Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Abdullah, In Hi. (2013). Berpikir Kritis Matematik. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 2 (1). 66-75.
- Abu, Mohd. Saleh dan Zaid Zainal Abidin. (2013). Improving the Levels of Geometric Thingking of Secondary School Students Using Geometry Learning Video based on Van Hiele Theory. [Online]. International Journal of Evaluation and Research in Education. 1 (2). 16-22.
- Amir, Mohammad Faizal. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara. 1 (2). 159-170.
- Clements, D. H., & Ballista, D. H. (1992). Geometry and spatial reasoning. In D. A.Grouws (Ed.), Handbook of research on mathematics teaching and learning (pp. 420-464). New York: Macmillan.
- Darwis, Muhammad dkk. (2018). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning dengan Pendekatan ICARE dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal IMED. 2 (2). 119-128.
- Farib, Purnama Mulia, et al. (2019). Proses Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Discovery Learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 6 (1). 99-117.
- Gayatri, Ayu Suartini. dkk (2013). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dan Strategi Kooperatif Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Ditinjau dari Kemampuan Akademik Awal Siswa Kelas X SMA Negeri Mataram. Jurnal Pijar MIPA. 8 (2). 41-46.
- In’am, A. dan S. Hajar. 2017. Learning Geometry through Discovery Learning Using a Scientific Approach. International Journal of Instruction. 10 (1). 55-70.
- Marfuah, Ismiyati, et al. (2016). Proses Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Ditinjau dari Gaya Belajar Kelas IX B SMP Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 4 (7). 622-632.
- Misbakhul Abid, Mokhammad dan Endah Budi Rahaju. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Turunan Ditinjau dari Tipe Kepribadian Sensing dan Intuitive. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 7 (2). 340-349.
- Muhassanah, Nur’aini dan Fauzi Mulyatna. (2020). Analisis Tingkat Berpikir Geometri Menurut Van Hiele pada Mata Kuliah Geometri Analitik Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. 5 (2). 233-244.
- Muslim, Aziz. (2017). Proses Berpikir Kritis Siswa pada Level Deduksi Informal Van Hiele. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami. 1 (1). 86-94.
- Nasution, Eline Yanti Putri. (2018). Analisis Terhadap Disposisi Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 1 (1). 44-55.
- Nasution, Eline Yanti Putri. (2018). Analisis Terhadap Disposisi Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 1 (1). 44-55.
- Nugrahaeni, et al. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. 1 (1). 23- 29.
- Pratama, Wira, et al. (2018). Kemampuan Analisis Siswa dalam Dimensi Tiga Dikaji dari Tingkatan Berpikir Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika. 1-8.
- Rahmah, Salma Mu’allimatur dan Susanah. (2020). Profil Berpikir Geometris Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Geometri Ditinjau Dari Level Berpikir Van Hiele. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 9 (3). 562-568.
- Rizqiani, Siti Aufa dan Diesty Hayuhantika. (2019). Analisis Metakognisi dalam Penyelesaian Masalah Matematika Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 5 (1). 26-32.
- Utami, Aliksia Kristianan Dwi dan Erna Kuneni. (2016). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Geometri Ditinjau dari Kemampuan Awal (pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kedu Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2014/2015). Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. 351-361
References
Abdullah, In Hi. (2013). Berpikir Kritis Matematik. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 2 (1). 66-75.
Abu, Mohd. Saleh dan Zaid Zainal Abidin. (2013). Improving the Levels of Geometric Thingking of Secondary School Students Using Geometry Learning Video based on Van Hiele Theory. [Online]. International Journal of Evaluation and Research in Education. 1 (2). 16-22.
Amir, Mohammad Faizal. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara. 1 (2). 159-170.
Clements, D. H., & Ballista, D. H. (1992). Geometry and spatial reasoning. In D. A.Grouws (Ed.), Handbook of research on mathematics teaching and learning (pp. 420-464). New York: Macmillan.
Darwis, Muhammad dkk. (2018). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning dengan Pendekatan ICARE dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal IMED. 2 (2). 119-128.
Farib, Purnama Mulia, et al. (2019). Proses Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Discovery Learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 6 (1). 99-117.
Gayatri, Ayu Suartini. dkk (2013). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dan Strategi Kooperatif Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Ditinjau dari Kemampuan Akademik Awal Siswa Kelas X SMA Negeri Mataram. Jurnal Pijar MIPA. 8 (2). 41-46.
In’am, A. dan S. Hajar. 2017. Learning Geometry through Discovery Learning Using a Scientific Approach. International Journal of Instruction. 10 (1). 55-70.
Marfuah, Ismiyati, et al. (2016). Proses Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Ditinjau dari Gaya Belajar Kelas IX B SMP Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 4 (7). 622-632.
Misbakhul Abid, Mokhammad dan Endah Budi Rahaju. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Turunan Ditinjau dari Tipe Kepribadian Sensing dan Intuitive. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 7 (2). 340-349.
Muhassanah, Nur’aini dan Fauzi Mulyatna. (2020). Analisis Tingkat Berpikir Geometri Menurut Van Hiele pada Mata Kuliah Geometri Analitik Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. 5 (2). 233-244.
Muslim, Aziz. (2017). Proses Berpikir Kritis Siswa pada Level Deduksi Informal Van Hiele. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami. 1 (1). 86-94.
Nasution, Eline Yanti Putri. (2018). Analisis Terhadap Disposisi Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 1 (1). 44-55.
Nasution, Eline Yanti Putri. (2018). Analisis Terhadap Disposisi Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 1 (1). 44-55.
Nugrahaeni, et al. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. 1 (1). 23- 29.
Pratama, Wira, et al. (2018). Kemampuan Analisis Siswa dalam Dimensi Tiga Dikaji dari Tingkatan Berpikir Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika. 1-8.
Rahmah, Salma Mu’allimatur dan Susanah. (2020). Profil Berpikir Geometris Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Geometri Ditinjau Dari Level Berpikir Van Hiele. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 9 (3). 562-568.
Rizqiani, Siti Aufa dan Diesty Hayuhantika. (2019). Analisis Metakognisi dalam Penyelesaian Masalah Matematika Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 5 (1). 26-32.
Utami, Aliksia Kristianan Dwi dan Erna Kuneni. (2016). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Geometri Ditinjau dari Kemampuan Awal (pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kedu Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2014/2015). Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. 351-361