Main Article Content

Abstract

Matematika dipandang sebagai pelajaran yang membosankan, diperlukan model pembelajaran untuk mengatasi hal itu, Snowball Throwing diharapkan bisa mengatasi hal itu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam upaya meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa MAN Cianjur,  menganalisis aktivitas dan respon dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan mixed method dengan desain penelitian adalah Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah kelas X-B Madrasah Aliyah Negeri Cianjur yang berjumlah 48 siswa. Materi dalam penelitian ini adalah logika matematika. Instrumen penelitian berupa tes dan non tes, tes dilaksanakan setiap akhir siklus sebelum menuju siklus berikutnya sedangkan non tes yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, jurnal, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa MAN Cianjur, selain itu dapat menciptakan aktivitas belajar yang menyenangkan bagi siswa, serta menjadikan siswa lebih aktif dalam pembelajaran, dan respon siswa pun menunjukan respon yang positif terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Snowball Throwing direkomendasikan untuk mengatasi pembelajaran yang membosankan.

Keywords

aktivitas belajar mixed method pembelajaran matematika PTK Siswa MAN

Article Details

How to Cite
Santoso, A., & Mutiara Sari, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X melalui Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Pasundan Journal of Mathematics Education, 13(1), 83–97. Retrieved from https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/7411

References

  1. Adelina, S., & Rosy, B. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi umum kelas X OTKP di SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 205-214. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p205-214
  2. Ama, F. T., & Sartati, S. B. (2018). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan model snowball throwing pada pokok bahasan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 1(2), 73-80. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v1i2.104
  3. Arif, S. (2017). Model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar dan minat peserta didik (meta-analisis data). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/17/article/viewFile/21214/19451.
  4. Armadan, A., Somakim, S., & Indaryanti, I. (2017). Kemampuan representasi matematis siswa pada pembelajaran berbasis teori Van Hiele di materi segiempat kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 49-57. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.306
  5. Arnidha, Y. (2016). Peningkatan kemampuan representasi matematis melalui model pembelajaran kooperatif think pair share. JURNAL e-DuMath, 2(1), 128-137. https://www.ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/download/166/117
  6. Astuti, E. P. (2017). Representasi matematis mahasiswa calon guru dalam menyelesaikan masalah matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 70-82. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.100
  7. Budiarti, E., & Sukma, E. (2021). Peningakatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model cooperatif tipe snowball throwing di kelas IV SDN 12 Kp. Doge Rengat Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1589-1599. https://doi.org/10.24036/jippsd.v5i1.113318
  8. Dahlan, J. A., & Juandi, D. (2011). Analisis representasi matematik siswa sekolah dasar dalam penyelesaian masalah matematika kontekstual. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(1), 128-138. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v16i1.273
  9. Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL dan IBL ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan representasi matematis, dan motivasi belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227-240. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678
  10. Fasa, I. L., Firmansyah, E., & Pratama, D. Y. (2020). Peningkatan kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar siswa melalui model pembelajaran PBL berbantuan Geogebra. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 82-91. https://doi.org/10.23969/pjme.v10i2.2741
  11. Fitriyani, E., & Kusmanto, B. (2016). Upaya meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing siswa kelas VIII A SMP taman Dewasa Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Union, 4(3), 445-452. https://doi.org/10.30738/.v4i3.444
  12. Fuad, M. N. (2016). Representasi matematis siswa SMA dalam memecahkan masalah persamaan kuadrat ditinjau dari perbedaan gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 145-152. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.5854
  13. Gustomo, A. (2015). Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi memperbaiki unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 15(2), 59-63. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/viewFile/9143/5957
  14. Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMA kelas XI. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1093-1104. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/7314.
  15. Hasibuan, A. M., Fatmawati, F., Pulungan, S. A., Wanhar, F. A., & Yusrizal, Y. (2021). Meningkatkan minat belajar matematika siswa dengan menggunakan metode snowball throwing pada siswa kelas VI SD Swasta Pab 15 Klambir Lima. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 11(2), 179-188. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28866
  16. Hayati, S. (2017). Belajar dan pembelajaran berbasis cooperative learning. Magelang: Graha Cendikia.
  17. Hirzi, R. H., Sripatmi, S., & Hapipi, H. (2015). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada pembelajaran segiempat untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa SMPN 1 Lingsar kelas VII-1 tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal pijar MIPA, 10(1), 37-40. https://doi.org/10.29303/jpm.v10i1.15
  18. Huda, U., Musdi, E., & Nari, N, (2019). Analisis kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Jurnal ta’dib, 22(1), 19-26. https://doi.org/10.31958/jt.v22i1.1226
  19. Julyanti, J., Ma’ruf, A. H., & Suwardana, O. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika melalui model snowball throwing. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara. Diambil dari http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/224
  20. Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi pendidikan: Upaya penyelesaian problematika pendidikan di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2), 144-155. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32
