Main Article Content

Abstract

Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Dan Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk : (1) Menghasilkan e-modul berbantuan sigil software pada materi kaidah pencacahan, (2) Menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam penggunaan e-modul berbantuan sigil software setelah pada materi kaidah pencacahan. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah desain pengembangan yang dikembangkan oleh Alessi & Trollip. Desain pengembangan tersebut terdiri dari tiga tahap, meliputi : (a) tahap perencanaan (planning), (b) tahap desain (design), dan (c) tahap pengembangan (development). Uji coba produk terdiri dari uji alfa dan uji beta. Uji alfa dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Sedangkan uji beta terdiri dari dua tahap pengumpulan data, yaitu uji beta 1 dan uji beta 2. Pada uji beta 1 melibatkan 30 siswa kelas XII. Uji beta 2 melibatkan 27 siswa kelas XI SMKN Peternakan Lembang. Pengumpulan data menggunakan angket untuk ahli materi, angket untuk ahli media, angket respon siswa, dan instrumen tes. Penelitian ini (1) menghasilkan e-modul berbantuan sigil software pada materi kaidah pencacahan, (2) produk yang dihasilkan efektif untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, terbukti dengan penilaian ahli materi sebesar 4.19, penilaian ahli media sebesar 3.97, dan nilai effect size sebesar 4.37.

Keywords

berpikir kritis, e-modul, kemandirian belajar, sigil software

Article Details

How to Cite
Malik, A. S. (2021). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Dan Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education, 11(1), 18–35. https://doi.org/10.23969/pjme.v11i1.3731

References

  1. Aisy, D. R., Farida, F., & Andriani, S. (2020). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil
  2. Software Dengan Pendekatan Saitifik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua
  3. Variabel (Spldv). Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 61–71.
  4. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1499
  5. Alperi, M. (2015). Peran Bahan Ajar Digital Sigil Dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar
  6. Peserta Didik Role of Sigil Digital Learning Materials in Preparing the Students ’ Learning
  7. Independence. 99–110.
  8. Amalia, F., & Kustijono, R. (2017). Efektifitas penggunaan E-Book dengan Sigil untuk
  9. melatihkan kemampuan berpikir kritis. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF),
  10. (November), 81–85.
  11. Fausih, M., & T, D. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok
  12. Bahasan “Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)” Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan
  13. Teknik Komputer Jaringan Di Smk Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal
  14. UNESA, 01(01), 1–9. Retrieved from
  15. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/10375
  16. Maharani, P., Alqodri, F., & Cahya, R. A. D. (2015). Pemanfaatan Software Sigil Sebagai
  17. Media Pembelajaran E-Learning Yang Mudah , Murah Dan User Friendly Dengan
  18. Format Epub Sebagai Sumber Materi. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan
  19. Multimedia 2015, 25–30.
  20. Nugraha, R. (2018). Penerapan Strategi MHM (Matjematical Habits Of Mind) Berbantuan
  21. Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemecahan Masalah
  22. Matematis Serta Kemandirian Belajar Siswa SMA. UNPAS.
  23. Nurhairunnisah. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman
  24. Konsep Matematika Pada Siswa SMA Kelas X. UNY.
  25. Paradesa, R. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan
  26. Konstruktivisme Pada Matakuliah Matematika Keuangan. Jurnal Pendidikan Matematika
  27. RAFA, 1(2), 306–325.
  28. Pratama, R. A., Ulfa, S., & Kuswandi, D. (2018). Mobile Learning Berbasis Game Based
  29. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME)
  30. Vol. 11 No. 1, Mei 2021, hal. 18-35
  31. DOI 10.5035/pjme.v11i1.3731
  32. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme
  33. Learning Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal
  34. Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 771–777.
  35. Rahmawati, A., & Rizki, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Nilai-nilai Islam Pada
  36. Materi Aritmetika Sosial. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika. 6 No.1, 81–88.
  37. Sari, A. S. (2016). Pengembangan buku digital melalui aplikasi sigil pada mata kuliah cookies
  38. dan candys. Jurnal Science Tech, 1(2), 46–54. Retrieved from
  39. http://www.jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sciencetech/article/view/1226/412
  40. Sugiharti, D., Supriadi, S., Andriani, N., & Siska. (2019). Efektivitas Model Learning Cycle 7E
  41. Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
  42. Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 41–48.
  43. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1573
  44. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).
  45. Bandung: Alfabeta.
  46. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D).
  47. In Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1016/j.drudis.2010.11.005
  48. Sukmadinata, N. . (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  49. Wulandari. (2013). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Android Sebagai Pendukung
  50. Bahan Ajar Pada Materi PPh PASAL 21. Jurnal Teknologi, 1(1), 69–73.
  51. https://doi.org/10.11113/jt.v56.60
  52. Yaniawati, P., Kariadinata, R., Sari, N. M., Pramiarsih, E. E., & Mariani, M. (2020). Integration
  53. of e-learning for mathematics on resource-based learning: Increasing mathematical
  54. creative thinking and self-confidence. International Journal of Emerging Technologies in
  55. Learning, 15(6), 60–78. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i06.11915
  56. Yogiyatno, W., & Sofyan, H. (2013). Pengembangan multimedia interaktif kompetensi dasar
  57. mengoperasikan software basis data untuk SMK Negeri 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan
  58. Vokasi, 3(3), 391–404. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.185.