Main Article Content
Abstract
Article Details
References
- Ariawan & Nufus (2017). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82-91.
- Barlianty, A, & Acep, A (2022)). Model problem based learning untuk mengembangkan kemampuan komunikasi dan kemandirian siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 15-29.
- Branch, R. M. (2009). Instructional design: the ADDIE approach. Springer Science & Business Media, Vol. 722.
- Fitriana, N.A. (2016). Eksperimen pembelajaran dengan pendekatan open-ended dan Contextual teaching and learning (ctl) terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gatak semester genap tahun ajaran 2015/2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Disertasi.
- Hermawati, R. (2015). Pengaruh pembelajaran inquiry training terhadap kemampuan komunikasi matematis dan representasi matematis siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2).
- Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh model PBL terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia , 4 (1), 93-106.
- Komalasari, K. (2012). Pembelajaran kontekstual: konsep dan aplikasi. Refika Aditama: Bandung.
- Kurnia, TD, Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE untuk pengembangan bahan ajar berbasis kemampuan pemecahan masalah berbantuan 3d pageflip. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 1(1), 516-525.
- Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Analisis kemampuan representasi matematis mahasiswa pada mata kuliah geometri transformasi berdasarkan latar belakang pendidikan menengah. Jurnal Matematika Integratif, 13(1), 28-33.
- Magdalena, I., Septianti, N., Barlianty, L., & Farawansya, S. A. (2020). Penerapan model pembelajaran paikem gembrot di masa pandemi covid-19 terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SDN Kedaung Barat IV. EDISI, 2(2), 348-365.
- Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Hasil belajar mahasiswa melalui model peningkatan tutor sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran , 6(3), 609-616.
- Mustakim, M. (2020). "Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika." Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.
- NCTM. (2009). A Teaching Guide to Reasoning and Sense Making. http://www.nctm.org/uploadedFiles/
- Parlina, M., Septian, A., & Inayah, S. (2021). Students' mathematical problem solving ability using the kaizala application assisted e-learning learning model. Jurnal Padegogik, 4(2), 23-31
- Sari, L. K., & Madio, S. S. (2021). Kesulitan belajar matematika siswa melalui pembelajaran jarak jauh. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 409-420.
- Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA
- Susilawati, S. (2020). Pengembangan bahan ajar barisan dan deret berbasis mobile learning berbantuan microsoft kaizala berorientasi kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy siswa. Universitas Pasundan: Tesis.
- Wijayanto, A.D., Fajriah, S.N., & Anita, I.W. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi segitiga dan segiempat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97-104.
- Yaniawati, P., Indrawan, R., & Setiawan, G. (2019). Core model on improving mathematical communication and connection, analysis of students’ mathematical disposition. International Journal of Instruction, 12(4).
- Yanti, S., & Surya, E. (2017). Kemandirian belajar dalam memaksimalkan kualitas pembelajaran. Artikel Penelitian, December, 1–10.
References
Ariawan & Nufus (2017). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82-91.
Barlianty, A, & Acep, A (2022)). Model problem based learning untuk mengembangkan kemampuan komunikasi dan kemandirian siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 15-29.
Branch, R. M. (2009). Instructional design: the ADDIE approach. Springer Science & Business Media, Vol. 722.
Fitriana, N.A. (2016). Eksperimen pembelajaran dengan pendekatan open-ended dan Contextual teaching and learning (ctl) terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gatak semester genap tahun ajaran 2015/2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Disertasi.
Hermawati, R. (2015). Pengaruh pembelajaran inquiry training terhadap kemampuan komunikasi matematis dan representasi matematis siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2).
Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh model PBL terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia , 4 (1), 93-106.
Komalasari, K. (2012). Pembelajaran kontekstual: konsep dan aplikasi. Refika Aditama: Bandung.
Kurnia, TD, Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE untuk pengembangan bahan ajar berbasis kemampuan pemecahan masalah berbantuan 3d pageflip. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 1(1), 516-525.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Analisis kemampuan representasi matematis mahasiswa pada mata kuliah geometri transformasi berdasarkan latar belakang pendidikan menengah. Jurnal Matematika Integratif, 13(1), 28-33.
Magdalena, I., Septianti, N., Barlianty, L., & Farawansya, S. A. (2020). Penerapan model pembelajaran paikem gembrot di masa pandemi covid-19 terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SDN Kedaung Barat IV. EDISI, 2(2), 348-365.
Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Hasil belajar mahasiswa melalui model peningkatan tutor sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran , 6(3), 609-616.
Mustakim, M. (2020). "Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika." Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.
NCTM. (2009). A Teaching Guide to Reasoning and Sense Making. http://www.nctm.org/uploadedFiles/
Parlina, M., Septian, A., & Inayah, S. (2021). Students' mathematical problem solving ability using the kaizala application assisted e-learning learning model. Jurnal Padegogik, 4(2), 23-31
Sari, L. K., & Madio, S. S. (2021). Kesulitan belajar matematika siswa melalui pembelajaran jarak jauh. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 409-420.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA
Susilawati, S. (2020). Pengembangan bahan ajar barisan dan deret berbasis mobile learning berbantuan microsoft kaizala berorientasi kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy siswa. Universitas Pasundan: Tesis.
Wijayanto, A.D., Fajriah, S.N., & Anita, I.W. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi segitiga dan segiempat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97-104.
Yaniawati, P., Indrawan, R., & Setiawan, G. (2019). Core model on improving mathematical communication and connection, analysis of students’ mathematical disposition. International Journal of Instruction, 12(4).
Yanti, S., & Surya, E. (2017). Kemandirian belajar dalam memaksimalkan kualitas pembelajaran. Artikel Penelitian, December, 1–10.