  21. Komala, E., & Suryadi, D. (2018). Analysis of internal and external mathematical representation ability to senior high school students in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1132(012047), 1-10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1132/1/012047
  22. Kurnia, I. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar PKN. Journal of Elementary Education, 2(2), 2252-9047. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee
  23. Kusuma, A. P., & Susanty, I. (2019). Eksperimentasi model pembelajaran NHT dan snowball throwing pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Al-Nur Cibinong. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(1), 52-62. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i1.29663
  24. Lestari, K. B. (2012). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar TIK siswa kelas VIIB6 SMP Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2011/2012. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 1(4), 536-547. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v4i1.212
  25. Lestari, Karunia Eka, & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian pendidikan matematika (Anna (ed.); 2nd ed.). PT Refika Aditama.
  26. Lindquist, M. M., & Gates, J. D. (2020). National council of teachers of mathematics. Teaching Children Mathematics.
  27. Luh Sunistini, D., Arini, N. W., & Margunayasa, I. G. (2013). Penerapan model snowball throwing berbantuan media sederhana untuk meningkatkanhasil belajar matematika siswa di SD no 1 Petandakan. Mimbar Pgsd Undiksha, 1(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/870.
  28. Marsanto, M. (2021). Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar menghitung jarak, waktu, dan kecepatan pada siswa kelas V. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 1(1), 35-44. https://doi.org/10.52436/1.jpti.10
  29. Misel., & Suwangsih, E. (2016). Penerapan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Metodi Didaktik, 10(2). https://doi.org/10.17509/md.v10i2.3180
  30. Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 99-110. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7960
  31. Muhamad, N. (2017). Pengaruh metode discovery learning untuk meningkatkan representasi matematis dan percaya diri siswa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 9-22. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/83.
  32. Mursid, K. B., Suryana, A., & Sugiyanto, A. (2021). Pengaruh model pembelajaran cooperative tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa di MI Al-Mursyid Citeureup-Bogor. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 1(1), 54-76. https://doi.org/10.47467/edui.v1i1.242
  33. Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan representasi matematis. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 11(2), 17-31. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3751
  34. Oktaviani, M. D. S., Suwatra, I. W., & Murda, N. (2019). Pengaruh model pembelajaran snowball throwing berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar bahasa indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 89-97. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17662
  35. Qowi, A. (2021). Peningkatan hasil belajar materi memahami teknik melempar bola melalui penerapan model kooperatif tipe snowball throwing. Journal on Education, 4(1), 62-73. https://doi.org/10.31004/joe.v4i1.405
  36. Rezeki, S. (2017). Meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Novick. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 281-291. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1203
  37. Rosidah, A. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Jurnal cakrawala pendas, 3(2), 29-36. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.593
  38. Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33-44. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49
  39. Sari, R. (2021). Penerapan strategi pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas V SDM 014 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Disertasi dipublikasikan, Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. https://repository.uin-suska.ac.id/52227/.
  40. Siswanto, R. D., Dadan, D., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe auditorial, intelectually, repetition (air) untuk meningkatkan pemecahan masalah siswa SMK kelas XI. Journal on Education, 1(1), 66-74. http://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/12.
  41. Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan representasi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Beta: jurnal tadris matematika, 10(1), 51-69. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.101
  42. Sutiawan, I., Yaniawati, P., & Toharudin, U. (2021). Penggunaan pembelajaran creative problem solving (cps) dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa SMP. Garda Guru, 3(1), 49-61. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.992
  43. Styawan, S. W., Susilowati, D., & Wulandari, A. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap prestasi belajar matematika. ABSIS: Mathematics education journal, 1(1), 13-18. https://doi.org/10.32585/absis.v1i1.308
  44. Waluyo, J. (2010). Peningkatan minat dan prestasi belajar matematika bangun ruang melalui pembelajaran snowball throwing berbasis tugas terstruktur (PTK pada siswa kelas VIII semester genap SMP 2 Karangdowo tahun ajaran 2009/2010). Disertasi dipublikaiskan, Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8320.
  45. Widiati, I. (2015). Mengembangkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama melalui pembelajaran kontekstual. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(2), 106-111. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.571
  46. Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 6(1), 87-93. https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793
  47. Yudhanegara, M. R. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terbuka pada kemampuan representasi beragam matematis siswa sekolah menengah pertama. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-20. https://doi.org/10.23969/pjme.v3i1.2481
  48. Yuliasto, W., & Masduki, S. S. (2014). Peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika melalui strategi snowball throwing (PTK bagi siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo tahun 2013/2014) (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29932.