Analisis Kemampuan Pemahaman dan Self Esteem Matematis melalui Pembelajaran E-Learning Berbasis Portal Rumah Belajar

Authors

  • Aam - Kurnia Mahasiswa
  • Mohd Asyraf Mansor

Keywords:

Pemahaman Matematis, Self Esteem matematis, e-learning portal rumah belajar, dan Problem Based Learning (PBL)

Abstract

Belajar matematika memerlukan kecakapan untuk berpikir dan beralasan secara sistematis untuk menyelesaikan soal-soal baru dan mempelajari ide-ide baru yang akan dihadapi oleh peserta didik dimasa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman dan self-esteem matematis siswa dengan sampel secara purposif sampel tiga kelas VIII siswa SMP Bina Mandiri Sukamanah Kab. Garut tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan adalah metode campuran tipe konvergen. Instrumen tes yang digunakan adalah pre-test dan post-test sedangkan untuk instrumen non tes adalah lembar observasi dan angket. Data dianalisis menggunakan uji N-gain, uji Kruskal Wallis H dan uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian adalah: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan e-learning portal rumah belajar lebih baik daripada siswa yang menggunakan model PBL dan metode ceramah dilihat dari data keseluruhan dan KAM; (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran yang menggunakan e-learning portal rumah belajar, model PBL dan metode ceramah dengan KAM terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa; (3) self-esteem matematis siswa yang menggunakan pembelajaran e-learning portal rumah belajar lebih baik daripada yang menggunakan model PBL dan metode ceramah dilihat dari keseluruhan dan KAM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awalia, H. (2018). Penerapan model pembelajaran problem-based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Jurnal Primary, 7(1).

Dewi, D, dkk. (2020). Pengaruh e-learning berbasis rumah belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 14(1).

Fadillah, S. (2012) Meningkatkan self-esteem siswa SMP dalam matematika melalui pembelajaran dengan pendekatan open ended. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 34-41.

Fitria, M., Kartasasmita, B., & Supianti, I. I. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching. Prisma, 8(2), 124-134.

Fitriani & Andi. (2016). Pengaruh self-esteem dan self-regulation terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Biotek. 4(2).

Gita, A, dkk (2018). Penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) sebagai upaya mengatasi miskonsepsi matematis siswa. Jurnal of Medives, 2(1), 65-75.

Hidayat, Roza, & Murni. (2018). Peran penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi matematis dan kemandirian belajar. JURING, 1(3).

Indrawan, R. & Yaniawati, P. (2014). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan campuran untuk manajemen pembangunan dan pendidikan. Bandung: PT. Replika Aditama.

Masruroh, W. (2016). Peningkatan self esteem dan pemahaman konsep matematika dengan TPS kelas VIII A MTS Ma’arif Kemiri. EKUIVALIN Jurnal Pendidikan Matematika, 21(21), 1-6.

Nindiasari, H. (2014) Pendekatan metakognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMA. Edusentris Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1(1).

Nursyam, A. (2019). Peningaktan minat belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1). 811-819.

Pradika, Lisa, & Syamsuri. (2019). Pengaruh diskusi kelompok dalam embelajaran matematika terhadap sikap dan hasil belajar siswa SMP di kota Serang. Jurnal Penelitian Pengajaran Matematika, 1(1), 1-13.

Pujiastuti, H. (2014). Pembelajaran inquiry co-operation model untuk meningaktkan kemampuan pemecahan masalah, komunikasi, dan self esteem matematis siswa SMP. SPs Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak diterbitkan.

Putri, Suryani, & Jufti. (2019). Pengaruh penerapan model problem-based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2).

Putri, T & Sugiatro, B. (2014). Implementasi Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk melatih keterampilan metakognitif pada materi pokok reaksi reduksi-oksidasi. Unesa Journal of Chemical Education, 3(2), 151-157.

Rahmadani & Anugraheni. (2017). Peningkatan aktivitas belajar matematika melalui pendekatan problem based learning bagi siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 241-250.

Rahman, A. (2016). Pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3).

Rozak. A. (2017). Analisis pemahaman konsep pada materi perbandingan siswa SMP. Tesis pada UIN Syarif Hidayatulloh. Jakarta: Tidak diterbitkan.

Susanti, R. (2015). Meningkatkan kesadaran tanggung jawab siswa SMP melalui penggunaaan teknik klarifikasi nilai. Jurnal Konseling Indonesia, 1(1), 38–46.

Verdianingsih, E. (2015). Meningkatkan kemampuan pemahaman, komunikasi dan self esteem mathematis siswa SMP melalui penerapan strategi MNEMONIC. Bandung: UPI. Repository.upi.edu.

Yaniawati, P., Maat, S. M., Supianti, I. I., & Fisher, D. (2022). Mathematics mobile blended learning development: student-oriented high order thinking skill learning. European Journal of Educational Research, 11(1), 69-81.

Downloads

Published

2022-11-30