Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan berpikir kritis dalam menghadapi tantangan kehidupan abad 21, sementara hasil penelitian awal kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk menelaah kemampuan berpikir kritis siswa setelah mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis proyek. Metode Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII pada salah satu sekolah di Kabupaten Sukabumi. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi dan jurnal harian. Hasil penelitian diperoleh adanya peningkatan nilai rata-rata siswa pada tes kemampuan berpikir kritis dengan nilai tiap siklus berturut-turut 67,42; 75,48; 78,97. Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa meningkat namun belum signifikan karena perlu adanya pembiasaan dan tidak bisa didapatkan dalam waktu yang singkat. Peningkatan aktivitas siswa didalam kelompok sangat menunjang peningkatan aktivitas berpikir kritis. Siswa memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran, siswa lebih memahami setiap materi yang diberikan karena siswa sendiri yang menemukan materinya melalui serangkaian proyek menemukan rumus pada materi lingkaran. Kesimpulan penelitian adalah kemampuan berpikir kritis siswa SMP dapat ditingkatkan melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis proyek.
Keywords
Article Details
References
- Alismail, H. A., & Mcguire, P. (2015). 21 st Century Standards and Curriculum : Current Research and Practice. Journal of Education and Practice, 6(6), 150–155. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1083656.pdf
- Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
- Carnawi, Sudarmin, & Wijayati, N. (2017). International Journal of Active Learning Application of Project Based Learning ( PBL ) Model for Materials of Salt Hydrolysis to Encourage Students ’ Entrepreneurship Behaviour. International Journal of Active Learning, 2(1), 50–58. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id
- Chu, S. K. W., Tse, S. K., Loh, E. K. Y., & Chow, K. (2011). Collaborative inquiry project-based learning: Effects on reading ability and interests. Library & Information Science Research, 33(3), 236–243. Retrieved from http://web.hku.hk/~samchu/docs/Chu-2011-Collaborative-IqPBL-Effects-on-Reading-Ability.pdf
- Elida, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) Pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP (Universitas Pasundan). Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10158
- Fisher, A. (2017). Berpikir Kritis 'Sebuah Pengantar" (G. Sagara, Ed.). Jakarta: Erlangga.
- Giyanti. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievment Devision (STAD) dan Rasa Percaya Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 37. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.635
- Haynes, A., Lisic, E., Goltz, M., Stein, B., & Harris, K. (2016). Moving Beyond Assessment to Improving Students ’ Critical Thinking Skills : A Model for Implementing Change. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 16(4), 44–61. https://doi.org/10.14434/josotl.v16i4.19407
- Kusumahati, R., & Kosasih, U. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student TEAMS Achievement Division (STAD) Berbandtuan Media Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Jurnal UJMES, 1(1), 1–10. Retrieved from http://ojs.uninus.ac.id/index.php/UJMES/article/view/286/203
- Kuswidi, I. (2017). Brain-Based Learning dengan Pendekatan Aptitude-Treatment Interaction untuk Peningkatan Literasi Matematis, Sikap Terhadap Matematika, dan Keterampilan Sosial Siswa MTs (Universitas Pendidikan Indonesia). Retrieved from repository.upi.edu
- Lampert, N. (2011). A study of an after-school art programme and critical. International Journal of Education through Art, 7(1), 55–67. https://doi.org/10.1386/eta.7.1.55
- Majoka, M. I., Dad, M. H., & Mahmood, T. (2010). Student Team Achievement Division ( Stad ) As an Active Learning Strategy : Empirical Evidence From Mathematics Classroom. Journal of Education and Sociology, 16–21. Retrieved from https://www.academia.edu/9677734
- Mapeala, R., & Siew, N. M. (2015). The development and validation of a test of science critical thinking for fifth graders. A Springer Open Journal, 4, 741. https://doi.org/10.1186/s40064-015-1535-0
- Nugroho, U., & Edi, S. S. (2009). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe stad berorientasi keterampilan proses. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5, 108–112. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id
