Penerapan Model Pembelajaran Savi untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Mahasiswa Ditinjau dari Jurusan Asal Sekolah

Authors

  • Pupung Syaeful Rohman Institut Teknologi Petroleum Balongan
  • Bana G. Kartasasmita Universitas Pasundan
  • In In Supianti Universitas Pasundan

Keywords:

Penerapan SAVI, Komunikasi, Motivasi, Jurusan Sekolah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya kemampuan komunikasi matematis dari mahasiswa yang masih rendah, faktor yang menyebabkan kemampuan komunikasi matematik rendah karena pembelajaran yang dilakukan di kelas terlalu monoton atau terpusat pada dosen, motivasi belajar yang masih rendah dari mahasiswa dan latar belakang jurusan asal sekolah yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran SAVI dengan yang menggunakan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari asal jurusan sekolah serta untuk mengetahui perbedaan motivasi yang menggunakan model pembelajaran SAVI dengan yang menggunakan model pembelajaran ekspositori ditinjau asal jurusan sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif (mix method). Sampel yang dianalisis sebanyak 68 orang mahasiswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa tes uraian dan wawancara. Hasil tes uraian dianalisis untuk menentukan kemampuan komunikasi matematisnya dan hasil wawancara dianalisis untuk tingkat motivasi mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, hasil kemampuan komunikasi matematis antara mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran SAVI lebih baik dengan yang menggunakan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari asal jurusan sekolah serta terdapat perbedaan motivasi yang menggunakan model pembelajaran SAVI dengan yang menggunakan model pembelajaran ekspositori ditinjau asal jurusan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdi, M., & Hasanuddin, H. (2018). Pengaruh model pembelajaran think pair share dan motivasi belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah menengah pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 99. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.4778

Ashari, K. (2015). Kamus hubungan internasional. Penerbit Nuansa Cendekia.

Fadhilah, A., Efendi, J., & Marlina. (2017). Pengaruh model pembelajaran savi pada keterampilan bina diri bagi anak tunagrahita. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus.

Fatimah, F. (2012). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran statistika elementer melalui problem based-learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Hamalik, O. (2002). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.

Hariyanto. (2017). Penerapan model core dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa. In Jurnal Gammath (Vol. 2, Issue 1).

Herdian. (2009). Model pembelajaran savi. Https://Herdy07.Wordpress.Com/2009/04/22/Model-Pembelajaran-Savi/.

Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. AdMathEdu, 7(1), 9–18.

Indrawan, K. A. (2018). Pengaruh model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan lingkungan hidup terhadap hasil belajar ipa siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 60. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13897

Lestari, N. F. (2020). Efektivitas model pembelajaran savi (somatic, auditory, visual, intellectualy) dalam meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan keterampilan 4c di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 86–91. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.601

Luta, M. W. D. (2018). Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII D SMP Joannes Bosco Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018 dalam menyelesaikan soal matematika materi kubus dan balok. Sanata Dharma University.

Marniati, M., Jahring, J., & Jumriani, J. (2021). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam memecahkan masalah berdasarkan motivasi belajar siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 880. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3523

Meika, I., Sujana, A., Arifiyanti, S. D., & Ramadina, I. (2021). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smk pada pembelajaran daring materi limit fungsi aljabar. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2). https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5534

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Nurhasim. (2013). The influence of somatic, auditory, visual, intellectual learning models on the mathematical reasoning ability of class vii students at mts negeri jatibarang, indramayu regency. Wiralodra University.

Nurlaili, Rifanti, U. M., & Ananda, R. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pada aplikasi graf menggunakan pendekatan meas. Jurnal Gantang, 5(2), 113–121. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2515

Putra, I., Citroresm, N., & Nurhayati. (2021). Penerapan model pembelajaran somatis, auditori, visual, intelktual (savi) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi fungsi linear. Journal Of Educational Review and Research.

Sadirman A.M. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. PT. Rajagrafindo.

Sardiman. (2016). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. PT Raja Grafindo Persada.

Sari, D. P., Isnurani, Aditama, R., Rahmat, U., & Sari, N. (2020). Penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari di sman 6 tangerang selatan. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM).

Sari, N. M., Yaniawati, P., Darhim, D., & Kartasasmita, B. G. (2019). The effect of different ways in presenting teaching materials on students’ mathematical problem solving abilities. International Journal of Instruction, 12(4), 495–512. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12432a

Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Penerbit ar-ruzz .

Silondae, d. P. (2019). Perbandingan motivasi belajar antara siswa jurusan ipa dan ips di sma negeri anggaberi kabupaten konawe. Gema Pendidikan, 26(2), 1. https://doi.org/10.36709/gapend.v26i2.8174

Siswoyo. (2010). Kenapa pilih masuk SMK? Http://Waspadamedan.Com/Index.Php?Option=com_content&view=article&id=5090:Kenapa-Pilih-Massmk&catid=74:Kreasi&Itemid=231.

Sodikin, S. (2022). The effect of savi and expository learning model and student’s motivation on mathematics communication ability. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 121–130. https://doi.org/10.31943/mathline.v7i1.263

Sukmana, A., & Mahmudah, S. (2019). Pendekatan savi (somatic, auditory, visually, intellectually) terhadap kemampuan mengenal bangun datar anak tunagrahita ringan. Jurnal Pendidikan Khusus.

Sukmawati, S., & Amelia, R. (2020). Analisis kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal materi segiempat berdasarkan teori nolting. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI).

Supianti, I. I., Sari, N. M., & Chaerani, Y. (2015). Pengembangan bahan ajar berbasis e-learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK. Proceedings Of ACER-N.

Sutarna, N. (2018). Pengaruh model pembelajaran savi (somatic, auditory, visual, intellectualy) terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 119. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.6068

Uno, B. H. (2007). Pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. PT Bumi Aksara.

Uno, B. H. (2017). Teori motivasi & pengukurannya analisis dibidang pendidikan. PT Bumi Aksara.

Wahidmurni, Mustikawan, A., & Ridho, A. (2010). Evaluasi pembelajaran kompetensi dan praktik. Nuha Litera.

Zarkasyi, W. (2015). Penelitian pendidikan matematika. PT Refika Aditama.

Zulkarnain, I. (2013). Kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran kooperatif berbasis konflik kognitif. Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2023-11-30