Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1). https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
- Anita, I. W. (2015). Pengaruh motivasi belajar ditinjau dari jenis kelamin terhadap kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(2).
- Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
- Arsana, I. K. S. (2020). Pengaruh keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 269-282. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1294
- Asharianti, T., Dewi, I. L. K., & Irmawan, W. (2022). Motivasi belajar siswa dalam memahami materi sistem persamaan linear tiga variabel. Dalam SNPM, In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM).
- Aziz, M., & Tayudi. (2022). Kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa melalui pembelajar open-ended. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 45-55.
- Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assessment. Theory inti Practice, 32(3), 179-186.
- Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
- Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education. New York : McGraw-Hill.
- Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2020). Analisis pemahaman konsep matematis mahasiswa pada mata kuliah trigonometri. Jurnal Gantang, 2, 123-129. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2493
- Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta : CV. Pustaka Ilmu Grup.
- Haryani, D. (2011). Pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, 14.
- Indrawan, R. & Yaniawati, P. (2016). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran. Bandung: PT. Refika Aditama.
- Januarti, N.K., Dibia, I.K., & Widiana, I.W. (2016). Analisis kesulitan belajar siswa dalam membaca cepat siswa SD gugus VI kecamatan abang. E-Journal PGSD Universitas pendidikan Ganesha, 4(1), 1-10.
- Juniantara, I. M. P., Prasetyo, P. W., & Sugiyem. (2022). Analisis motivasi belajar matematika siswa secara daring di masa pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 13(1), 69–73.
- Kaniati, M., Hidayat, S., & Kosasih, E. (2018). Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal-soal teks nonfiksi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 100–111.
- Kharisma, E. N. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa smk pada materi barisan dan deret. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 3(1), 62-75.
- Khasanah, B. A., Nurohim, I., Taufiqoh, Z., & Waluyo, S. (2020). Lt game 20 sebagai media pembelajaran interaktif pada materi limit trigonometri. JURNAL E-DuMath, 6(2). https://doi.org/10.52657/je.v6i2.1283
- Khoirunnisa, P. H., & Malasari, P. N. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self confidence. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 7(1), 49-56.
- Kusumaningrini, D. L., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di era pandemi covid-19. Akademika Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 145-161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271
- Manfaat, B., & Anasha, Z. Z. (2013). Analisis kemampuan berpikir kritis matematik siswa dengan menggunakan graded response models (grm). In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.
- Muflihatusubriyah, U., Utomo, R. B., & Saputra, N. N. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan disposisi matematis. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 7(1), 49. https://doi.org/10.30595/alphamath.v7i1.9936
- Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan kepercayaan diri siswa SMP melalui pendekatan open ended. Prisma, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122
- Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.
- Nurafni, A., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan bahan ajar trigonometri berbasis kearifan lokal. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1). https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.978
- Nurcikawati, N. (2018). Rancang bangun media pembelajaran trigonometri berbasis multimedia interaktif. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(2). https://doi.org/10.30738/sosio.v4i2.2766
- Putri, E. A., Mulyanti, Y., & Imswatama, A. (2018). Pengaruh pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 167-174.
- Rosdiana, S. R. (2020). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran inquiry-discovery. Science Education and Application Journal, 2(2). https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.286
- Runisah, R. R. (2019). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA melalui SQ3R. Euclid, 6(2). https://doi.org/10.33603/e.v6i2.2216
- Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25-30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168
- Saputri, A. C., Sajidan, Rinanto, Y., Afandi, & Prasetyanti, N. M. (2019). Improving students’ critical thinking skills in cell-metabolism learning using stimulating higher order thinking skills model. International Journal of Instruction. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12122a
- Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018). Analisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1). https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.591
- Sardiman, A. M. (2005). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
- Setiawan, Y. E. (2021a). Analisis kesalahan mahasiswa semester pertama dalam menentukan nilai fungsi trigonometri sudut istimewa. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1), 110-121. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4531
- Sofiyati, E. (2022). Critical thinking process analysis based on van hiele's theory through the discovery learning model. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 44-59.
- Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
- Syafruddin, I. S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis: studi kasus pada siswa MTs Negeri 4 Tangerang. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 089-100.
- Valengia, H., Novianti, R., Yulistia, E., & Tarigas, D. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi trigonometri. JUWARA: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 1(2).
- Wijaya, T. T., Ying, Z., & Purnama, A. (2020). Using hawgent dynamic mathematics software in teaching trigonometry. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(10). https://doi.org/10.3991/ijet.v15i10.13099
- Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran online selama masa pandemi covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062
- Yanti, O. F. & Prahmana, R. C. I. (2017). Model problem based learning, guided inquiry, dan kemampuan berpikir kritis matematis. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 2(2), 120-130. doi: https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.2.120-130
- Yasa, E. P. El, Alifiani, & Walida, S. El. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari motivasi belajar. Jp3, 16(12), 75.
- Yulia, E. R., Ferdianto, F., & Irmawan, W. (2022). Analisis motivasi belajar siswa pada materi trigonometri. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) IV.
- Yunita, N., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan motivasi belajar matematis siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 325. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p325-332
- Zetriuslita, Ariawan, R., & Nufus, H. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal uraian kalkulus integral berdasarkan level kemampuan mahasiswa. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 5(1).
