Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Anonim. (2011). Kunci Pemuda Mengorbitkan Bangsa. [Online]. Tersedia: http://mbincungs.blogspot.com/2011/11/entrepreneur-kunci-pemudamengorbitkan.html. [7 Maret 2020]
- Azizah, S. D. (2018) Kemampuan Penalaran Induktif Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Akademis Dalam Menyelesaikan Soal Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas Viii C Mts Darul Huda Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2017/2018.[ skripsi ]
- Bani, Asmar. (2011). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing, SPS UPI, Bandung. Jurnal UPI: Edisi Khusus No 1, Agustus 2011. http://jurnal.upi.edu/file/2-Asmar_Bani.pdf
- Bhirawa, M. (2011). Kualitas SDM Indonesia di Dunia. [Online]. Tersedia:http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2011/03/14/kualitas-sdm-insonesia-di-dunia/.[7 Maret 2020]
- Burais, Listika., Ikhsan, M., & Duskri,M. (2016). Peningkatan kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika: Vol.3, No.1, April 2016.
- Hariyani, Mimi. (2010). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Dasar. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Kutubkhanah/article/viewFile/253/238 [20 April 2020]
- Herdian. (2010). Kemampuan Pemahaman Matematika. [Online]. Tersedia:http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-pemahaman-matematis/. [21 Maret 2020]
- Hermawan, Amalia. & Hidayat, Wahyu. (2018). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP melalui Pendekatan Penemuan Terbimbing. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif: Volume 1, No.3, Mei 2018.
- Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.
- Kemdikbud. (2013b). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses.
- Nuriyatin, S., & Hartono, H. (2016). Pengembangan pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan berpikir kritis dan motivasi belajar geometri di SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 207. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10656
- Purwasih, ratnih. (2015). Peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan self confidence siswa mts di kota cimahi melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Volume 9, nomor 1 maret 2015 – issn 1978-5089.
- Rahmawati, Hidayati, Widodo (2017). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 2 Ngoro. Pensa : Jurnal Pendidikan Sains.
- Ribowo (2015). Peningkatan Penalaran Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas Vii Semester Genap Smp Al-Islam Pakis Tahun 2014/2015. Skripsi, Universitas Muhammadyah Surakarta.
- Riyanto, B., & Siroj, R. A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Prestasi Matematika Dengan Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 111–128.https://doi.org/10.22342/jpm.5.2.581.
- Santosa, R. H. (2014). Pengaruh Metode Inkuiri terhadap Ketercapaian Kompetensi Dasar, Rasa Ingin Tahu, dan Kemampuan Penalaran Matematis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 196–204. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9080.
- Sari, R. N. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Jurnal Dimensi, 5(2), 12–18. https://doi.org/10.33373/dms.v5i2.8
- Suherman, E.,dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung:JICA-Universitas Pendidikan Indonesia.
References
Anonim. (2011). Kunci Pemuda Mengorbitkan Bangsa. [Online]. Tersedia: http://mbincungs.blogspot.com/2011/11/entrepreneur-kunci-pemudamengorbitkan.html. [7 Maret 2020]
Azizah, S. D. (2018) Kemampuan Penalaran Induktif Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Akademis Dalam Menyelesaikan Soal Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas Viii C Mts Darul Huda Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2017/2018.[ skripsi ]
Bani, Asmar. (2011). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing, SPS UPI, Bandung. Jurnal UPI: Edisi Khusus No 1, Agustus 2011. http://jurnal.upi.edu/file/2-Asmar_Bani.pdf
Bhirawa, M. (2011). Kualitas SDM Indonesia di Dunia. [Online]. Tersedia:http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2011/03/14/kualitas-sdm-insonesia-di-dunia/.[7 Maret 2020]
Burais, Listika., Ikhsan, M., & Duskri,M. (2016). Peningkatan kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika: Vol.3, No.1, April 2016.
Hariyani, Mimi. (2010). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Dasar. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Kutubkhanah/article/viewFile/253/238 [20 April 2020]
Herdian. (2010). Kemampuan Pemahaman Matematika. [Online]. Tersedia:http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-pemahaman-matematis/. [21 Maret 2020]
Hermawan, Amalia. & Hidayat, Wahyu. (2018). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP melalui Pendekatan Penemuan Terbimbing. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif: Volume 1, No.3, Mei 2018.
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.
Kemdikbud. (2013b). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses.
Nuriyatin, S., & Hartono, H. (2016). Pengembangan pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan berpikir kritis dan motivasi belajar geometri di SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 207. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10656
Purwasih, ratnih. (2015). Peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan self confidence siswa mts di kota cimahi melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Volume 9, nomor 1 maret 2015 – issn 1978-5089.
Rahmawati, Hidayati, Widodo (2017). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 2 Ngoro. Pensa : Jurnal Pendidikan Sains.
Ribowo (2015). Peningkatan Penalaran Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas Vii Semester Genap Smp Al-Islam Pakis Tahun 2014/2015. Skripsi, Universitas Muhammadyah Surakarta.
Riyanto, B., & Siroj, R. A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Prestasi Matematika Dengan Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 111–128.https://doi.org/10.22342/jpm.5.2.581.
Santosa, R. H. (2014). Pengaruh Metode Inkuiri terhadap Ketercapaian Kompetensi Dasar, Rasa Ingin Tahu, dan Kemampuan Penalaran Matematis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 196–204. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9080.
Sari, R. N. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Jurnal Dimensi, 5(2), 12–18. https://doi.org/10.33373/dms.v5i2.8
Suherman, E.,dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung:JICA-Universitas Pendidikan Indonesia.