Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Amir, M. T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem based learning. Jakarta: Prenada Media Group.
- Ansari, I,B. (2003). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Siswa SMU melalui Strategi Think-Talk-Write. Disertasi UPI Bandung : Tidak dipublikasikan
- Arikunto, S.(2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rieneka cipta
- Asikin,M. (2002). Menumbuhkan Kemampuan ”Komunikasi Matematika” melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Matematika atau Pembelajarannya, ISSN : 0852-7792 Tahun VIII, Edisi Khusus, Juli 2002.
- Asyirint, G. (2010). Langkah Cerdas Menjadi Guru Sejati Berprestasi. Yogyakarta: Bahtera Buku.
- Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2006). Contoh / Model Silabus Mata Pelajaran Matematika untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
- Cazzola, M. (2008). Problem-Based Learning And Mathematics: Possible Synergical Actions; Universit `a degli Studi di Milano-Bicocca Milano Italy
- Dhesiana. (2009). Kemandirian Dalam Belajar. http://dhesiana.wordpress. com/2009/01/06/kemandirian-dalam-belajar/diakses pada tanggal 25 Desember 2014
- Herman, T. (2007). Problem based learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama: Jurnal EDUCATIONIST No. I Vol. I Januari 2007 ISSN : 1907 - 8838
- Iryanti, P. (2009). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Matematika. Makalah pada Seminar Matematika Se-Priangan Timur HIMPATIKA UNSIL. Tasikmalaya.
- Knain, E. dan Turmo, A. (2000). Self-Regulated Learning. [Online]. Tersedia: www.pisa.no/nordisk-pisa2000/kap.8.pdf [5 Desember 2014]
- Mudjiman, H. (2008). Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press
- Ratnaningsih, N. (2008). Berbagai Keterampilan Berpikir Matematik. Makalah pada Seminar Pendidikan Matematika HIMPATIKA UNSIL. Tasikmalaya.
- _____________. (2006). Belajar Berbasis Masalah (Problem based learning). Makalah Seminar Pendidikan Matematika: PSPM FKIP UNSIL. Tidak Diterbitkan
- Rizali, A. (2010). Buta Matematika dan Ujian Nasional. [online]. Tersedia: http://bataviase.co.id/node/203096. [22 September 2014].
- Russefendi, E. T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung : Tarsito.
- Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
- Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Mesia Group
- Simorang. (2012). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Penalaran Dan Motivasi Matematis, Penelitian Di Lakukan Di Smpn 1 Palembang. Jurnal, Universitas Negeri Medan (UNIMED).
- Suherman, E. (2008). Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi. Makalah. UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
- ___________. (2006). “Implementasi Model Pembelajaran Quantum dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah”. Makalah pada seminar Pendidkan Matematika FKIP UNSIL. Tasikmalaya: Tidak Diterbitkan
- ___________. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika Untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru.Bandung: JICA – UPI.
- Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan Disposisis Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Artikel. FPMIPA UPI.
- ___________. (2006). Berpikir Matematik Tingkat Tinggi: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Siswa Sekolah Menengah dan Mahasiswa Calon Guru. Makalah Disajikan pada Seminar Pendidikan Matematika di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Padjadjaran Tanggal 22 April 2006: tidak diterbitkan.
- ___________. (2004). Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Makalah Disajikan pada Seminar Pendidikan Matematika di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Yogyakarta Tanggal 8 Juli 2004: tidak diterbitkan
- Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
- Tim MKPBM. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. UPI Bandung: JICA.
- Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Prenada Media Group
- Undang-undang No. 20. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
- Wolters, C. A., Pintrich, P. R., dan Karabenick, S. A.(2003). Assessing Academic Self-Regulated Learning. [Online]. Tersedia: www.childtrends.org/Files/Wolters Pintrich Karabenick Paper.pdf [25 Desember 2014]
- Yusup, P. M. (1990). Komunikasi Pendidikan dan Komunikasi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya
References
Amir, M. T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem based learning. Jakarta: Prenada Media Group.
