Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Azhari, D. N., & Rosyana, T. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP berdasarkan Gender dan Self Concept. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 129–137.
- Azka, R., & Santoso, R. H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kalkulus untuk Mencapai Ketuntasan dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 78–91.
- Fahradina, N., Ansari, B. I., & Saiman. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 54–64.
- Fara, U., Noer, S. H., & Rasidin, U. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JPPM, 12(2), 242–253.
- Fatmariani, Ismail, M. I., & Abrar, A. I. P. (2015). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing dan Pendekatan Saintifik Siswa Kelas VII di SMP Wahyu Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(2), 149–162.
- Febriastuti, Y. D., Linuwih, S., & Hartono. (2013). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 2 Geyer Melalui Pembelajaran Inkuiri Berbasis Proyek. Unnes Physics Education Journal, 2(1), 28–33.
- Handayani, N., & Hidayat, F. (2018). Hubungan Kemandirian terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika dKelas X SMK Kota Cimahi. Journal On Education, 1(2), 1–8.
- Hendriana, H. (2014). Meningkatkan Kemampuan Matematik Siswa melalui Pembelajran Berbasis Masalah dan Strategi Think Talk and Write. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 27–38.
- Heryan, U. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 94–106.
- Indrawan, R., & Yaniawati, R. P. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan (3rd ed.). Bandung: Refika Aditama.
- Kadir, Lucyana, & Satriawati, G. (2017). The Implementation of Open-Inquiry Approach to Improve Students’ Learning Activities, Responses, And Mathematical Creative Thinking Skills. Journal on Mathematics Education, 8(1), 103–114.
- Khadijah, I. N. A., Maya, R., & Setiawan, W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1095–1104.
- Mashuri, I. (2012). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Kabupaten Blora. JMEE, 2(1), 19–35.
- Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 73–84.
- Nurhayati, N. (2017). Pengembangan Perangkat Bahan Ajar Pada Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 121–136.
- Pitriani, R., & Afriansyah, E. A. (2016). Persepsi dalam Pembelajaran Pendekatan Keterampilan Proses terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa (Studi Penelitian Di SMP Negeri 1 Wanraja). Jurnal Gantang Pendidikan Matematika, 1(2), 15–24.
- Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTs di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Didaktik, 9(1), 16–25.
- Purwati, H., & Nugroho, A. A. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Mata Kuliah Program Linear. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 127–134.
- Qodariah, L., & Hendriana, H. (2015). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematik. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(3), 241–252.
- Qohar, A., & Sumarmo. (2013). Improving Mathematical Communication Ability and Self Regulation Learning Of Yunior High Students by Using Reciprocal Teaching. IndoMS. J.M.E, 4(1), 59–74.
- Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal BIOEDUKATIKA, 3(2), 15–20.
- Riyadi, A. S., Dahlan, J. A., & Rosita, T. (2018). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 18(1), 85–96.
- Sakdiah, H., Pali, Ardhana, & Hitipeuw. (2015). Efektivitas Metode Pembelajaran Inkuiri Berbasis Web dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Humaniora, 3(1), 1–13.
- Samsidar, W., Coesamin, M., & Bharata, H. (2019). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Komunikasai Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 334–344.
- Sanjaya, & Wina. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
- Sefalianti, B. (2014). Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 11–20.
- Suid, Syafrina, A., & Tursinawati. (2017). Analisis Kemandirian Siswa dalam Proses Pembelajaran di Kelas III SD Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 1(5), 70–81.
- Sumarmo, U. (2014). Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: UPI.
- Supriadi, N. (2015). Pembelajaran Geometri Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 99–109.
- Syahputra, D. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Bimbingan Belajar terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian Pada Siswa SMA Melati Perbaungan. At-Tawassuth, 2(2), 368–388.
- Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104.
- Yaniawati, R. P., Indrawan, R., & Setiawan, G. (2019). Core Model on Improving Mathematical Communication and Connection, Analysis of Students’ Mathematical Disposition. International Journal of Instruction, 12(4), 639–654. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2019.12441a
- Yaniawati, R. P., Kartasasmita, B. G., Kariadinata, R., & Sari, E. (2017). Accelerated Learning Method Using Ebmodo to Increase Students’ Mathematical Connection and Self-Regulated Learning. Proceedings of the 2017 International Conference on Education and Multimedia, (53–57). https://doi.org/https://doi.org/10.1145/3124128
- Zaini, A., & Marsigit. (2014). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik dan Konvensional ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 152–163.
