Pengaruh Strategi Pembelajaran Means Ends Analysis Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik

Authors

  • Syamsu Rizal UNPAS
  • Melinda Putri Mubarika

Keywords:

mathematical connections ability, non-parametric test, normality test

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas XI dalam materi statistika. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK Angkasa 1 Kalijati tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 156 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan mengambil kelas XI B TKR sebagai kelas eksperimen dan kelas XI D TKR sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan strategi pembelajaran MEA, sedangkan kelas kontrol memperoleh pembelajaran dengan metode pembelajaran biasa. kemampuan peserta didik dalam koneksi matematis setelah belajar dan melakukan penilaian sikap dengan menggunakan angket untuk mengetahui sikap peserta didik setelah selesai belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan koneksi matematis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa penggunaan strategi MEA efektif terhadap koneksi matematis peserta didik kelas XI SMK Angkasa 1 Kalijati pada mata pelajaran statistika.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Melinda Putri Mubarika

Universitas Pasundan

References

Aisyah, N. (2022). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan metode Means Ends Analysis pada siswa kelas XI IPA 3 SMAIT wahdah islamyah makassar. Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JURRIMIPA), 1(2). https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.352.

Andriani, D., & Aripin, U. (2019). Analisis kemampuan koneksi matematik dan kepercayaan diri siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(1), 25–32. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i1.p25-32.

Aras, A. (2020). Model pembelajaran Means-Ends Analysis dalam menumbuhkembangkan kemampuan problem solving dan productive disposition. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 183–198. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i2.1238.

Ariyanti, D., Isnaniah, & Jasmienti. (2019). Pengaruh penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Rao. Journal for Research in Mathematics Learning, 2(2), 111–117. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7344.

Asih, N., & Ramdhani, D. S. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa menggunakan model pembelajaran Means End Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika , 8(3), 435–446. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.534.

Astuti, M., Kartono, & Dewi, N. R. (2022). The implementation of feedback in Means-Ends Analysis of student’s high-level mathematic thinking ability. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 3(2), 119–126. https://doi.org/10.37303/jelmar.v3i2.83.

Aziz, M., & Tayudi. (2022). Kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran open-ended. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 45–55. https://doi.org/10.23969/pjme.v12i2.3788.

Bernard, M., & Senjayawati, E. (2019). Meningkatkan kemampuan koneksi matematik siswa SMP dengan menggunakan pendekatan metaphorical thinking berbantuan software geogebra. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 79–87. https://doi.org/https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.558.

Citra Juniarti, A., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi kasus kemampuan abstraksi matematis siswa kelas X pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Prosiding Sesiomadika, 2(1b), 400–404. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2735.

Firmansyah, E., Mubarika, M. P., & Khoirina, D. A. M. M. (2020). Implementasi model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan koneksi matematis serta self-efficacy siswa SMA. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), 10(2), 51–64. https://doi.org/10.5035/pjme.v10i2.2784.

Hasanah. (2017). Pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan koneksi matematis siswa. Jurnal PJME, 7(1), 20–30. https://doi.org/0.5035/pjme.v7i1.2700.

Hernaeny, U., Afina, A., & Nusantari, D. O. (2019). Pengaruh model pembelajaran Means Ends Analisis (MEA) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 127–134. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5172.

Indriani, N. D., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan koneksi matematis melalui model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending dan Means Ends Analysis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 339–352. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1266.

Kenedi, A. K., Hendri, S., Ladiva, H. B., & Nelliarti. (2018). Kemampuan koneksi matematis siswa sekolah dasar dalam memecahkan masalah matematika. Jurnal Numeracy, 5(2), 226–235. https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i2.396.

Magfirah, I., Ode, R., & Kasriana. (2022). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 5929–5939. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9231.

Mariani, Y., & Susanti, E. (2019). Kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran MEA (Means Ends Analysis). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 13–25. https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9566.

Mubarika, M. P., Firmansyah, E., & Yulianie, L. (2020). Implementasi dimensi connectedness dalam Problem Based Learning untuk meningkatkan koneksi matematis dan disposisi matematis. Jurnal PJME, 10(1), 39–50. https://doi.org/10.5035/pjme.v10i1.2443.

Mulasari, M. R., Wulandari, I. G. A. A., & Putra, M. (2020). Model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap hasil belajar matematika siswa SD. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(3), 358–366. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.25812.

Nourhasanah, F. Y., & Aslam, A. (2022). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5124–5129. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3050.

Noviyanti, D., Siswanah, E., & Fitriani, U. (2021). Efektivitas strategi pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan self efficacy. Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 9(1), 10–19. https://doi.org/10.23971/eds.v9i1.1990.

OECD. (2006). PISA 2006: Science Competencies for Tomorrow’s World. www.pisa.oecd.org.

Sari, Y. N. (2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis menggunakan media video terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Pagar Alam. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 89–104. https://doi.org/10.36706/jp.v5i1.5640.

Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan koneksi matematik dan motivasi belajar siswa dengan mengunakan model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan geogebra di SMP. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438.

Solikah, A., & Himmah, W. I. (2019). Keefektifan model pembelajaran Means Ends Analysis dengan strategi heuristik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Hipotenusa, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i1.1-8.

Sudarman, S. W., & Linuhung, N. (2021). Penerapan pembelajaran MEA (Means-End Analysis) berbantuan schoology untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Derivat, 8(1), 32–40. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1275.

Syamsuddin, A., Jannah, M., & Kristiawati, K. (2019). Penerapan model explicit instruction dalam pembelajaran matematika materi bilangan romawi pada siswa kelas IV SD inpres kapasa makassar. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(1), 136–154. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a11.

Tasni, N., & Susanti, E. (2017). Membangun koneksi matematis siswa dalam pemecahan masalah verbal. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 103–116. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.108.

Widiastuti, B., & Nindiasari, H. (2022). Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik sekolah dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2526–2535. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1190.

Widiyawati, Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMK pada materi trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28–39. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8566.

Widyastuti, E., Kamsiyati, S., & Surya, A. (2021). Penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah soal cerita pada peserta didik sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 102–106. https://doi.org/10.20961/jpi.v7i1.47256.

Zumrotun, E., & Attalina, N. C. S. (2020). Media pembelajaran tutup botol pintar matematika meningkatkan hasil belajar matematik. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 499–507. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29191.

Downloads

Published

2023-05-31