Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Ani, M. (2012). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemahaman matematis dan keterampilan sosial siswa SMP negeri di kota Bandung. PARADIKMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 162-174. https://doi.org/10.24114/paradikma.v6i2.1077
- Arifin, S. A. N., & Suendarti, M. (2022). Pengaruh minat belajar dan disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(2), 66-79. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i2.2408
- Budiyanto. (2014). Pembelajaran dengan model tutor sebaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan kominikasi matematis siswa SMP. Tesis tidak dipublikasikan, Bandung, Universitas Pasundan.
- Fenny. K., H. (2014). Peningkatan pemahaman dan komunikasi siswa terhadap bilangan desimal melalui pembelajaran matematika realistik dengan media kalkulator. Tesis tidak dipublikasikan, Bandung, Universitas Pasundan.
- Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191-202. Diambil dari https://www.researchgate.net/profile/Silfanus-Jelatu/publication
- Kelly, C. A. (2006). Using manipulatives in mathematical problem solving: A performance-based analysis. In The Mathematics Enthusiast, 3(2), 184-193. https://doi.org/10.54870/1551-3440.1049
- Mardodo. Dkk (2014). Implementasi pembelajaran kooperatif model think pair share dan learning together dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik ditinjau dari minat belajar siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(5), 513-524. Diambil dari https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/4376
- Masni, M., Pasinggi, Y. S., & Zainal, Z. (2021). Hubungan minat belajar dengan hasil belajar matematika di masa pandemi Covid-19. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 307-316. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i1.1131
- Maulidi, A. (2022). Pembelajaran kooperatif Tipe STAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan alat peraga gelas variabel bagi siswa SMPN 3 Kayangan. Jurnal Paedagogy, 9(1), 45-54. https://doi.org/10.33394/jp.v9i1.4330
- Nana. S.S (2013) Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- NCTM. (2000). Principle and standards for school mathematics. USA: The National Council of Teachers of Mathematics.
- Panji. H (2013) Alat peraga edukasi dan moving class dalam pembelajaran di SD/MI. Jurnal didaktika, 4(1), 284-295. Diambil dari: https://www.academia.edu/36685921
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. (2012). Jakarta: Kemdikbud.
- Polya, G. (1971). How to solve it: A new aspect of mathematics method. New Jersey: Princeton University Press.
- Ruseffendi, H.E.T. (2006). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Penerbit Tarsito.
- Sasmita, D., Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2019). Pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran generatif berbantuan alat peraga puzzle pythagoras. Variabel, 2(2), 62-68. https://dx.doi.org/10.26737/var.v2i2.1816
- Slameto (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
- Winkel W.S. (1996). Psikologi pengajaran. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Woolfolk. A. (2009). Educational psychology active learning educational. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Yanuar, Y., Sukmawati, K. I., & Arifin, S. (2019). Penerapan model student teams achievement division terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII. Union, 7(1), 57-64. https://doi.org/10.30738/union.v7i1.3151
- Yeni.E.M. (2011). Pemanfaatan benda-benda manipulatif untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri dan kemampuan tilikan ruang kelas V sekolah dasar. Tesis tidak dipublikasikan, Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia.
- Yustinus. S.l. dkk. (2013). Hubungan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dalam pembelajaran kooperatif Tipe STAD menggunakan komik. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 1(2), 60-64. http://doi.org/10.25273/jems.v1i2.143
References
Ani, M. (2012). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemahaman matematis dan keterampilan sosial siswa SMP negeri di kota Bandung. PARADIKMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 162-174. https://doi.org/10.24114/paradikma.v6i2.1077
Arifin, S. A. N., & Suendarti, M. (2022). Pengaruh minat belajar dan disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(2), 66-79. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i2.2408
Budiyanto. (2014). Pembelajaran dengan model tutor sebaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan kominikasi matematis siswa SMP. Tesis tidak dipublikasikan, Bandung, Universitas Pasundan.
Fenny. K., H. (2014). Peningkatan pemahaman dan komunikasi siswa terhadap bilangan desimal melalui pembelajaran matematika realistik dengan media kalkulator. Tesis tidak dipublikasikan, Bandung, Universitas Pasundan.
Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191-202. Diambil dari https://www.researchgate.net/profile/Silfanus-Jelatu/publication
Kelly, C. A. (2006). Using manipulatives in mathematical problem solving: A performance-based analysis. In The Mathematics Enthusiast, 3(2), 184-193. https://doi.org/10.54870/1551-3440.1049
Mardodo. Dkk (2014). Implementasi pembelajaran kooperatif model think pair share dan learning together dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik ditinjau dari minat belajar siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(5), 513-524. Diambil dari https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/4376
Masni, M., Pasinggi, Y. S., & Zainal, Z. (2021). Hubungan minat belajar dengan hasil belajar matematika di masa pandemi Covid-19. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 307-316. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i1.1131
Maulidi, A. (2022). Pembelajaran kooperatif Tipe STAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan alat peraga gelas variabel bagi siswa SMPN 3 Kayangan. Jurnal Paedagogy, 9(1), 45-54. https://doi.org/10.33394/jp.v9i1.4330
Nana. S.S (2013) Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
NCTM. (2000). Principle and standards for school mathematics. USA: The National Council of Teachers of Mathematics.
Panji. H (2013) Alat peraga edukasi dan moving class dalam pembelajaran di SD/MI. Jurnal didaktika, 4(1), 284-295. Diambil dari: https://www.academia.edu/36685921
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. (2012). Jakarta: Kemdikbud.
Polya, G. (1971). How to solve it: A new aspect of mathematics method. New Jersey: Princeton University Press.
Ruseffendi, H.E.T. (2006). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Penerbit Tarsito.
Sasmita, D., Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2019). Pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran generatif berbantuan alat peraga puzzle pythagoras. Variabel, 2(2), 62-68. https://dx.doi.org/10.26737/var.v2i2.1816
Slameto (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Winkel W.S. (1996). Psikologi pengajaran. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Woolfolk. A. (2009). Educational psychology active learning educational. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yanuar, Y., Sukmawati, K. I., & Arifin, S. (2019). Penerapan model student teams achievement division terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII. Union, 7(1), 57-64. https://doi.org/10.30738/union.v7i1.3151
Yeni.E.M. (2011). Pemanfaatan benda-benda manipulatif untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri dan kemampuan tilikan ruang kelas V sekolah dasar. Tesis tidak dipublikasikan, Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia.
Yustinus. S.l. dkk. (2013). Hubungan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dalam pembelajaran kooperatif Tipe STAD menggunakan komik. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 1(2), 60-64. http://doi.org/10.25273/jems.v1i2.143