Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, instrumen penelitiannya adalah hasil tes kemampuan prasyarat, tes kemampuan koneksi matematis, angket skala sikap, dan bahan ajar di weblog. Sampel penelitiannya mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UNSUR Cianjur. Kesimpulan: (1) Peningkatan kemampuan koneksi matematis mahasiswa yang menggunakan weblog lebih baik daripada mahasiswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, ditinjau dari keseluruhan dan kategori kemampuan prasyarat mahasiswa (tinggi dan rendah); (2) Pencapaian kemampuan koneksi matematis mahasiswa yang menggunakan weblog lebih baik daripada mahasiswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, ditinjau dari keseluruhan dan kategori kemampuan prasyarat mahasiswa (tinggi dan rendah); (3) Sikap mahasiswa yang menggunakan weblog cenderung positif ditinjau dari aspek skala sikap dan kategori kemampuan prasyarat mahasiswa (tinggi dan rendah) ; 4) Terdapat hubungan antara sikap mahasiswa terhadap penggunaan weblog dan kemampuan koneksi matematis mahasiswa. Kesimpulannya bahwa penggunaan weblog dalam pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif pembelajaran yang efektif dan efisien dalam upaya meningkatkan kemampuan koneksi matematis mahasiswa.
Article Details
How to Cite
Septian, A. (2020). Penggunaan Weblog Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.23969/pjme.v4i1.2492