Ansari, I,B. (2003). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Siswa SMU melalui Strategi Think-Talk-Write. Disertasi UPI Bandung : Tidak dipublikasikan
Arikunto, S.(2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rieneka cipta
Asikin,M. (2002). Menumbuhkan Kemampuan ”Komunikasi Matematika” melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Matematika atau Pembelajarannya, ISSN : 0852-7792 Tahun VIII, Edisi Khusus, Juli 2002.
Asyirint, G. (2010). Langkah Cerdas Menjadi Guru Sejati Berprestasi. Yogyakarta: Bahtera Buku.
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2006). Contoh / Model Silabus Mata Pelajaran Matematika untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Cazzola, M. (2008). Problem-Based Learning And Mathematics: Possible Synergical Actions; Universit `a degli Studi di Milano-Bicocca Milano Italy
Dhesiana. (2009). Kemandirian Dalam Belajar. http://dhesiana.wordpress. com/2009/01/06/kemandirian-dalam-belajar/diakses pada tanggal 25 Desember 2014
Herman, T. (2007). Problem based learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama: Jurnal EDUCATIONIST No. I Vol. I Januari 2007 ISSN : 1907 - 8838
Iryanti, P. (2009). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Matematika. Makalah pada Seminar Matematika Se-Priangan Timur HIMPATIKA UNSIL. Tasikmalaya.
Knain, E. dan Turmo, A. (2000). Self-Regulated Learning. [Online]. Tersedia: www.pisa.no/nordisk-pisa2000/kap.8.pdf [5 Desember 2014]
Mudjiman, H. (2008). Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press
Ratnaningsih, N. (2008). Berbagai Keterampilan Berpikir Matematik. Makalah pada Seminar Pendidikan Matematika HIMPATIKA UNSIL. Tasikmalaya.
_____________. (2006). Belajar Berbasis Masalah (Problem based learning). Makalah Seminar Pendidikan Matematika: PSPM FKIP UNSIL. Tidak Diterbitkan
Rizali, A. (2010). Buta Matematika dan Ujian Nasional. [online]. Tersedia: http://bataviase.co.id/node/203096. [22 September 2014].
Russefendi, E. T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung : Tarsito.
Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Mesia Group
Simorang. (2012). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Penalaran Dan Motivasi Matematis, Penelitian Di Lakukan Di Smpn 1 Palembang. Jurnal, Universitas Negeri Medan (UNIMED).
Suherman, E. (2008). Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi. Makalah. UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
___________. (2006). “Implementasi Model Pembelajaran Quantum dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah”. Makalah pada seminar Pendidkan Matematika FKIP UNSIL. Tasikmalaya: Tidak Diterbitkan
___________. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika Untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru.Bandung: JICA – UPI.
Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan Disposisis Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Artikel. FPMIPA UPI.
___________. (2006). Berpikir Matematik Tingkat Tinggi: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Siswa Sekolah Menengah dan Mahasiswa Calon Guru. Makalah Disajikan pada Seminar Pendidikan Matematika di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Padjadjaran Tanggal 22 April 2006: tidak diterbitkan.
___________. (2004). Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Makalah Disajikan pada Seminar Pendidikan Matematika di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Yogyakarta Tanggal 8 Juli 2004: tidak diterbitkan
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Tim MKPBM. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. UPI Bandung: JICA.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Prenada Media Group
Undang-undang No. 20. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Wolters, C. A., Pintrich, P. R., dan Karabenick, S. A.(2003). Assessing Academic Self-Regulated Learning. [Online]. Tersedia: www.childtrends.org/Files/Wolters Pintrich Karabenick Paper.pdf [25 Desember 2014]
Yusup, P. M. (1990). Komunikasi Pendidikan dan Komunikasi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya