Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua
DOI:
https://doi.org/10.23969/pjme.v9i1.2709Keywords:
Model pembelajaran Open ende d , Kemampuan berpikir kritis Matematis, motivasi belajar, Pola asuh orang TuaAbstract
Salah satu tantangan guru dalam dunia pendidikan adalah menerapkan pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika adalah menerapkan model pembelajaran yang mendukung terwujudnya tujuan pembelajaran matematika yang sesungguhnya, yaitu dengan mengembangkan beberapa kemampuan matematis siswa diantaranya mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa yang belum maksimal jika dilihat dari nilai siswa beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dan motivasi belajar siswa ditinjau dari pola asuh orang tua dengan menerapkan model pembelajaran Open ended. Sebagai salah satu alternative untuk menanggulangi permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian mix methods dengan desain sequential explanatori dengan tujuan dapat meningkatkan kemapuan tersebut. Subyek yang digunakan penelitian yaitu peserta didik kelas XI SMA Talenta Bandung. Pada penelitian ini instrument yang digunakan antara lain, tes kemampuan berpikir kritis, angket motivasi belajar, angket pola asuh orang tua serta lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah; 1) Kemampuan berpikir Kritis meningkat apabila menerapkan pembelajaran model Open ended, 2) Peningkatan kemampuan berpikir Kritis lebih baik apabila menerapkan pembelajaran model Open ended dibandingkan dengan pembelajaran Konvesional, 3) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang menerapkan pembelajaran model Open ended dan pembelajaran Konvesional, 4) Kemampuan berpikir Kritis dan motivasi belajar siswa lebih baik apabila menerapkan pembelajaran model Open ended dibandingkan dengan pembelajaran Konvesional ditinjau dari pola asuh orang tua, dan 5) Gambaran kemampuan berpikir siswa dan motivasi belajar siswa lebih baik dengan menerapkan model open ended ditinjau dari pola asuh orang tua.Downloads
References
Costa, A.l dan Kallick, B . 2005 .
Habits of Mind : A Curriculum for Community High
School of Vermont Students
. Tersedia
online
di akses tanggal 14 desember 2018
di:
http://www.chsvt.org/wdp/
Habits_of_Mind_Curriculum_VT_WDP.pdf
.
Creswell John.W. 2014.
Penelitian Kualitatif & Desain Riset
. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Indrawan, R, Yaniawati, P. (2016).
Metodologi Penelitian
. Bandung: PT. Refika Aditama.
Komalasari, Kokom. 2010.
Pembelajaran Kon
tekstual: Konsep dan Aplikasi
. Bandung:
Refika Aditama.
Santrock, John W.(2009).
Perkembangan Anak
. Edisi 11. Jakarta. Erlangga
Siswono T.Y. (2009).
konstruksi Teoritik Tentang Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam
Matematika.
Tersedia:
pada:
https://tatagyes.files.wordpress.com/2009/11/paper07_jurnal_univadibuana.pdf
.
diakses 21 desember 2018
Sugiyono. (2016).
Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D
. Bandu
ng: PT
Alfabet.
Suryabrata, Sumadi.
(
)
.
Psikologi Pendidikan
. Jakarta: PT. Grafindo Perkasa
Rajawali.
Tilaar, H.A.R
. (2011).
Pedagogik Kritis, Perkembangan, substansi, dan Perkembangannya di
Indonesia
., Jakarta: Rineka Cipta