudiawati, N., & G. P, B. Y. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Sekolah Menengah Pertama (Smp). TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 2(1), 63. https://doi.org/10.25157/teorema.v2i1.766

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.