- Paul, B. R., & Elder, L. (2006). The Miniature Guide to Critical Thinking: Concepts & Tools. Foundation for Critical Thinking. Retrieved from https://www.criticalthinking.org/files/Concepts_Tools.pdf
- Purwanti, S., & Gafur, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Autocad. Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 140–148. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/sosia/article/download/22673/pdf
- Puspadewi, A. A. I., Putra, I. M., & Suara, I. M. (2014). Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas V SDN 2 Blahbatuh. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/4339/3345
- Rahmatillah, S., Hobri, & Oktavianingtyas, E. (2017). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika di SMAN 5 Jember. KadikmA, 8, 51–60. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/download/6400/4669
- Ratnasari, N., Tadjudin, N., Syazali, M., & Andriani, S. (2018). Project Based Learning ( PjBL ) Model on the Mathematical Representation Ability. Tadris: Journal of Education and Teacher Training, 3(1), 47–53. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2535
- Rear, D. (2017). The language deficit : a comparison of the critical thinking skills of Asian students in first and second language contexts. Asian-Pacific Journal of Second and Foreign Language Education, 2, 13. https://doi.org/10.1186/s40862-017-0038-7
- Shadaika, M., Ramli, M., & Nurmiyati. (2015). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Potensi Makroalga Daerah Pesisir Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Sman 1 Tanjungari Gunungkidul D . I . Yogyakarta The Effect Of Project Based Learning Modelbased On Macroalgae Seashore Potencyon S. Semnas Konservasi Dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam 2015, 283–288.
- Slavin, R. E. (2009). Kooperatif Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusamedia.
- Suharadita, D., Yarman, & Jazwinarti. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Penggunaan Team Achievement Division untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(1), 42–47. Retrieved from https://www.academia.edu/9677734
- Sulistyaningsih, D., Waluya, S. ., & Kartono. (2012). Model pembelajaran kooperatif tipe circ dengan pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research. UJMER, 1.
- Supartayasa, I. G. M. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Berpikir Kritis Tentang Ipa Pada Siswa Kelas VI SDN 01 Kalukubula. Jurnal Sains Dan Teknologi Tadulako, 3, 91–99. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadris/article/download/2535/pdf
- Tran, V. D. (2013). Effects of Student Teams Achievement Division (STAD) on Academic Achievement, and Attitudes of Grade 9th Secondary School Students towards Mathematics. International Journal of Sciences, 2(2013–04), 5–15. Retrieved from http://www.ijsciences.com
- Wyk, M. M. van. (2012). The Effects of the STAD-Cooperative Learning Method on Student Achievement, Attitude and Motivation in Economics Education. Journal of Social Sciences, 33(2), 261–270. https://doi.org/10.1080/09718923.2012.11893104
- Yuliani, N. (2019). Classroom Action Research. Classroom Action Research Journal, 3(1), 8–15. https://doi.org/10.17977/um013v3i12019p008
References
Alismail, H. A., & Mcguire, P. (2015). 21 st Century Standards and Curriculum : Current Research and Practice. Journal of Education and Practice, 6(6), 150–155. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1083656.pdf
Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Carnawi, Sudarmin, & Wijayati, N. (2017). International Journal of Active Learning Application of Project Based Learning ( PBL ) Model for Materials of Salt Hydrolysis to Encourage Students ’ Entrepreneurship Behaviour. International Journal of Active Learning, 2(1), 50–58. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id
Chu, S. K. W., Tse, S. K., Loh, E. K. Y., & Chow, K. (2011). Collaborative inquiry project-based learning: Effects on reading ability and interests. Library & Information Science Research, 33(3), 236–243. Retrieved from http://web.hku.hk/~samchu/docs/Chu-2011-Collaborative-IqPBL-Effects-on-Reading-Ability.pdf
Elida, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) Pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP (Universitas Pasundan). Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10158
Fisher, A. (2017). Berpikir Kritis 'Sebuah Pengantar" (G. Sagara, Ed.). Jakarta: Erlangga.
