Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Adelina, S., & Rosy, B. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi umum kelas X OTKP di SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 205-214. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p205-214
- Ama, F. T., & Sartati, S. B. (2018). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan model snowball throwing pada pokok bahasan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 1(2), 73-80. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v1i2.104
- Arif, S. (2017). Model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar dan minat peserta didik (meta-analisis data). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/17/article/viewFile/21214/19451.
- Armadan, A., Somakim, S., & Indaryanti, I. (2017). Kemampuan representasi matematis siswa pada pembelajaran berbasis teori Van Hiele di materi segiempat kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 49-57. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.306
- Arnidha, Y. (2016). Peningkatan kemampuan representasi matematis melalui model pembelajaran kooperatif think pair share. JURNAL e-DuMath, 2(1), 128-137. https://www.ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/download/166/117
- Astuti, E. P. (2017). Representasi matematis mahasiswa calon guru dalam menyelesaikan masalah matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 70-82. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.100
- Budiarti, E., & Sukma, E. (2021). Peningakatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model cooperatif tipe snowball throwing di kelas IV SDN 12 Kp. Doge Rengat Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1589-1599. https://doi.org/10.24036/jippsd.v5i1.113318
- Dahlan, J. A., & Juandi, D. (2011). Analisis representasi matematik siswa sekolah dasar dalam penyelesaian masalah matematika kontekstual. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(1), 128-138. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v16i1.273
- Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL dan IBL ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan representasi matematis, dan motivasi belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227-240. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678
- Fasa, I. L., Firmansyah, E., & Pratama, D. Y. (2020). Peningkatan kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar siswa melalui model pembelajaran PBL berbantuan Geogebra. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 82-91. https://doi.org/10.23969/pjme.v10i2.2741
- Fitriyani, E., & Kusmanto, B. (2016). Upaya meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing siswa kelas VIII A SMP taman Dewasa Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Union, 4(3), 445-452. https://doi.org/10.30738/.v4i3.444
- Fuad, M. N. (2016). Representasi matematis siswa SMA dalam memecahkan masalah persamaan kuadrat ditinjau dari perbedaan gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 145-152. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.5854
- Gustomo, A. (2015). Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi memperbaiki unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 15(2), 59-63. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/viewFile/9143/5957
- Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMA kelas XI. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1093-1104. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/7314.
- Hasibuan, A. M., Fatmawati, F., Pulungan, S. A., Wanhar, F. A., & Yusrizal, Y. (2021). Meningkatkan minat belajar matematika siswa dengan menggunakan metode snowball throwing pada siswa kelas VI SD Swasta Pab 15 Klambir Lima. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 11(2), 179-188. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28866
- Hayati, S. (2017). Belajar dan pembelajaran berbasis cooperative learning. Magelang: Graha Cendikia.
- Hirzi, R. H., Sripatmi, S., & Hapipi, H. (2015). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada pembelajaran segiempat untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa SMPN 1 Lingsar kelas VII-1 tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal pijar MIPA, 10(1), 37-40. https://doi.org/10.29303/jpm.v10i1.15
- Huda, U., Musdi, E., & Nari, N, (2019). Analisis kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Jurnal ta’dib, 22(1), 19-26. https://doi.org/10.31958/jt.v22i1.1226
- Julyanti, J., Ma’ruf, A. H., & Suwardana, O. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika melalui model snowball throwing. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara. Diambil dari http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/224
- Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi pendidikan: Upaya penyelesaian problematika pendidikan di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2), 144-155. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32
- Komala, E., & Suryadi, D. (2018). Analysis of internal and external mathematical representation ability to senior high school students in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1132(012047), 1-10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1132/1/012047
- Kurnia, I. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar PKN. Journal of Elementary Education, 2(2), 2252-9047. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee
- Kusuma, A. P., & Susanty, I. (2019). Eksperimentasi model pembelajaran NHT dan snowball throwing pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Al-Nur Cibinong. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(1), 52-62. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i1.29663
- Lestari, K. B. (2012). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar TIK siswa kelas VIIB6 SMP Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2011/2012. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 1(4), 536-547. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v4i1.212
- Lestari, Karunia Eka, & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian pendidikan matematika (Anna (ed.); 2nd ed.). PT Refika Aditama.
