Implementasi Macromedia Flash Dan Power Point Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self-Regulated Learning Siswa Dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Febrela Nusvia

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v5i2.2535

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menelaah dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah dan self regulated learning siswa yang menggunakan macromedia flash dan power point; 2) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah dan self regulated learning antara siswa yang pembelajarannya menggunakan macromedia flash dan power point  dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran ekspositori.Penelitian ini adalah penelitian Mix method dengan desain yang digunakan adalah desain kelas kontrol pretest-postest. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa: Kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan macromedia flash lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan Power Point, 2)Kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan ekspositori lebih baik dibandingkan siswa yang pembelajarannya menggunakan Macromedia Flash,3)Kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan ekspositori lebih baik dibandingkan siswa yang pembelajarannya menggunakan Powerpoint, 4) Tidak terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah dengan Self Regulated Learning,5)Guru memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan media pembelajaran, khususnya pada penggunaan Macromedia Flash. Namun, mereka berpendapat bahwa penggunaan Macromedia Flash dapat dijadikan media pendamping siswa untuk belajar di rumah, disebabkan tidak semua guru dapat membuat media pebelajaran dengan menggunakan Macromedia Flash dikarenakan  keterbatas pengetahuan yang dimiliki mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-05-01