Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Motivasi Belajar

Authors

  • Ervika Ratna Yulia Universitas Pasundan
  • Ferry Ferdianto

Keywords:

angket, Deskriptif, Kualitatif, Siswa MAN, Soal Tes

Abstract

Berdasarkan observasi lapangan yang dilakukan oleh peneliti di salah satu Madrasah Aliyah Negeri (MAN) yang ada di Kabupaten Cirebon diperoleh fakta bahwa hasil pengerjaan tugas dan penilaian harian matematika siswa kurang memuaskan. Siswa juga sering terlambat mengumpulkan tugas. Peneliti melihat bahwa hal tersebut terjadi karena kurangnya motivasi belajar siswa terhadap pelajaran matematika. Penyebab lainnya adalah karena siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang menuntut kemampuan berpikir kritis matematis pada pokok bahasan trigonometri. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi trigonometri ditinjau dari motivasi belajar. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu angket motivasi belajar, soal tes kemampuan berpikir kritis matematis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, motivasi belajar siswa pada materi trigonometri di kelas XI MAN 1 Kabupaten Cirebon dikelompokan menjadi 3 kategori yaitu 10% untuk motivasi belajar kategori tinggi, 73% untuk motivasi belajar kategori sedang, dan 17% untuk motivasi belajar kategori rendah. Siswa dengan motivasi belajar kategori tinggi memiliki kemampuan berpikir kritis matematis yang berbeda, yaitu terdapat kategori sangat tinggi dan kategori tinggi. Siswa dengan motivasi belajar kategori sedang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis rendah. Sedangkan siswa dengan motivasi belajar rendah memiliki kemampuan berpikir kritis matematis sangat rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1). https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Anita, I. W. (2015). Pengaruh motivasi belajar ditinjau dari jenis kelamin terhadap kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(2).

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Arsana, I. K. S. (2020). Pengaruh keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 269-282. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1294

Asharianti, T., Dewi, I. L. K., & Irmawan, W. (2022). Motivasi belajar siswa dalam memahami materi sistem persamaan linear tiga variabel. Dalam SNPM, In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM).

Aziz, M., & Tayudi. (2022). Kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa melalui pembelajar open-ended. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 45-55.

Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assessment. Theory inti Practice, 32(3), 179-186.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education. New York : McGraw-Hill.

Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2020). Analisis pemahaman konsep matematis mahasiswa pada mata kuliah trigonometri. Jurnal Gantang, 2, 123-129. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2493

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta : CV. Pustaka Ilmu Grup.

Haryani, D. (2011). Pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, 14.

Indrawan, R. & Yaniawati, P. (2016). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Januarti, N.K., Dibia, I.K., & Widiana, I.W. (2016). Analisis kesulitan belajar siswa dalam membaca cepat siswa SD gugus VI kecamatan abang. E-Journal PGSD Universitas pendidikan Ganesha, 4(1), 1-10.

Juniantara, I. M. P., Prasetyo, P. W., & Sugiyem. (2022). Analisis motivasi belajar matematika siswa secara daring di masa pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 13(1), 69–73.

Kaniati, M., Hidayat, S., & Kosasih, E. (2018). Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal-soal teks nonfiksi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 100–111.

Kharisma, E. N. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa smk pada materi barisan dan deret. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 3(1), 62-75.

Khasanah, B. A., Nurohim, I., Taufiqoh, Z., & Waluyo, S. (2020). Lt game 20 sebagai media pembelajaran interaktif pada materi limit trigonometri. JURNAL E-DuMath, 6(2). https://doi.org/10.52657/je.v6i2.1283

Khoirunnisa, P. H., & Malasari, P. N. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self confidence. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 7(1), 49-56.

Kusumaningrini, D. L., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di era pandemi covid-19. Akademika Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 145-161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271

Manfaat, B., & Anasha, Z. Z. (2013). Analisis kemampuan berpikir kritis matematik siswa dengan menggunakan graded response models (grm). In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.

Muflihatusubriyah, U., Utomo, R. B., & Saputra, N. N. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan disposisi matematis. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 7(1), 49. https://doi.org/10.30595/alphamath.v7i1.9936

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan kepercayaan diri siswa SMP melalui pendekatan open ended. Prisma, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.

Nurafni, A., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan bahan ajar trigonometri berbasis kearifan lokal. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1). https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.978

Nurcikawati, N. (2018). Rancang bangun media pembelajaran trigonometri berbasis multimedia interaktif. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(2). https://doi.org/10.30738/sosio.v4i2.2766

Putri, E. A., Mulyanti, Y., & Imswatama, A. (2018). Pengaruh pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 167-174.

Rosdiana, S. R. (2020). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran inquiry-discovery. Science Education and Application Journal, 2(2). https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.286

Runisah, R. R. (2019). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA melalui SQ3R. Euclid, 6(2). https://doi.org/10.33603/e.v6i2.2216

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25-30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Saputri, A. C., Sajidan, Rinanto, Y., Afandi, & Prasetyanti, N. M. (2019). Improving students’ critical thinking skills in cell-metabolism learning using stimulating higher order thinking skills model. International Journal of Instruction. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12122a

Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018). Analisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1). https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.591

Sardiman, A. M. (2005). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Setiawan, Y. E. (2021a). Analisis kesalahan mahasiswa semester pertama dalam menentukan nilai fungsi trigonometri sudut istimewa. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1), 110-121. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4531

Sofiyati, E. (2022). Critical thinking process analysis based on van hiele's theory through the discovery learning model. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 44-59.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Syafruddin, I. S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis: studi kasus pada siswa MTs Negeri 4 Tangerang. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 089-100.

Valengia, H., Novianti, R., Yulistia, E., & Tarigas, D. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi trigonometri. JUWARA: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 1(2).

Wijaya, T. T., Ying, Z., & Purnama, A. (2020). Using hawgent dynamic mathematics software in teaching trigonometry. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(10). https://doi.org/10.3991/ijet.v15i10.13099

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran online selama masa pandemi covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062

Yanti, O. F. & Prahmana, R. C. I. (2017). Model problem based learning, guided inquiry, dan kemampuan berpikir kritis matematis. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 2(2), 120-130. doi: https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.2.120-130

Yasa, E. P. El, Alifiani, & Walida, S. El. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari motivasi belajar. Jp3, 16(12), 75.

Yulia, E. R., Ferdianto, F., & Irmawan, W. (2022). Analisis motivasi belajar siswa pada materi trigonometri. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) IV.

Yunita, N., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan motivasi belajar matematis siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 325. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p325-332

Zetriuslita, Ariawan, R., & Nufus, H. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal uraian kalkulus integral berdasarkan level kemampuan mahasiswa. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 5(1).

Downloads

Published

2023-06-01