Implementasi Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Howard Gardner’s Multiple Intelligences Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Kemandirian Belajar Siswa

Authors

  • Fitri Sulastri

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v8i1.3996

Keywords:

Kecerdasan Majemuk, Modul, Kemampuan koneksi, kemandirian.

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampaun koneksi dan kemandirian belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan  Modul Program Linear Berbasis Howard Gardner’s Multiple Intelligences. Penelitian ini adalah penelitian mix method dengan tindakan penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas XI MIPA 2 sebagai kelas modul MI dan XI MIPA 3 sebagai siswa kelas konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan koneksi dan skala kemandirian belajar siswa. Uji statistik yang dilakukan adalah Independent Sample t-test, Uji Mann Whitney, dan Uji Korelasi Berganda. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Modul Program Linear Berbasis MI dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa;  (2) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang  pembelajarannya menggunakan modul MI lebih  baik dari pada siswa dengan pembelajaran konvensional; (3) tidak terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan modul MI; (4) tidak terdapat korelasi antara kemampuan koneksi dan kemandirian belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin D.A. dkk. (2014). Model Pembelajaran Berdasarkan Teori Multiple Intelligences Yang Dominan Dalam Kelas Pada Materi Tekanan. Jurnal Pendidikan Fisika, Universitas Kristen Satya Wacana.

Farina, (2015). Pembelajaran Geometri Van Hiele Berbasis Cabri Geometri II untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis. FPMIPA UPI. Jurnal seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.

Indrawan, R. & Yaniawati, R.P. (2014) Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: Refika Aditama

Kartikasari A.& Djamilah Bondan W, (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Howard Gardner’s Multple Intelleences berorientasi pada kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP. UNY. Jurnal Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.

Permana, Y. Dan Sumarmo, U. (2007).Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Educationist. 1,(2), 116-123.

Sari Evi dkk. (2017). Accelerated Learning Methode Using Edmodo to Increase Students’ Mathematical Connection and Self-Regulated Learning. Jurnal Internasional ICEMT’17 Singapore.

Sumarmo, (2014). Kemandirian Belajar:Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik.. Bandung: FPMIPA UPI.

Sundayana (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika.Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut.

Suryani,R & Djamilah B.W,. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematik dengan PRME Berbasis Teori Multiple Intelligences Howard Gardner Berorientasi pada Prestasi dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP. Thesis. UNY.

Zulkarnaen, dkk. (2010). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah Menengah Atas. Pontianak. Jurnal MPM UNTAN.

Downloads

Published

2021-05-17