Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Type Tgt (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik

Authors

  • Nana Hasanah

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v3i1.2483

Keywords:

Kemampuan Koneksi Matematis, Mind Maping, Motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis peningkatan kemampuan   pemecahan  masalah  matematis    peserta  didik  yang mendapat  Pembelajaran Kooperatif   Type  TGT  (Teams  Games Tournament)  dan   peserta  didik   yang mendapat  pembelajaran  konvensional.Selain itu untuk mengetahui sikap peserta didik terhadap pembelajaran matematika.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen, dengan desain quasi eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes pemecahan masalah matematis dan angket sikap. Tehnik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji perbedaan dua rata-rata. Tehnik analisis data yang digunakan untuk menguji angket sikap skala likert yaitu dengan membandingkan rata-rata skor subjek dengan nilai netral. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Peningkatan  kemampuan   pemecahan     masalah  matematis     peserta   didik  yang   mendapat  pembelajaran  kooperatif   type  TGT (Teams      Games Tournament) lebih tinggi dari pada peserta  didik  yang  mendapat  pembelajaran secara konvensional. Sikap peserta didik menunjukan sikap positif terhadap pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anni, T.C., & Rifa’i, Achmad. (2010). Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri

Semarang.

Buzan, T. (2005). Buku Pintar Mind Maps. Jakarta : Gramedia.

Buzan, T. (2007). Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: Gramedia

Buzan, T. (2003). Use Both Sides of Your Brain. Surabaya : Ikon.

Buzan. T. ( 2004). Mind Map: Untuk meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia Pustaka

Utama.

Buzan, T. (2008). Buku Pintar Mind Map. Jakarta : Pt. Gramedia Pustaka Utama, Cet. VII

Buzan, T. (2012). Buku pintar Mind Map. PT Gramedia Pustaka Utama,Jakarta

Basuki, T. (2000). Pembelajaran Matematika Disertai Penyusunan Peta Konsep. Tesis. Bandung :

PS UPI Bandung

Dahar, R.W. (2011). Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Deporter, B., & Hernarcki, M. (2011). Quantum Learning. Bandung : Kaifa.

Deporter, B., et. al. (2003). Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Erman, S. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA

Fathurrohman, P., & Sutikno, S.M. (2007). Strategi Belajar Mengajar Melalui konsep Umum &

konsep islam.PT refika aditama

Hudojo, H. (2000). Mengajar dan Belajar Matematika. Jakarta : Departemen Pendidikan dan

Kebudayaan.

Hudojo, H., et al. (2002). Peta Konsep. Jakarta: Makalah disajikan dalam Forum Diskusi Pusat

Perbukuan Depdiknas.

Martadiputra, B.A.P. (2013). Pelatihan Pengolahan Data Statistik Menggunakan SPSS untuk

Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung

Mulyasa. ( 2007). Menjadi guru Profesional menciptakan Pembelajaran Kreatif dan

Menyenangkan. Bandung : PT RemajaRosdakarya

Nasution,S. (1982). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar,Jakarta: Bumi

Aksara

Pandley,J.B.D., Bretz, R.I, & Novak, J.D. (1994). Concept maps as tool to assas Learning in

chemmistry,J.of Chemical Education. 71:9-15

Piaget, J. (1977). Psychology and Epistemology. New york The Viking Press

Priati, E. (2010). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP melalui Model CTL

Riyanto, Y. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana Pernada Group.

Rose, C., & Malcolm, J. (2006). Accelered Learning. Bandung : Nusantara.

Ruspiani. (2000). Kemampuan Siswa dalam melakukan Koneksi Matematis. Tesis UPI : Tidak

dipublikasikan

Susilawati. W. (2010). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Tidak dipublikasikan (UIN Sunan

Jurnal PJME

Vol. 7 No. 1, Mei 2017, hal. 20-30

DOI: 0.5035/pjme.v7i1.2700

https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme

Gunung Jati)

Sardiman, A.M. (2010). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo Persada, Jakarta

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Alfabeta Bandung.

Sutarmi, M. (2011). Penerapan Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan

Mengerjakan Soal Cerita Bilangan Pecahan.Jurnal Pendidikan

Suparno, Paul. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Paget. Yogyakarta: Kanisius.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAKEM. Yogyakarta : Pustaka

Pelajar.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Masmedia Buana Pustaka.

Sugiarto, I. (2004). Mengoptimalkan Daya Kerja Otak Dengan Berfikir. Jakarta : Gramedia

SuryaBrata, S. (1995). Psikologi Pendidikan. Rajawali Pers: Jakarta

Triyanto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik. Surabaya:

Prestasi Pustaka.

Uno, H B. (2012). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Zhao, Y. ( 2003). The Use of a Constructivist Teaching Model in Environmental Science at

Beijing Normal University, Dalam The China Papers:78-83

Published

2020-04-28