- Lindquist, M. M., & Gates, J. D. (2020). National council of teachers of mathematics. Teaching Children Mathematics.
- Luh Sunistini, D., Arini, N. W., & Margunayasa, I. G. (2013). Penerapan model snowball throwing berbantuan media sederhana untuk meningkatkanhasil belajar matematika siswa di SD no 1 Petandakan. Mimbar Pgsd Undiksha, 1(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/870.
- Marsanto, M. (2021). Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar menghitung jarak, waktu, dan kecepatan pada siswa kelas V. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 1(1), 35-44. https://doi.org/10.52436/1.jpti.10
- Misel., & Suwangsih, E. (2016). Penerapan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Metodi Didaktik, 10(2). https://doi.org/10.17509/md.v10i2.3180
- Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 99-110. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7960
- Muhamad, N. (2017). Pengaruh metode discovery learning untuk meningkatkan representasi matematis dan percaya diri siswa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 9-22. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/83.
- Mursid, K. B., Suryana, A., & Sugiyanto, A. (2021). Pengaruh model pembelajaran cooperative tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa di MI Al-Mursyid Citeureup-Bogor. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 1(1), 54-76. https://doi.org/10.47467/edui.v1i1.242
- Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan representasi matematis. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 11(2), 17-31. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3751
- Oktaviani, M. D. S., Suwatra, I. W., & Murda, N. (2019). Pengaruh model pembelajaran snowball throwing berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar bahasa indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 89-97. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17662
- Qowi, A. (2021). Peningkatan hasil belajar materi memahami teknik melempar bola melalui penerapan model kooperatif tipe snowball throwing. Journal on Education, 4(1), 62-73. https://doi.org/10.31004/joe.v4i1.405
- Rezeki, S. (2017). Meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Novick. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 281-291. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1203
- Rosidah, A. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Jurnal cakrawala pendas, 3(2), 29-36. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.593
- Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33-44. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49
- Sari, R. (2021). Penerapan strategi pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas V SDM 014 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Disertasi dipublikasikan, Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. https://repository.uin-suska.ac.id/52227/.
- Siswanto, R. D., Dadan, D., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe auditorial, intelectually, repetition (air) untuk meningkatkan pemecahan masalah siswa SMK kelas XI. Journal on Education, 1(1), 66-74. http://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/12.
- Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan representasi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Beta: jurnal tadris matematika, 10(1), 51-69. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.101
- Sutiawan, I., Yaniawati, P., & Toharudin, U. (2021). Penggunaan pembelajaran creative problem solving (cps) dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa SMP. Garda Guru, 3(1), 49-61. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.992
- Styawan, S. W., Susilowati, D., & Wulandari, A. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap prestasi belajar matematika. ABSIS: Mathematics education journal, 1(1), 13-18. https://doi.org/10.32585/absis.v1i1.308
- Waluyo, J. (2010). Peningkatan minat dan prestasi belajar matematika bangun ruang melalui pembelajaran snowball throwing berbasis tugas terstruktur (PTK pada siswa kelas VIII semester genap SMP 2 Karangdowo tahun ajaran 2009/2010). Disertasi dipublikaiskan, Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8320.
- Widiati, I. (2015). Mengembangkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama melalui pembelajaran kontekstual. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(2), 106-111. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.571
- Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 6(1), 87-93. https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793
- Yudhanegara, M. R. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terbuka pada kemampuan representasi beragam matematis siswa sekolah menengah pertama. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-20. https://doi.org/10.23969/pjme.v3i1.2481
- Yuliasto, W., & Masduki, S. S. (2014). Peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika melalui strategi snowball throwing (PTK bagi siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo tahun 2013/2014) (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29932.
