Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Dan Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Acep Saeful Malik Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v11i1.3731

Keywords:

berpikir kritis, e-modul, kemandirian belajar, sigil software

Abstract

Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Dan Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk : (1) Menghasilkan e-modul berbantuan sigil software pada materi kaidah pencacahan, (2) Menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam penggunaan e-modul berbantuan sigil software setelah pada materi kaidah pencacahan. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah desain pengembangan yang dikembangkan oleh Alessi & Trollip. Desain pengembangan tersebut terdiri dari tiga tahap, meliputi : (a) tahap perencanaan (planning), (b) tahap desain (design), dan (c) tahap pengembangan (development). Uji coba produk terdiri dari uji alfa dan uji beta. Uji alfa dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Sedangkan uji beta terdiri dari dua tahap pengumpulan data, yaitu uji beta 1 dan uji beta 2. Pada uji beta 1 melibatkan 30 siswa kelas XII. Uji beta 2 melibatkan 27 siswa kelas XI SMKN Peternakan Lembang. Pengumpulan data menggunakan angket untuk ahli materi, angket untuk ahli media, angket respon siswa, dan instrumen tes. Penelitian ini (1) menghasilkan e-modul berbantuan sigil software pada materi kaidah pencacahan, (2) produk yang dihasilkan efektif untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, terbukti dengan penilaian ahli materi sebesar 4.19, penilaian ahli media sebesar 3.97, dan nilai effect size sebesar 4.37.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisy, D. R., Farida, F., & Andriani, S. (2020). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil

Software Dengan Pendekatan Saitifik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua

Variabel (Spldv). Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 61–71.

https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1499

Alperi, M. (2015). Peran Bahan Ajar Digital Sigil Dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar

Peserta Didik Role of Sigil Digital Learning Materials in Preparing the Students ’ Learning

Independence. 99–110.

Amalia, F., & Kustijono, R. (2017). Efektifitas penggunaan E-Book dengan Sigil untuk

melatihkan kemampuan berpikir kritis. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF),

(November), 81–85.

Fausih, M., & T, D. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok

Bahasan “Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)” Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan

Teknik Komputer Jaringan Di Smk Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal

UNESA, 01(01), 1–9. Retrieved from

https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/10375

Maharani, P., Alqodri, F., & Cahya, R. A. D. (2015). Pemanfaatan Software Sigil Sebagai

Media Pembelajaran E-Learning Yang Mudah , Murah Dan User Friendly Dengan

Format Epub Sebagai Sumber Materi. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan

Multimedia 2015, 25–30.

Nugraha, R. (2018). Penerapan Strategi MHM (Matjematical Habits Of Mind) Berbantuan

Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemecahan Masalah

Matematis Serta Kemandirian Belajar Siswa SMA. UNPAS.

Nurhairunnisah. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman

Konsep Matematika Pada Siswa SMA Kelas X. UNY.

Paradesa, R. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan

Konstruktivisme Pada Matakuliah Matematika Keuangan. Jurnal Pendidikan Matematika

RAFA, 1(2), 306–325.

Pratama, R. A., Ulfa, S., & Kuswandi, D. (2018). Mobile Learning Berbasis Game Based

Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME)

Vol. 11 No. 1, Mei 2021, hal. 18-35

DOI 10.5035/pjme.v11i1.3731

https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme

Learning Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal

Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 771–777.

Rahmawati, A., & Rizki, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Nilai-nilai Islam Pada

Materi Aritmetika Sosial. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika. 6 No.1, 81–88.

Sari, A. S. (2016). Pengembangan buku digital melalui aplikasi sigil pada mata kuliah cookies

dan candys. Jurnal Science Tech, 1(2), 46–54. Retrieved from

http://www.jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sciencetech/article/view/1226/412

Sugiharti, D., Supriadi, S., Andriani, N., & Siska. (2019). Efektivitas Model Learning Cycle 7E

Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 41–48.

https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1573

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D).

In Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1016/j.drudis.2010.11.005

Sukmadinata, N. . (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wulandari. (2013). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Android Sebagai Pendukung

Bahan Ajar Pada Materi PPh PASAL 21. Jurnal Teknologi, 1(1), 69–73.

https://doi.org/10.11113/jt.v56.60

Yaniawati, P., Kariadinata, R., Sari, N. M., Pramiarsih, E. E., & Mariani, M. (2020). Integration

of e-learning for mathematics on resource-based learning: Increasing mathematical

creative thinking and self-confidence. International Journal of Emerging Technologies in

Learning, 15(6), 60–78. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i06.11915

Yogiyatno, W., & Sofyan, H. (2013). Pengembangan multimedia interaktif kompetensi dasar

mengoperasikan software basis data untuk SMK Negeri 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan

Vokasi, 3(3), 391–404. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.185.

Downloads

Published

2021-06-02