Penerapan Pembelajaran Project-Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMA

Authors

  • Linda .

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v5i2.2527

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengungkapkan apakah Project-Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa, untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan Project-Based Learning (PjBL) dan untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran Project-Based Learning (PjBL).. Metode penelitian ini adalah metode gabungan (mixed method) dengan  Embedded design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 2 Gunungputri Kabupaten Bogor, adapun sampelnya adalah  siswa kelas XI  IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan model Pembelajaran  Project-Based Learning  dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran ekspositori. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan pemahaman matematis, pedoman observasi, pedoman wawancara dan skala angket.  Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap data tes awal, tes akhir, dan gain ternormalisasi kemampuan pemahaman matematis, serta terhadap data tes kedua kelompok dilakukan uji perbedaan rerata antara dua populasi dengan uji t. Analisis kualitatif dilakukan untuk menelaah aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran Project-Based Learning dan sikap siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model Pembelajaran  Project-Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran  Project-Based Learning  lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori dan  Respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran  Project-Based Learning  adalah positif.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-05-01