References
Adelina, S., & Rosy, B. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi umum kelas X OTKP di SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 205-214. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p205-214
Ama, F. T., & Sartati, S. B. (2018). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan model snowball throwing pada pokok bahasan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 1(2), 73-80. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v1i2.104
Arif, S. (2017). Model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar dan minat peserta didik (meta-analisis data). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/17/article/viewFile/21214/19451.
Armadan, A., Somakim, S., & Indaryanti, I. (2017). Kemampuan representasi matematis siswa pada pembelajaran berbasis teori Van Hiele di materi segiempat kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 49-57. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.306
Arnidha, Y. (2016). Peningkatan kemampuan representasi matematis melalui model pembelajaran kooperatif think pair share. JURNAL e-DuMath, 2(1), 128-137. https://www.ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/download/166/117
Astuti, E. P. (2017). Representasi matematis mahasiswa calon guru dalam menyelesaikan masalah matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 70-82. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.100
Budiarti, E., & Sukma, E. (2021). Peningakatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model cooperatif tipe snowball throwing di kelas IV SDN 12 Kp. Doge Rengat Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1589-1599. https://doi.org/10.24036/jippsd.v5i1.113318
Dahlan, J. A., & Juandi, D. (2011). Analisis representasi matematik siswa sekolah dasar dalam penyelesaian masalah matematika kontekstual. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(1), 128-138. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v16i1.273
Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL dan IBL ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan representasi matematis, dan motivasi belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227-240. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678
Fasa, I. L., Firmansyah, E., & Pratama, D. Y. (2020). Peningkatan kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar siswa melalui model pembelajaran PBL berbantuan Geogebra. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 82-91. https://doi.org/10.23969/pjme.v10i2.2741
Fitriyani, E., & Kusmanto, B. (2016). Upaya meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing siswa kelas VIII A SMP taman Dewasa Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Union, 4(3), 445-452. https://doi.org/10.30738/.v4i3.444
Fuad, M. N. (2016). Representasi matematis siswa SMA dalam memecahkan masalah persamaan kuadrat ditinjau dari perbedaan gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 145-152. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.5854
Gustomo, A. (2015). Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi memperbaiki unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 15(2), 59-63. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/viewFile/9143/5957
Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMA kelas XI. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1093-1104. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/7314.
Hasibuan, A. M., Fatmawati, F., Pulungan, S. A., Wanhar, F. A., & Yusrizal, Y. (2021). Meningkatkan minat belajar matematika siswa dengan menggunakan metode snowball throwing pada siswa kelas VI SD Swasta Pab 15 Klambir Lima. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 11(2), 179-188. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28866
Hayati, S. (2017). Belajar dan pembelajaran berbasis cooperative learning. Magelang: Graha Cendikia.
Hirzi, R. H., Sripatmi, S., & Hapipi, H. (2015). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada pembelajaran segiempat untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa SMPN 1 Lingsar kelas VII-1 tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal pijar MIPA, 10(1), 37-40. https://doi.org/10.29303/jpm.v10i1.15
Huda, U., Musdi, E., & Nari, N, (2019). Analisis kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Jurnal ta’dib, 22(1), 19-26. https://doi.org/10.31958/jt.v22i1.1226
Julyanti, J., Ma’ruf, A. H., & Suwardana, O. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika melalui model snowball throwing. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara. Diambil dari http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/224
Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi pendidikan: Upaya penyelesaian problematika pendidikan di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2), 144-155. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32
Komala, E., & Suryadi, D. (2018). Analysis of internal and external mathematical representation ability to senior high school students in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1132(012047), 1-10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1132/1/012047
Kurnia, I. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar PKN. Journal of Elementary Education, 2(2), 2252-9047. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee
Kusuma, A. P., & Susanty, I. (2019). Eksperimentasi model pembelajaran NHT dan snowball throwing pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Al-Nur Cibinong. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(1), 52-62. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i1.29663
Lestari, K. B. (2012). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar TIK siswa kelas VIIB6 SMP Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2011/2012. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 1(4), 536-547. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v4i1.212
Lestari, Karunia Eka, & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian pendidikan matematika (Anna (ed.); 2nd ed.). PT Refika Aditama.
