Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Komunikasi Matematis, Self-Efficacy Matematis

  • Yopi Wildan Sopari SMP Negeri 3 Parongpong
  • Yogi Daniarsa SMKS Pasundan 1 Bandung
  • Nursilviani Ulfatushiyam SMAS Taman Siswa Bandung

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis, komunikasi matematis dan self- efficacy matematis siswa SMA relatif masih rendah. Tujuan penelitian untuk: peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada pembelajaran konvensional, peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa memperoleh  pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada pembelajaran konvensional, self-efficacy matematis siswa dalam pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran  inkuiri terbimbing, korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan self- efficacy matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini Mixed Method tipe embedded. Populasi seluruh siswa kelas XI SMAS Taman Siswa Bandung, sampel kelas XI IPA kelas eksperimen dan kelas XI IPS kelas kontrol. Instrumennya tes kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa, angket self-efficacy matematis, lembar observasi, pedoman wawancara. Hasil penelitian: peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa memperoleh pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dari pada pembelajaran konvensional, peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa memperoleh pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada pembelajaran konvensional, terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self- efficacy matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 31, 2022
How to Cite
SOPARI, Yopi Wildan; DANIARSA, Yogi; ULFATUSHIYAM, Nursilviani. Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Komunikasi Matematis, Self-Efficacy Matematis. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 60-75, may 2022. ISSN 2722-7219. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/5278>. Date accessed: 29 june 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/pjme.v12i1.5278.
Section
Articles