Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Campuran (Mixed Method) tipe penyisipan (Embedded Design). Desain yang digunakan adalah desain eksperimen semu (Quasi Experiment) yaitu rancangan kelompok-kontrol (pretest dan posttest). Sampel penelitiannya adalah 2 kelas, yaitu siswa kelas X RPL 2 yang terdiri dari 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X RPL 1 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya: angket motivasi belajar matematika siswa, wawancara, observasi. Angket skala motivasi belajar matematika diberikan kepada siswa sesudah pembelajaran, angket ini terdiri dari 30 pernyataan yang dilengkapi dengan lima pilihan jawaban. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) meningkat, karena adanya peran serta guru dalam memfasilitasi dan mengakomodasi proses belajar mengajar dengan cara membuat kegiatan yang menarik sehingga membuat siswa lebih termotivasi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Firmansyah, E., & Solihah, S. (2020). Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Pasundan Journal of Mathematics Education, 9(2), 68–82. https://doi.org/10.23969/pjme.v9i2.2715

Referensi

  1. Aminawati, D. (2015).
  2. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)
  3. Dengan Media Mading Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil
  4. Belajar Siswa Kelas V Pada
  5. Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Peranan Tkoh Dalam Memproklamasikan Kemerdekaan Di
  6. SDN Antirogo 04
  7. . Jurnal Pdf.
  8. Farida. (2014).
  9. Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Teknik Numbered
  10. Heads Together (NHT) P
  11. ada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas IV Sekolah Dasar
  12. Swasta
  13. . Artikel:
  14. PGSD FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak.
  15. Indrawan, R. dan Yaniawati, P. (2014).
  16. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan
  17. Campuran untuk Manajemen, Pembangunan
  18. dan Pendidikan
  19. . Bandung: Refika Aditama.
  20. Maman, M. dan Rajab, A.A. (2016).
  21. The Implementation of Cooperative Learning Model Numbered
  22. Heads Together (NHT) in Improving the Students Ability in Reading Comprehension
  23. .
  24. International Journal of Evaluation and Research in Education.
  25. Vol.5, No.2, June 2016,
  26. pp. 174
  27. -
  28. .
  29. Putriani, D.D.S. dan Prodjosantoso, A.K. (2017).
  30. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran
  31. Kooperatip Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Motivasi d
  32. an Prestasi Belajar
  33. Kimia Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017
  34. . Jurnal
  35. pembelajaran Kimia vol.6 No.1 Tahun 2017. Universitas Negeri Yogyakarta.
  36. Razak, F. (2016).
  37. The Effect Of Cooperative Learning On Mathematics Learning Out
  38. comes Viewed
  39. From Students’ Learning Motivation
  40. .
  41. Journal of Research and Advances in Mathematics
  42. Education,
  43. ,
  44. (1), 49
  45. -
  46. Russeffendi, E, T. (1991).
  47. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya
  48. dalam Pengajaran Matematika utuk
  49. Meningkatkan CBSA
  50. . Bandung: Tarsito.
  51. Ruseffendi, E.T. (1991).
  52. Penelitian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam
  53. Pengajaran Matematika
  54. . Bandung: Tarsito.
  55. Sardiman. (2008).
  56. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar
  57. .
  58. Jakarta: PT Raja Grafindo Persad
  59. a.
  60. Uno, H. B. (2012).
  61. Teori Motivasi dan Pengukurannya.
  62. Jakarta: Bumi Aksara.
  63. Uyanto, S. S. (2009).
  64. Pedoman Analisis Data dengan SPSS
  65. . Yogyakarta : Graha Ilmu