Main Article Content

Abstract

Pembelajaran inovatif dan kreatif yang dikombinasikan dengan teknologi informasi menjadikan proses pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Penggunaan weblog dalam pembelajaran matematika menjadi salah satu alternatif pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah hasil tes kemampuan prasyarat, tes kemampuan koneksi matematis, angket skala sikap, dan bahan ajar di weblog. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UNSUR Cianjur.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa 1) Peningkatan kemampuan koneksi matematis mahasiswa yang menggunakan weblog dalam pembelajaran matematika lebih baik daripada mahasiswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, ditinjau dari keseluruhan dan kategori kemampuan prasyarat mahasiswa (tinggi dan rendah) ; 2) Pencapaian kemampuan koneksi matematis mahasiswa yang menggunakan weblog dalam pembelajaran matematika lebih baik daripada mahasiswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, ditinjau dari keseluruhan dan kategori kemampuan prasyarat mahasiswa (tinggi dan rendah); 3) Sikap mahasiswa yang menggunakan weblog dalamĀ  pembelajaran matematika cenderung positif ditinjau dari aspek skala sikap dan kategori kemampuan prasyarat mahasiswa (tinggi dan rendah) ; 4) Terdapat hubungan antara sikap mahasiswa terhadap penggunaan weblog dalam pembelajaran matematika dan kemampuan koneksi matematis mahasiswa. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan weblog dalam pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif pembelajaran yang efektif dan efisien dalam upaya meningkatkan kemampuan koneksi matematis mahasiswa.

Article Details

How to Cite
Septian, A. (2020). Penggunaan weblog dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan Kemampuan koneksi matematis mahasiswa. Pasundan Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.23969/pjme.v2i2.2479