Main Article Content

Abstract

Salah satu tantangan guru dalam dunia pendidikan adalah menerapkan pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika adalah menerapkan model pembelajaran yang mendukung terwujudnya tujuan pembelajaran matematika yang sesungguhnya, yaitu dengan mengembangkan beberapa kemampuan matematis siswa diantaranya mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa yang belum maksimal jika dilihat dari nilai siswa beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dan motivasi belajar siswa ditinjau dari pola asuh orang tua dengan menerapkan model pembelajaran Open ended. Sebagai salah satu alternative untuk menanggulangi permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian mix methods dengan desain sequential explanatori dengan tujuan dapat meningkatkan kemapuan tersebut. Subyek yang digunakan penelitian yaitu peserta didik kelas XI SMA Talenta Bandung. Pada penelitian ini instrument yang digunakan antara lain, tes kemampuan berpikir kritis, angket motivasi belajar, angket pola asuh orang tua serta lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah; 1) Kemampuan berpikir Kritis meningkat apabila menerapkan pembelajaran model Open ended, 2) Peningkatan kemampuan berpikir Kritis lebih baik apabila menerapkan pembelajaran model Open ended dibandingkan dengan pembelajaran Konvesional, 3) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang menerapkan pembelajaran model Open ended dan pembelajaran Konvesional, 4) Kemampuan berpikir Kritis dan motivasi belajar siswa lebih baik apabila menerapkan pembelajaran model Open ended dibandingkan dengan pembelajaran Konvesional ditinjau dari pola asuh orang tua, dan 5) Gambaran kemampuan berpikir siswa dan motivasi belajar siswa lebih baik dengan menerapkan model open ended ditinjau dari pola asuh orang tua.

Keywords

Model pembelajaran Open ende d , Kemampuan berpikir kritis Matematis, motivasi belajar, Pola asuh orang Tua

Article Details

How to Cite
Siregar, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 31–43. https://doi.org/10.23969/pjme.v9i1.2709

References

  1. Costa, A.l dan Kallick, B . 2005 .
  2. Habits of Mind : A Curriculum for Community High
  3. School of Vermont Students
  4. . Tersedia
  5. online
  6. di akses tanggal 14 desember 2018
  7. di:
  8. http://www.chsvt.org/wdp/
  9. Habits_of_Mind_Curriculum_VT_WDP.pdf
  10. .
  11. Creswell John.W. 2014.
  12. Penelitian Kualitatif & Desain Riset
  13. . Yogyakarta: Pustaka
  14. Pelajar.
  15. Indrawan, R, Yaniawati, P. (2016).
  16. Metodologi Penelitian
  17. . Bandung: PT. Refika Aditama.
  18. Komalasari, Kokom. 2010.
  19. Pembelajaran Kon
  20. tekstual: Konsep dan Aplikasi
  21. . Bandung:
  22. Refika Aditama.
  23. Santrock, John W.(2009).
  24. Perkembangan Anak
  25. . Edisi 11. Jakarta. Erlangga
  26. Siswono T.Y. (2009).
  27. konstruksi Teoritik Tentang Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam
  28. Matematika.
  29. Tersedia:
  30. pada:
  31. https://tatagyes.files.wordpress.com/2009/11/paper07_jurnal_univadibuana.pdf
  32. .
  33. diakses 21 desember 2018
  34. Sugiyono. (2016).
  35. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D
  36. . Bandu
  37. ng: PT
  38. Alfabet.
  39. Suryabrata, Sumadi.
  40. (
  41. )
  42. .
  43. Psikologi Pendidikan
  44. . Jakarta: PT. Grafindo Perkasa
  45. Rajawali.
  46. Tilaar, H.A.R
  47. . (2011).
  48. Pedagogik Kritis, Perkembangan, substansi, dan Perkembangannya di
  49. Indonesia
  50. ., Jakarta: Rineka Cipta

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.