Capaian Kemampuan Self-confidence Siswa SMK dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring di Era Covid-19

Authors

  • Na'immatur Rokhmah SMK Mvp Ars International

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v11i2.4502

Keywords:

Self-Confidence, Pembelajaran Daring, Covid-19

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui capaian tingkat kemampuan Self-confidence siswa dalam pembelajaran matematika berbasis E-learning di Era Pandemi Covid-19 ini. Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif deskriptif dengan desain penelitiannya yaitu deskriptif  kualitatif.  Tahapan peneltian kualitatif deskriptif ini yaitu melakukan observasi awal mengenai kemampuan awal matematis siswa, mengkonstruksi instrumen, validasi instrumen, melakukan penelitian dan penyebaran angket melalui google form, dan analisis hasil penelitian secara deskriptif. Tempat penelitian ini dilakukan di salah satu SMK Kota Bandung. Di sekolah tersebut terdapat lima Jurusan yang diteliti yaitu Jurusan Keuangan dan Akuntansi, Otomotif, Perhotelan, TIK1 dan TIK2. Dari empat Jurusan tersebut yang subjek penelitiannya diambil secara purposive akan diteliti menggunakan Self-confidence dengan pembelajaran matematika berbasis E-learning. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan Angket yang disebarkan melalui google form. Data yang diperoleh akan dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Self-confidence  siswa dengan pembelajaran matematika berbasis E-learning secara keseluruhan yaitu memiliki presentase sebesar 57%yang mana berada dalam katagori sedang. Secara per kelas kelas dengan Jurusan Keuangan dan Akuntansi memiliki capaian 13,3%; kelas dengan Jurusan Otomotif memiliki capaian Self-confidence sebesar 20%; kelas dengan Jurusan Perhotelan memperoleh 28,9%; kelas dengan Jurusan TIK1 memperoleh persentase 24,4%; dan kelas dengan Jurusan TIK2 memperoleh persentase sebesar 13,3%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Charness, G., Rustichini, A., & van de Ven, J. (2018). Self-confidence and strategic behavior. Experimental Economics, 21(1), 72–98. https://doi.org/10.1007/s10683-017-9526-3

Dewi, S. N., & Minarti, E. D. (2018). Hubungan Antara Self-Confidence Terhadap Matematika Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Pada Materi Lingkaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 189–198. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.37

Fadlillah, I. A. (2020). Hubungan rasa percaya diri siswa dengan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran daring pada materi sistem gerak : Penelitian di kelas VIII MTs. Manba’ul Huda Bandung tahun ajaran 2020/2021. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Hartati, R. (2020). Pengaruh Readiness Dan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas Xi Man 3 Banjar Melalui Motode Pembelajaran Daring Berbasis E-Learning Tahun Pelajaran 2020/2021. UIN antasari Banjarmasin.

I, S., Darhim, & Asih, E. C. M. (2017). Increasing Self-Confidence of Indonesian Low Ability Student with Green’s Motivational Strategies. Journal of Physics: Conference Series, 755(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001

Khair, S. N., Soleh, H., & Tangerang, U. M. (2021). Analisis dampak covid-19 terhadap kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika berbasis online. 3, 311–321.

Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 139–146. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/25029

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Novidyantari, N. L. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning dan Kepercyaan Diri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bangli. Universitas Pendidikan Ganesha.

Panggabean, A. M. (2019). Pengaruh locus of control, self confidence, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar (swtudi pada siswa kelas II Bisnis Daring dan Pemasaran pada mata pelajaran perencanaan bisnis di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang). Universitas Negri Malang.

Patmi, P., Hamidah, A., & Anggraeni, E. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Di Sma Negeri 3 Tanjung Jabung Timur. EKSAKTA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran MIPA, 6(2).

Primadhini, A. . (2021). Analisis Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran Matematika di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.751

Putra Sanjaya, B. (2021). Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Daring. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.733

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rahman, T. (2020). PEMBELAJARAN DARING DI ERA COVID-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 21(1), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101607%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034%0Ahttps://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/cjag.12228%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ssci.2020.104773%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jinf.2020.04.011%0Ahttps://doi.o

Rosmawati, R. R., & Sitresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari SelfConfidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).

Santi, D. . P. D., Setiyani, S., Suhena, E., & Suryana, N. (2021). Analisis Self Confidence Pada Siswa Kelas XI Sekolah Kejuruan (SMK) Dalam Pembelajaran Matematika Daring. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1).

Sherena, M. (2020). Pengaruh Self Confidence siswa ketika wabah Covid-19 terhadap kemampuan koneksi matematis. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Wahyu, M. (2020). Penerapan model Experiential Learning Theory dalam pembelajaran daring berbantuan Sparkol Videoscribe untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan Self Confidence siswa. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Wiguna, R., Sutisnawati, A., & Lyesmaya, D. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Siswa Berbasis Onine di Kelas Rendah Pada Masa Pandemi covid-19. Jurnal Perseda, III(2), 75–79.

Wiyono, W. (2018). Penerapan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Self Confidence Siswa Kelas X E Sma Negeri 5 Banjarmasin. AL-ULUM : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), 83–96. https://doi.org/10.31602/alsh.v4i1.1461

Yaniawati, P., Kariadinata, R., Sari, N. M., Pramiarsih, E. E., & Mariani, M. (2020). Integration of e-learning for mathematics on resource-based learning: Increasing mathematical creative thinking and self-confidence. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(6), 60–78. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i06.11915

Yuliana, Y. (2020). Corona virus diseases (Covid-19): Sebuah tinjauan literatur. Wellness And Healthy Magazine, 2(1), 187–192. https://doi.org/10.30604/well.95212020

Downloads

Published

2021-11-30