Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project

Authors

  • Upik Diana SMP Negeri 27 Bandung

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v8i1.3991

Keywords:

kemampuan pemahaman matematis, pemecahan masalah matematis, Missouri Mathematics Project

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional yang dilihat dari keseluruhan dan Kemampuan Awal Matematika (KAM). Selain itu penelitian ini juga untuk mendeskripsikan korelasi antara kemampuan pemahaman dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Penelitian ini dilaksanakan di MSK BSC Kota Bandung, dengan sampel sebanyak dua kelas, yaitu Kelas X-A dan X - B Administrasi Perkantroran. peneliti menggunakan metode campuran (mix method). Strategi mix method yang digunakan adalah strategi embedded konkuren. Strategi ini hampir sama dengan model triangulasi konkuren, karena sama-sama mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dalam waktu yang bersamaan. Data kuantitatif diambil dari tes pemahaman dan pemecahan serta angket motivasi siswa. Sedangkan data kualitatif diambil dari hasil wawancara siswa Setelah pengolahan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dilihat dari keseluruhan dan Kemampuan Awal Matematika (KAM). Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis siswa. Motivasi siswa positif setelah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiningsih, C. A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Krismanto. (2010), Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika,http://p4tkmatematika.org/download/sma/strategi pembelajaran matematika.pdf,

Meltzer, D.E. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain Physics: A Possible “Hidden Variable in Diagnostic Pretest Scores”. American Journal Physics.

Nugroho, B. P. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Dengan Metode Talking Stick Dan Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika pada tanggal 10 November 2012 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY: ISBN : 978-979-16353-8-7

Russefendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.

Sinaryatin, T.A. (2013). Membangun Karakter Bangsa melalui pembelajaran Sejarah. bandung : respository.upi.edu.

Sumardyono. (2004). Karakteristik Matematika dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. Paket Pembinaan Penataran, Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika

Sumarmo, U. (2006). Berpikir Matematika Tingkat Tinggi ; Apa, mengapa Dan Bagaimana Dikembangkan Pada Siswa Sekolah Menengah Dan Mahasiswa Calon Guru. Bandung : UPI.

Supinah dan Agus D. W. (2009). Strategi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika

Tim MKPBM. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA

Downloads

Published

2021-05-17