Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa melalui Pembelajaran Open-Ended

Authors

  • Muhammad Aziz universitas pasundan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa serta motivasi belajar siswa ditinjau dari pola asuh orangtua dengan menerapkan model pembelajaran Open-ended. Sebagai salah satu alternatif buat mengatasi kasus tersebut, hingga dicoba riset mix methods dengan desain sequential explanatori dengan tujuan bisa meningkatkan kemapuan tersebut. Subyek yang digunakan riset ialah peserta didik kelas XI SMA Talenta Bandung. Pada riset ini instrument yang digunakan antara lain, uji keahlian berpikir kritis, angket motivasi belajar, angket pola asuh orang tua serta lembar observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Kemampuan berpikir Kritis meningkat apabila menerapkan pembelajaran model Open-ended, 2) Peningkatan kemampuan berpikir Kritis lebih baik apabila menerapkan pembelajaran model Open-ended dibandingkan dengan pendidikan Konvesional, 3) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap keahlian berpikir kritis siswa yang menerapkan pembelajaran model Open-ended serta pendidikan Konvesional, 4) Kemampuan berpikir Kritis serta motivasi belajar siswa lebih baik apabila menerapkan pembelajaran model Open-ended dibandingkan dengan pembelajaran Konvesional ditinjau dari pola asuh orang tua, dan 5) Cerminan keahlian berpikir siswa serta motivasi belajar siswa lebih baik dengan mempraktikkan model open ended ditinjau dari pola asuh orangtua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu, Y. B., and Kribushi, R. (2022). Can electronic board increase the motivation of students to study mathematics?. Contemporary Educational Technology, 14(3). Ep364

Alkharusi, H. A., Sulaimani, H.A, & Neiser, O. (2019). Predicting critical thinking ability of sultan qaboos university students. International Journal of Instruction. 12(2). 491-504.

Anita, I. W. A. W. (2015). Pengaruh motivasi belajar ditinjau dari jenis kelamin terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 246-251.

Gross, M., Latham, D., Underhill, J. and Bak, H. (2016). The peritext book club: reading to foster critical thinking about steam texts. School Library Research. Research Journal of the American Association of School Librarians. 19. 1-16.

Harianti, R., & Amin, S. (2016). Pola asuh orangtua dan lingkungan pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 1(2).

Koriyah, V. N., & Harta, I. (2015). Pengaruh open-ended terhadap prestasi belajar, berpikir kritis dan kepercayaan diri siswa SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 95-105.

Kusumawati, O. D. T., Wahyudin, A., & Subagyo, S. (2017). Pengaruh pola asuh, lingkungan masyarakat dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa SD Kecamatan Bandungan. Educational Management, 6(2), 87-94.

Li, Q., Yang, X. & Payne, G. (2015). Integrated technology in teaching developmental math courses to increase students critical thinking ability. European Journal of Educational Sciences, EJES. 2(3). 9-17.

Mangiante, E. S. (2013). Planning science instruction for critical thinking: two urban elementary teachers’ responses to a state assesment. Education Sciences. 3. 222-258.

Nasir, A. H. K., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika di Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 3(3), 365-373.

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan kepercayaan diri siswa SMP melalui pendekatan open ended. Prisma, 6(2), 119-131.

Nur, A. S., & Massang, B. (2016). Pengaruh pola asuh orang tua, konsep diri, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri di kota Merauke. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 89-96.

Pada, A. (2021). Pengaruh Pola asuh orangtua terhadap hasil belajar siswa klas IV Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 375-386.

Palinussa, A. L. (2013). Students’ critical mathematical thinking skills and character: experiments for junior high school students through realistic mathematics education culture-based. IndoMS Journal Mathematics Education. 3(1), 75-94.

Permatasari, B. I. (2015). Pengaruh pola asuh orang tua, gaya belajar, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa mtsn se-makassar. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1), 1-8.

Polat, S. (2015). Content analysis of the studies in Turkey on the ability of critical thinking. Educational Sciences: Theory & Practice. 15(3). 659 – 670.

Prabasari, B., & Subowo, S. (2017). Pengaruh pola asuh orang tua dan gaya belajar terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 549-558.

Sari, A. N., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi, R. (2016). Penerapan pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi aljabar kelas VIII SMP Negeri 10 Pemangkat. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 20-24.

Su, H. F., Ricci, F. A., & Mnatsakanian, M. (2016). Mathematical teaching strategies: Pathways to critical thinking and metacognition. Journal of Research in Education and Science (IJRES), 2(1), 190-200.

Sulistianingsih, P. (2017). Pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 129-139.

Toppin, I. N. & Chitsonga, S. (2016). Critical thinking skills and academic maturity: emerging results from a five-year quality enhancement plan (qep) study. Journal of Inquiry & Action in Education, 7(2), 81-93.

Wahyuni, E. S., Rahmayanti, H., & Ichsan, I. Z. (2021). Hubungan berpikir kritis dan motivasi belajar terhadap hasil belajar di masa pandemi Covid 19. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 10(3), 120-129.

Yuliastuti, E. M., Soesilo, T. D., & Windrawanto, Y. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Kristen 2 Salatiga. Journal Psikologi Konseling, 15(2).

Yunita, N., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan motivasi belajar matematis siswa smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 325-332.

Downloads

Published

2022-11-30