References
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1). https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Anita, I. W. (2015). Pengaruh motivasi belajar ditinjau dari jenis kelamin terhadap kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(2).
Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Arsana, I. K. S. (2020). Pengaruh keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 269-282. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1294
Asharianti, T., Dewi, I. L. K., & Irmawan, W. (2022). Motivasi belajar siswa dalam memahami materi sistem persamaan linear tiga variabel. Dalam SNPM, In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM).
Aziz, M., & Tayudi. (2022). Kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa melalui pembelajar open-ended. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 45-55.
Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assessment. Theory inti Practice, 32(3), 179-186.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education. New York : McGraw-Hill.
Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2020). Analisis pemahaman konsep matematis mahasiswa pada mata kuliah trigonometri. Jurnal Gantang, 2, 123-129. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2493
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta : CV. Pustaka Ilmu Grup.
Haryani, D. (2011). Pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, 14.
Indrawan, R. & Yaniawati, P. (2016). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran. Bandung: PT. Refika Aditama.
Januarti, N.K., Dibia, I.K., & Widiana, I.W. (2016). Analisis kesulitan belajar siswa dalam membaca cepat siswa SD gugus VI kecamatan abang. E-Journal PGSD Universitas pendidikan Ganesha, 4(1), 1-10.
Juniantara, I. M. P., Prasetyo, P. W., & Sugiyem. (2022). Analisis motivasi belajar matematika siswa secara daring di masa pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 13(1), 69–73.
Kaniati, M., Hidayat, S., & Kosasih, E. (2018). Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal-soal teks nonfiksi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 100–111.
Kharisma, E. N. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa smk pada materi barisan dan deret. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 3(1), 62-75.
Khasanah, B. A., Nurohim, I., Taufiqoh, Z., & Waluyo, S. (2020). Lt game 20 sebagai media pembelajaran interaktif pada materi limit trigonometri. JURNAL E-DuMath, 6(2). https://doi.org/10.52657/je.v6i2.1283
Khoirunnisa, P. H., & Malasari, P. N. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self confidence. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 7(1), 49-56.
Kusumaningrini, D. L., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di era pandemi covid-19. Akademika Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 145-161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271
Manfaat, B., & Anasha, Z. Z. (2013). Analisis kemampuan berpikir kritis matematik siswa dengan menggunakan graded response models (grm). In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.
Muflihatusubriyah, U., Utomo, R. B., & Saputra, N. N. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan disposisi matematis. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 7(1), 49. https://doi.org/10.30595/alphamath.v7i1.9936
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan kepercayaan diri siswa SMP melalui pendekatan open ended. Prisma, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.
Nurafni, A., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan bahan ajar trigonometri berbasis kearifan lokal. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1). https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.978
Nurcikawati, N. (2018). Rancang bangun media pembelajaran trigonometri berbasis multimedia interaktif. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(2). https://doi.org/10.30738/sosio.v4i2.2766
Putri, E. A., Mulyanti, Y., & Imswatama, A. (2018). Pengaruh pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 167-174.
Rosdiana, S. R. (2020). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran inquiry-discovery. Science Education and Application Journal, 2(2). https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.286
Runisah, R. R. (2019). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA melalui SQ3R. Euclid, 6(2). https://doi.org/10.33603/e.v6i2.2216
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25-30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168
Saputri, A. C., Sajidan, Rinanto, Y., Afandi, & Prasetyanti, N. M. (2019). Improving students’ critical thinking skills in cell-metabolism learning using stimulating higher order thinking skills model. International Journal of Instruction. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12122a
Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018). Analisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1). https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.591
Sardiman, A. M. (2005). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Setiawan, Y. E. (2021a). Analisis kesalahan mahasiswa semester pertama dalam menentukan nilai fungsi trigonometri sudut istimewa. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1), 110-121. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4531
Sofiyati, E. (2022). Critical thinking process analysis based on van hiele's theory through the discovery learning model. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 44-59.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Syafruddin, I. S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis: studi kasus pada siswa MTs Negeri 4 Tangerang. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 089-100.
Valengia, H., Novianti, R., Yulistia, E., & Tarigas, D. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi trigonometri. JUWARA: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 1(2).
Wijaya, T. T., Ying, Z., & Purnama, A. (2020). Using hawgent dynamic mathematics software in teaching trigonometry. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(10). https://doi.org/10.3991/ijet.v15i10.13099
Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran online selama masa pandemi covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062
Yanti, O. F. & Prahmana, R. C. I. (2017). Model problem based learning, guided inquiry, dan kemampuan berpikir kritis matematis. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 2(2), 120-130. doi: https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.2.120-130
Yasa, E. P. El, Alifiani, & Walida, S. El. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari motivasi belajar. Jp3, 16(12), 75.
Yulia, E. R., Ferdianto, F., & Irmawan, W. (2022). Analisis motivasi belajar siswa pada materi trigonometri. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) IV.
Yunita, N., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan motivasi belajar matematis siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 325. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p325-332
Zetriuslita, Ariawan, R., & Nufus, H. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal uraian kalkulus integral berdasarkan level kemampuan mahasiswa. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 5(1).