References
Azhari, D. N., & Rosyana, T. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP berdasarkan Gender dan Self Concept. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 129–137.
Azka, R., & Santoso, R. H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kalkulus untuk Mencapai Ketuntasan dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 78–91.
Fahradina, N., Ansari, B. I., & Saiman. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 54–64.
Fara, U., Noer, S. H., & Rasidin, U. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JPPM, 12(2), 242–253.
Fatmariani, Ismail, M. I., & Abrar, A. I. P. (2015). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing dan Pendekatan Saintifik Siswa Kelas VII di SMP Wahyu Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(2), 149–162.
Febriastuti, Y. D., Linuwih, S., & Hartono. (2013). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 2 Geyer Melalui Pembelajaran Inkuiri Berbasis Proyek. Unnes Physics Education Journal, 2(1), 28–33.
Handayani, N., & Hidayat, F. (2018). Hubungan Kemandirian terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika dKelas X SMK Kota Cimahi. Journal On Education, 1(2), 1–8.
Hendriana, H. (2014). Meningkatkan Kemampuan Matematik Siswa melalui Pembelajran Berbasis Masalah dan Strategi Think Talk and Write. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 27–38.
Heryan, U. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 94–106.
Indrawan, R., & Yaniawati, R. P. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan (3rd ed.). Bandung: Refika Aditama.
Kadir, Lucyana, & Satriawati, G. (2017). The Implementation of Open-Inquiry Approach to Improve Students’ Learning Activities, Responses, And Mathematical Creative Thinking Skills. Journal on Mathematics Education, 8(1), 103–114.
Khadijah, I. N. A., Maya, R., & Setiawan, W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1095–1104.
Mashuri, I. (2012). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Kabupaten Blora. JMEE, 2(1), 19–35.
Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 73–84.
Nurhayati, N. (2017). Pengembangan Perangkat Bahan Ajar Pada Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 121–136.
Pitriani, R., & Afriansyah, E. A. (2016). Persepsi dalam Pembelajaran Pendekatan Keterampilan Proses terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa (Studi Penelitian Di SMP Negeri 1 Wanraja). Jurnal Gantang Pendidikan Matematika, 1(2), 15–24.
Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTs di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Didaktik, 9(1), 16–25.
Purwati, H., & Nugroho, A. A. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Mata Kuliah Program Linear. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 127–134.
Qodariah, L., & Hendriana, H. (2015). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematik. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(3), 241–252.
Qohar, A., & Sumarmo. (2013). Improving Mathematical Communication Ability and Self Regulation Learning Of Yunior High Students by Using Reciprocal Teaching. IndoMS. J.M.E, 4(1), 59–74.
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal BIOEDUKATIKA, 3(2), 15–20.
Riyadi, A. S., Dahlan, J. A., & Rosita, T. (2018). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 18(1), 85–96.
Sakdiah, H., Pali, Ardhana, & Hitipeuw. (2015). Efektivitas Metode Pembelajaran Inkuiri Berbasis Web dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Humaniora, 3(1), 1–13.
Samsidar, W., Coesamin, M., & Bharata, H. (2019). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Komunikasai Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 334–344.
Sanjaya, & Wina. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sefalianti, B. (2014). Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 11–20.
Suid, Syafrina, A., & Tursinawati. (2017). Analisis Kemandirian Siswa dalam Proses Pembelajaran di Kelas III SD Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 1(5), 70–81.
Sumarmo, U. (2014). Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: UPI.
Supriadi, N. (2015). Pembelajaran Geometri Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 99–109.
Syahputra, D. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Bimbingan Belajar terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian Pada Siswa SMA Melati Perbaungan. At-Tawassuth, 2(2), 368–388.
Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104.
Yaniawati, R. P., Indrawan, R., & Setiawan, G. (2019). Core Model on Improving Mathematical Communication and Connection, Analysis of Students’ Mathematical Disposition. International Journal of Instruction, 12(4), 639–654. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2019.12441a
Yaniawati, R. P., Kartasasmita, B. G., Kariadinata, R., & Sari, E. (2017). Accelerated Learning Method Using Ebmodo to Increase Students’ Mathematical Connection and Self-Regulated Learning. Proceedings of the 2017 International Conference on Education and Multimedia, (53–57). https://doi.org/https://doi.org/10.1145/3124128
Zaini, A., & Marsigit. (2014). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik dan Konvensional ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 152–163.