Sikap Siswa dalam Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5E

Authors

  • Ika Sriyanti STKIP Subang

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v11i1.3840

Keywords:

Sikap siswa, Model Pembelajan Learning Cycle 5E

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap siswa terhadap penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Kurangnya sikap siswa dalam proses  pembelajaran matematika di sekolah SMP Negeri 2 Dawuan sehingga peneliti ingin melakukan suatu penelitian dengan model Pembelajaran Learning Cycle 5E. Sikap adalah suatu tindakan atau tingkah laku sebagai reaksi atau respon terhadap suatu rangsangan atau stimulus, yang disertai suatu pendirian atau perasaan. Sebagai reaksi dalam sikap, maka sikap selalu berhubungan dengan dua alternatif, yaitu senang atau tidak senang, menerima atau menolak, mendekati atau menjauhi dan sebagainya. Maka dari tiap-tiap orang mempunyai sikap yang berbeda-beda terhadap suatu perangsang yang sama. Indikator  sikap yang di gunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui sikap belajar matematika terutama dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E. Metode yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini yaitu jenis non tes berupa angket. Angket di susun dengan menggunakan skala Likert, dengan tujuan untuk mengetahui setiap indikator  dari sikap siswa dengan mengunakan pembelajaran Learning Cycle 5E. Berdasarkan hasil perhitungan Skalar Likert tiap indikator maka Sikap percaya diri siswa saat pembelajaran matematika memiliki skor rata-rata 3,93, Sikap yang menunjukan minat siswa terhadap pembelajaran matematika memiliki skor rata-rata 4,26, dan untuk indikator Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E  memiliki skor rata-rata 3,87. Secara keseluruhan skor rata-rata pada pernyataan positif dan pernyataan negatif untuk seluruh indikator adalah 4,02 yang lebih besar dari 3,00. Hal ini menunjukan sikap positif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Sikap siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model Learning Cycle 5E berjalan dengan  baik. Dalam proses pembelajaran berlangsung  siswa terlibat aktif dikelas. Sehingga secara keseluruhan sikap siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E bersikap positif.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar Saifudin. 2003. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Edisi ke 1, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sarwono. (2000). Teori-teori Psikologi Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rakhmat, Jalaludin. 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Rosdakarya

Gerungan, W.A (2004). Psikologi Sosial. Bandung: Rafika Aditama

Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Arwaja Pressindo.

Ngalimun. (2017). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Dua Satria Offset.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No 22 Tahun 2006.

Wena, Made. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-06-02