Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Pendekatan Talular

Authors

  • Dede Rohayati

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v5i2.2528

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah lemahnya peserta didik kelas VII SMP Patroman dalam komunikasi matematik dan motivasi belajar. Sebagai alternatif dalam memecahkan masalah tersebut, penulis melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematik, motivasi belajar peserta didik, serta   pengaruh kemampuan komunikasi matematik terhadap motivasi belajar yang pembelajarannya menggunakan pendekatan TALULAR. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Patroman. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan komunikasi matematik, skala motivasi belajar berdasarkan skala Likert, serta lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik. Analisis data dilakukan dengan skor rata-rata dan persentase. Hasil temuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) pembelajaran dengan pendekatan TALULAR dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik peserta didik. (2) pembelajaran dengan pendekatan TALULAR dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. (3) terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematik terhadap motivasi belajar melalui pendekatan TALULAR. Berdasarkan hasil temuan tersebut, peneliti mengusulkan rekomendasi sebagai berikut, pembelajaran TALULAR hendaknya terus dikembangkan dan dijadikan sebagai alternatif pilihan guru dalam pembelajaran matematika sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-05-01