Lindquist, M. M., & Gates, J. D. (2020). National council of teachers of mathematics. Teaching Children Mathematics.
Luh Sunistini, D., Arini, N. W., & Margunayasa, I. G. (2013). Penerapan model snowball throwing berbantuan media sederhana untuk meningkatkanhasil belajar matematika siswa di SD no 1 Petandakan. Mimbar Pgsd Undiksha, 1(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/870.
Marsanto, M. (2021). Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar menghitung jarak, waktu, dan kecepatan pada siswa kelas V. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 1(1), 35-44. https://doi.org/10.52436/1.jpti.10
Misel., & Suwangsih, E. (2016). Penerapan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Metodi Didaktik, 10(2). https://doi.org/10.17509/md.v10i2.3180
Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 99-110. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7960
Muhamad, N. (2017). Pengaruh metode discovery learning untuk meningkatkan representasi matematis dan percaya diri siswa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 9-22. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/83.
Mursid, K. B., Suryana, A., & Sugiyanto, A. (2021). Pengaruh model pembelajaran cooperative tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa di MI Al-Mursyid Citeureup-Bogor. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 1(1), 54-76. https://doi.org/10.47467/edui.v1i1.242
Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan representasi matematis. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 11(2), 17-31. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3751
Oktaviani, M. D. S., Suwatra, I. W., & Murda, N. (2019). Pengaruh model pembelajaran snowball throwing berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar bahasa indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 89-97. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17662
Qowi, A. (2021). Peningkatan hasil belajar materi memahami teknik melempar bola melalui penerapan model kooperatif tipe snowball throwing. Journal on Education, 4(1), 62-73. https://doi.org/10.31004/joe.v4i1.405
Rezeki, S. (2017). Meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Novick. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 281-291. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1203
Rosidah, A. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Jurnal cakrawala pendas, 3(2), 29-36. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.593
Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33-44. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49
Sari, R. (2021). Penerapan strategi pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas V SDM 014 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Disertasi dipublikasikan, Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. https://repository.uin-suska.ac.id/52227/.
Siswanto, R. D., Dadan, D., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe auditorial, intelectually, repetition (air) untuk meningkatkan pemecahan masalah siswa SMK kelas XI. Journal on Education, 1(1), 66-74. http://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/12.
Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan representasi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Beta: jurnal tadris matematika, 10(1), 51-69. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.101
Sutiawan, I., Yaniawati, P., & Toharudin, U. (2021). Penggunaan pembelajaran creative problem solving (cps) dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa SMP. Garda Guru, 3(1), 49-61. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.992
Styawan, S. W., Susilowati, D., & Wulandari, A. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap prestasi belajar matematika. ABSIS: Mathematics education journal, 1(1), 13-18. https://doi.org/10.32585/absis.v1i1.308
Waluyo, J. (2010). Peningkatan minat dan prestasi belajar matematika bangun ruang melalui pembelajaran snowball throwing berbasis tugas terstruktur (PTK pada siswa kelas VIII semester genap SMP 2 Karangdowo tahun ajaran 2009/2010). Disertasi dipublikaiskan, Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8320.
Widiati, I. (2015). Mengembangkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama melalui pembelajaran kontekstual. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(2), 106-111. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.571
Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 6(1), 87-93. https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793
Yudhanegara, M. R. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terbuka pada kemampuan representasi beragam matematis siswa sekolah menengah pertama. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-20. https://doi.org/10.23969/pjme.v3i1.2481
Yuliasto, W., & Masduki, S. S. (2014). Peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika melalui strategi snowball throwing (PTK bagi siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo tahun 2013/2014) (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29932.