Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Type Tgt (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.23969/pjme.v3i1.2483Keywords:
Kemampuan Koneksi Matematis, Mind Maping, MotivasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang mendapat Pembelajaran Kooperatif Type TGT (Teams Games Tournament) dan peserta didik yang mendapat pembelajaran konvensional.Selain itu untuk mengetahui sikap peserta didik terhadap pembelajaran matematika.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen, dengan desain quasi eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes pemecahan masalah matematis dan angket sikap. Tehnik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji perbedaan dua rata-rata. Tehnik analisis data yang digunakan untuk menguji angket sikap skala likert yaitu dengan membandingkan rata-rata skor subjek dengan nilai netral. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang mendapat pembelajaran kooperatif type TGT (Teams Games Tournament) lebih tinggi dari pada peserta didik yang mendapat pembelajaran secara konvensional. Sikap peserta didik menunjukan sikap positif terhadap pembelajaran matematika.Downloads
References
Anni, T.C., & Rifa’i, Achmad. (2010). Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri
Semarang.
Buzan, T. (2005). Buku Pintar Mind Maps. Jakarta : Gramedia.
Buzan, T. (2007). Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: Gramedia
Buzan, T. (2003). Use Both Sides of Your Brain. Surabaya : Ikon.
Buzan. T. ( 2004). Mind Map: Untuk meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia Pustaka
Utama.
Buzan, T. (2008). Buku Pintar Mind Map. Jakarta : Pt. Gramedia Pustaka Utama, Cet. VII
Buzan, T. (2012). Buku pintar Mind Map. PT Gramedia Pustaka Utama,Jakarta
Basuki, T. (2000). Pembelajaran Matematika Disertai Penyusunan Peta Konsep. Tesis. Bandung :
PS UPI Bandung
Dahar, R.W. (2011). Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Deporter, B., & Hernarcki, M. (2011). Quantum Learning. Bandung : Kaifa.
Deporter, B., et. al. (2003). Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.
Erman, S. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA
Fathurrohman, P., & Sutikno, S.M. (2007). Strategi Belajar Mengajar Melalui konsep Umum &
konsep islam.PT refika aditama
Hudojo, H. (2000). Mengajar dan Belajar Matematika. Jakarta : Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan.
Hudojo, H., et al. (2002). Peta Konsep. Jakarta: Makalah disajikan dalam Forum Diskusi Pusat
Perbukuan Depdiknas.
Martadiputra, B.A.P. (2013). Pelatihan Pengolahan Data Statistik Menggunakan SPSS untuk
Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung
Mulyasa. ( 2007). Menjadi guru Profesional menciptakan Pembelajaran Kreatif dan
Menyenangkan. Bandung : PT RemajaRosdakarya
Nasution,S. (1982). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar,Jakarta: Bumi
Aksara
Pandley,J.B.D., Bretz, R.I, & Novak, J.D. (1994). Concept maps as tool to assas Learning in
chemmistry,J.of Chemical Education. 71:9-15
Piaget, J. (1977). Psychology and Epistemology. New york The Viking Press
Priati, E. (2010). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP melalui Model CTL
Riyanto, Y. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana Pernada Group.
Rose, C., & Malcolm, J. (2006). Accelered Learning. Bandung : Nusantara.
Ruspiani. (2000). Kemampuan Siswa dalam melakukan Koneksi Matematis. Tesis UPI : Tidak
dipublikasikan
Susilawati. W. (2010). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Tidak dipublikasikan (UIN Sunan
Jurnal PJME
Vol. 7 No. 1, Mei 2017, hal. 20-30
DOI: 0.5035/pjme.v7i1.2700
https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme
Gunung Jati)
Sardiman, A.M. (2010). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo Persada, Jakarta
Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Alfabeta Bandung.
Sutarmi, M. (2011). Penerapan Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan
Mengerjakan Soal Cerita Bilangan Pecahan.Jurnal Pendidikan
Suparno, Paul. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Paget. Yogyakarta: Kanisius.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAKEM. Yogyakarta : Pustaka
Pelajar.
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Masmedia Buana Pustaka.
Sugiarto, I. (2004). Mengoptimalkan Daya Kerja Otak Dengan Berfikir. Jakarta : Gramedia
SuryaBrata, S. (1995). Psikologi Pendidikan. Rajawali Pers: Jakarta
Triyanto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik. Surabaya:
Prestasi Pustaka.
Uno, H B. (2012). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Zhao, Y. ( 2003). The Use of a Constructivist Teaching Model in Environmental Science at
Beijing Normal University, Dalam The China Papers:78-83