Model Pembelajaran Peer Teaching untuk Meningkatkan Pemahaman, Komunikasi Matematika, dan Motivasi Belajar Siswa

  • Muhamad Asharimudin SMAN 13 Garut
  • Reisita Damayanti SMKN 7 Bekasi
  • Yayu Siti Fauziah MAN 2 Ciamis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Peer Teaching dan konvensional, menganalisis motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Peer Teaching dan konvensional, serta  menganalisis korelasi antara kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis, kemampuan pemahaman dengan motivasi belajar, dan kemampuan komunikasi dengan motivasi belajar. Metode penelitian adalah mixed method jenis Embedded experimental design. Populasi adalah siswa X IPS MAN di kota Ciamis dengan sampel dua kelas sebanyak 62 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemahaman dan komunikasi matematika, angket motivasi belajar, lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan uji two Independent Sample t-Test dan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Peer Teaching tidak lebih baik dari pembelajaran konvensional 2) Motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Peer Teaching tidak lebih baik dari pembelajaran konvensional 3) Terdapat hubungan yang positif antara peningkatan kemampuan pemahaman dengan peningkatan komunikasi matematika siswa, peningkatan kemampuan pemahaman matematika dengan motivasi belajar siswa, dan peningkatan kemampuan komunikasi dengan motivasi belajar siswa.
 
 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 31, 2022
How to Cite
ASHARIMUDIN, Muhamad; DAMAYANTI, Reisita; FAUZIAH, Yayu Siti. Model Pembelajaran Peer Teaching untuk Meningkatkan Pemahaman, Komunikasi Matematika, dan Motivasi Belajar Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 76-91, may 2022. ISSN 2722-7219. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/5337>. Date accessed: 29 june 2022.
Section
Articles