Giyanti. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievment Devision (STAD) dan Rasa Percaya Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 37. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.635
Haynes, A., Lisic, E., Goltz, M., Stein, B., & Harris, K. (2016). Moving Beyond Assessment to Improving Students ’ Critical Thinking Skills : A Model for Implementing Change. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 16(4), 44–61. https://doi.org/10.14434/josotl.v16i4.19407
Kusumahati, R., & Kosasih, U. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student TEAMS Achievement Division (STAD) Berbandtuan Media Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Jurnal UJMES, 1(1), 1–10. Retrieved from http://ojs.uninus.ac.id/index.php/UJMES/article/view/286/203
Kuswidi, I. (2017). Brain-Based Learning dengan Pendekatan Aptitude-Treatment Interaction untuk Peningkatan Literasi Matematis, Sikap Terhadap Matematika, dan Keterampilan Sosial Siswa MTs (Universitas Pendidikan Indonesia). Retrieved from repository.upi.edu
Lampert, N. (2011). A study of an after-school art programme and critical. International Journal of Education through Art, 7(1), 55–67. https://doi.org/10.1386/eta.7.1.55
Majoka, M. I., Dad, M. H., & Mahmood, T. (2010). Student Team Achievement Division ( Stad ) As an Active Learning Strategy : Empirical Evidence From Mathematics Classroom. Journal of Education and Sociology, 16–21. Retrieved from https://www.academia.edu/9677734
Mapeala, R., & Siew, N. M. (2015). The development and validation of a test of science critical thinking for fifth graders. A Springer Open Journal, 4, 741. https://doi.org/10.1186/s40064-015-1535-0
Nugroho, U., & Edi, S. S. (2009). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe stad berorientasi keterampilan proses. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5, 108–112. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id
Paul, B. R., & Elder, L. (2006). The Miniature Guide to Critical Thinking: Concepts & Tools. Foundation for Critical Thinking. Retrieved from https://www.criticalthinking.org/files/Concepts_Tools.pdf
Purwanti, S., & Gafur, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Autocad. Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 140–148. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/sosia/article/download/22673/pdf
Puspadewi, A. A. I., Putra, I. M., & Suara, I. M. (2014). Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas V SDN 2 Blahbatuh. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/4339/3345
Rahmatillah, S., Hobri, & Oktavianingtyas, E. (2017). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika di SMAN 5 Jember. KadikmA, 8, 51–60. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/download/6400/4669
Ratnasari, N., Tadjudin, N., Syazali, M., & Andriani, S. (2018). Project Based Learning ( PjBL ) Model on the Mathematical Representation Ability. Tadris: Journal of Education and Teacher Training, 3(1), 47–53. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2535
Rear, D. (2017). The language deficit : a comparison of the critical thinking skills of Asian students in first and second language contexts. Asian-Pacific Journal of Second and Foreign Language Education, 2, 13. https://doi.org/10.1186/s40862-017-0038-7
Shadaika, M., Ramli, M., & Nurmiyati. (2015). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Potensi Makroalga Daerah Pesisir Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Sman 1 Tanjungari Gunungkidul D . I . Yogyakarta The Effect Of Project Based Learning Modelbased On Macroalgae Seashore Potencyon S. Semnas Konservasi Dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam 2015, 283–288.
Slavin, R. E. (2009). Kooperatif Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusamedia.
Suharadita, D., Yarman, & Jazwinarti. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Penggunaan Team Achievement Division untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(1), 42–47. Retrieved from https://www.academia.edu/9677734
Sulistyaningsih, D., Waluya, S. ., & Kartono. (2012). Model pembelajaran kooperatif tipe circ dengan pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research. UJMER, 1.
Supartayasa, I. G. M. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Berpikir Kritis Tentang Ipa Pada Siswa Kelas VI SDN 01 Kalukubula. Jurnal Sains Dan Teknologi Tadulako, 3, 91–99. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadris/article/download/2535/pdf
Tran, V. D. (2013). Effects of Student Teams Achievement Division (STAD) on Academic Achievement, and Attitudes of Grade 9th Secondary School Students towards Mathematics. International Journal of Sciences, 2(2013–04), 5–15. Retrieved from http://www.ijsciences.com
Wyk, M. M. van. (2012). The Effects of the STAD-Cooperative Learning Method on Student Achievement, Attitude and Motivation in Economics Education. Journal of Social Sciences, 33(2), 261–270. https://doi.org/10.1080/09718923.2012.11893104
Yuliani, N. (2019). Classroom Action Research. Classroom Action Research Journal, 3(1), 8–15. https://doi.org/10.17977/um013v3i12019p008