Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Geogebra

Authors

  • Iraldy Laendra Fasa Universitas Pasundan
  • Eka Firmansyah
  • Dimas Yanuar Pratama

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v10i2.2741

Keywords:

Geogebra, Kemandirian Belajar, PBL, Representasi Matematis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model ekspositori; (2) kemandirian belajar siswa yang memperoleh model PBL Berbantuan Geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model ekspositori; (3) terdapat korelasi positif antara kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model PBL Berbantuan Geogebra. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol pretes-postes. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri di Garut. Untuk sampel penelitiannya terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eskperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian kemampuan representasi matematis dan skala kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model PBL Berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model ekspositori; (2) peningkatan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model PBL Berbantuan Geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model ekspositori; (3) tidak terdapat korelasi antara kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model PBL Berbantuan Geogebra.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurozak, D. (2013). Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantu Software Geogebra untuk Meningkatkan Kemempuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Skripsi tidak dipublikasikan, Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia.

Ahmadi, H., & Marti, J. R. (2015). Mathematical representation of radiality constraint in distribution system reconfiguration problem. International journal of electrical power & energy systems, 64, 293-299. https://doi.org/10.1016/j.ijepes.2014.06.076

Anggraini, E.N. (2014). Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemandirian dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi tidak dipublikasikan, Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ansari, B. I. (2014). Mengembangkan Kemampuan Siswa pada Aspek Talking and Writing dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Sains Riset. 4 (1). 1-16. https://adoc.pub/mengembangkan-kemampuan-siswa-pada-aspek-talking-and-writing.html.

Effendi, L.A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan. 13(2). 2. Diambil dari http://jurnal.upi.edu/file/Leo_Adhar.pdf.

Hongxing, L. (1995). Factor Spaces and Mathematical Frame of Knowledge Representation (VIII)── Variable Weights Analysis [J]. Fuzzy systems and mathematics, 3.

Hohenwarter, M., Hohenwarter, J., Kreis, Y., & Lavicza, Z. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Mathematics Software Geogebra. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/228869636_Teaching_and_calculus_with_free_dynamic_mathematics_software_GeoGebra.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. 2(1). 85-99. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.p85-99.

Jouyban, A., Chan, H. K., & Foster, N. R. (2002). Mathematical representation of solute solubility in supercritical carbon dioxide using empirical expressions. The Journal of supercritical fluids, 24(1), 19-35. https://doi.org/10.1016/S0896-8446(02)00015-3.

Krawec, J. L. (2014). Problem representation and mathematical problem solving of students of varying math ability. Journal of Learning Disabilities, 47(2), 103-115. https://doi.org/10.1177/0022219412436976.

Maryani, E. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Model Problem Based Learning Menggunakan Software Geogebra dan Dampaknya Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMK. Tesis tidak diterbitkan, Bandung, Universitas Pasundan.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Oberkampf, W., Helton, J., & Sentz, K. (2001). Mathematical representation of uncertainty. 19th AIAA Applied Aerodynamics Conference. https://doi.org/10.2514/6.2001-1645.

Paulson, C. A. (1970). The mathematical representation of wind speed and temperature profiles in the unstable atmospheric surface layer. Journal of Applied Meteorology and Climatology, 9(6), 857-861. https://doi.org/10.1175/1520-0450(1970)009<0857:TMROWS>2.0.CO;2

Pearson, J. R. A., & Petrie, C. J. S. (1970). The flow of a tubular film. Part 1. Formal mathematical representation. Journal of Fluid Mechanics, 40(1), 1-19. https://doi.org/10.1017/S0022112070000010.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 22 tentang Standar Isi. (2006). Jakarta: Depdiknas.

Putri, H.E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Indonesia. 2(12). Diambil dari http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/273.

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Ruseffendi, E.T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian dan Bidang Non-Eksakta Lainya. Bandung: Tarsito.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Tarsito.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33-44. Diambil dari https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jpm/article/view/49/0

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tirtarahardja U, Sulo L. (2010). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bineka Cipta.

Uyanto, S. S. (2009). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Villegas, J. L., Castro, E., & Guitterez, J. (2009). Representations in Problem Solving: A Case Study in Optimization Problems. Electronic Journal of Research in Educational Psychology. 7(17). Diambil dari http://www.investigacion-psicopedagogica.com/revista/articulos/17/english/Art_17_297.pdf.

Yusnita, I., Maskur, R., & Suherman, S. (2016). Modifikasi model pembelajaran Gerlach dan Ely melalui integrasi nilai-nilai keislaman sebagai upaya meningkatkan kemampuan representasi matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 29-38. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.29.

Downloads

Published

2020-11-30