Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Geogebra

  • Iraldy Laendra Fasa Universitas Pasundan
  • Eka Firmansyah
  • Dimas Yanuar Pratama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model ekspositori; (2) kemandirian belajar siswa yang memperoleh model PBL Berbantuan Geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model ekspositori; (3) terdapat korelasi positif antara kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model PBL Berbantuan Geogebra. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol pretes-postes. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri di Garut. Untuk sampel penelitiannya terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eskperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian kemampuan representasi matematis dan skala kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model PBL Berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model ekspositori; (2) peningkatan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model PBL Berbantuan Geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model ekspositori; (3) tidak terdapat korelasi antara kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model PBL Berbantuan Geogebra.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 30, 2020
How to Cite
FASA, Iraldy Laendra; FIRMANSYAH, Eka; PRATAMA, Dimas Yanuar. Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Geogebra. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 82-91, nov. 2020. ISSN 2089-2055. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2741>. Date accessed: 14 june 2021. doi: http://dx.doi.org/10.5035/pjme.v10i2.2741.
Section
Articles