Main Article Content

Abstract

Berdasarkan observasi lapangan yang dilakukan oleh peneliti di salah satu Madrasah Aliyah Negeri (MAN) yang ada di Kabupaten Cirebon diperoleh fakta bahwa hasil pengerjaan tugas dan penilaian harian matematika siswa kurang memuaskan. Siswa juga sering terlambat mengumpulkan tugas. Peneliti melihat bahwa hal tersebut terjadi karena kurangnya motivasi belajar siswa terhadap pelajaran matematika. Penyebab lainnya adalah karena siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang menuntut kemampuan berpikir kritis matematis pada pokok bahasan trigonometri. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi trigonometri ditinjau dari motivasi belajar. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu angket motivasi belajar, soal tes kemampuan berpikir kritis matematis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, motivasi belajar siswa pada materi trigonometri di kelas XI MAN 1 Kabupaten Cirebon dikelompokan menjadi 3 kategori yaitu 10% untuk motivasi belajar kategori tinggi, 73% untuk motivasi belajar kategori sedang, dan 17% untuk motivasi belajar kategori rendah. Siswa dengan motivasi belajar kategori tinggi memiliki kemampuan berpikir kritis matematis yang berbeda, yaitu terdapat kategori sangat tinggi dan kategori tinggi. Siswa dengan motivasi belajar kategori sedang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis rendah. Sedangkan siswa dengan motivasi belajar rendah memiliki kemampuan berpikir kritis matematis sangat rendah.

Keywords

angket Deskriptif Kualitatif Siswa MAN Soal Tes

Article Details

How to Cite
Ratna Yulia, E., & Ferdianto, F. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Motivasi Belajar. Pasundan Journal of Mathematics Education, 13(1), 30–44. Retrieved from https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/7427

References

  1. Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1). https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
  2. Anita, I. W. (2015). Pengaruh motivasi belajar ditinjau dari jenis kelamin terhadap kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(2).
  3. Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Arsana, I. K. S. (2020). Pengaruh keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 269-282. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1294
  5. Asharianti, T., Dewi, I. L. K., & Irmawan, W. (2022). Motivasi belajar siswa dalam memahami materi sistem persamaan linear tiga variabel. Dalam SNPM, In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM).
  6. Aziz, M., & Tayudi. (2022). Kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa melalui pembelajar open-ended. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 45-55.
  7. Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assessment. Theory inti Practice, 32(3), 179-186.
  8. Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
  9. Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education. New York : McGraw-Hill.
  10. Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2020). Analisis pemahaman konsep matematis mahasiswa pada mata kuliah trigonometri. Jurnal Gantang, 2, 123-129. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2493
  11. Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta : CV. Pustaka Ilmu Grup.
  12. Haryani, D. (2011). Pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, 14.
  13. Indrawan, R. & Yaniawati, P. (2016). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran. Bandung: PT. Refika Aditama.
  14. Januarti, N.K., Dibia, I.K., & Widiana, I.W. (2016). Analisis kesulitan belajar siswa dalam membaca cepat siswa SD gugus VI kecamatan abang. E-Journal PGSD Universitas pendidikan Ganesha, 4(1), 1-10.
  15. Juniantara, I. M. P., Prasetyo, P. W., & Sugiyem. (2022). Analisis motivasi belajar matematika siswa secara daring di masa pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 13(1), 69–73.
  16. Kaniati, M., Hidayat, S., & Kosasih, E. (2018). Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal-soal teks nonfiksi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 100–111.
  17. Kharisma, E. N. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa smk pada materi barisan dan deret. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 3(1), 62-75.
  18. Khasanah, B. A., Nurohim, I., Taufiqoh, Z., & Waluyo, S. (2020). Lt game 20 sebagai media pembelajaran interaktif pada materi limit trigonometri. JURNAL E-DuMath, 6(2). https://doi.org/10.52657/je.v6i2.1283
  19. Khoirunnisa, P. H., & Malasari, P. N. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self confidence. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 7(1), 49-56.
  20. Kusumaningrini, D. L., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di era pandemi covid-19. Akademika Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 145-161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271
  21. Manfaat, B., & Anasha, Z. Z. (2013). Analisis kemampuan berpikir kritis matematik siswa dengan menggunakan graded response models (grm). In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.
  22. Muflihatusubriyah, U., Utomo, R. B., & Saputra, N. N. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan disposisi matematis. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 7(1), 49. https://doi.org/10.30595/alphamath.v7i1.9936
  23. Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan kepercayaan diri siswa SMP melalui pendekatan open ended. Prisma, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122
  24. Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.
  25. Nurafni, A., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan bahan ajar trigonometri berbasis kearifan lokal. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1). https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.978
  26. Nurcikawati, N. (2018). Rancang bangun media pembelajaran trigonometri berbasis multimedia interaktif. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(2). https://doi.org/10.30738/sosio.v4i2.2766
  27. Putri, E. A., Mulyanti, Y., & Imswatama, A. (2018). Pengaruh pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 167-174.
  28. Rosdiana, S. R. (2020). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran inquiry-discovery. Science Education and Application Journal, 2(2). https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.286
  29. Runisah, R. R. (2019). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA melalui SQ3R. Euclid, 6(2). https://doi.org/10.33603/e.v6i2.2216
  30. Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25-30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168
  31. Saputri, A. C., Sajidan, Rinanto, Y., Afandi, & Prasetyanti, N. M. (2019). Improving students’ critical thinking skills in cell-metabolism learning using stimulating higher order thinking skills model. International Journal of Instruction. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12122a
  32. Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018). Analisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1). https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.591
  33. Sardiman, A. M. (2005). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
  34. Setiawan, Y. E. (2021a). Analisis kesalahan mahasiswa semester pertama dalam menentukan nilai fungsi trigonometri sudut istimewa. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1), 110-121. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4531
  35. Sofiyati, E. (2022). Critical thinking process analysis based on van hiele's theory through the discovery learning model. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 44-59.
  36. Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
  37. Syafruddin, I. S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis: studi kasus pada siswa MTs Negeri 4 Tangerang. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 089-100.
  38. Valengia, H., Novianti, R., Yulistia, E., & Tarigas, D. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi trigonometri. JUWARA: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 1(2).
  39. Wijaya, T. T., Ying, Z., & Purnama, A. (2020). Using hawgent dynamic mathematics software in teaching trigonometry. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(10). https://doi.org/10.3991/ijet.v15i10.13099
  40. Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran online selama masa pandemi covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062
  41. Yanti, O. F. & Prahmana, R. C. I. (2017). Model problem based learning, guided inquiry, dan kemampuan berpikir kritis matematis. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 2(2), 120-130. doi: https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.2.120-130
  42. Yasa, E. P. El, Alifiani, & Walida, S. El. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari motivasi belajar. Jp3, 16(12), 75.
  43. Yulia, E. R., Ferdianto, F., & Irmawan, W. (2022). Analisis motivasi belajar siswa pada materi trigonometri. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) IV.
  44. Yunita, N., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan motivasi belajar matematis siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 325. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p325-332
  45. Zetriuslita, Ariawan, R., & Nufus, H. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal uraian kalkulus integral berdasarkan level kemampuan mahasiswa. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 5(1).