Pengembangan Desain dan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Statistik Penelitian Pendidikan Pada Prodi Pendidikan Matematika UIN Bandung

  • Rahayu Kariadinata

Abstract

Abstrak
This research is development research for improving quality lecture of Education Research Statistic at Mathematics Education Study Program in UIN Bandung. Produce of this  research are design and teaching-learning equipment. Teaching-learning equipment consisted of lecture program and text book with guide of laboratory work.  Implementation teaching –learning design use teaching-learning equipment with combinated convensional learning in the class and learning by computer (computer asssited learning) in the computer laboratory. The research subject consisted of 2007 and 2008 academic year student of Mathematics Education Study Program in UIN Bandung. This research used some instrument consisted : 1)  questionnaire of student response, 2) observation sheet, and 3)  student achievement test. Based the data analysis was concluded that : (1) current lecture of Education Research Statistic is conventional method, use speech  method more dominate, implementated lecture more in the classes, student can less opportunity for data processing through statistic software (SPSS) , 2) have produce  prototype of design and computer assited learning equipment, 3) the management of lecturer competency in computer assited learning is good, 4) the mayority of student give response very like to the implementation of design and teaching-learning equipment, 5) the lecture quality with assited computer is good that showed to student achievement and  the level of student statistic compute skill,  based indicator formula in the classical the all of student are completely, while the level of student statistic compute skill is good that showed from the various of  their activities in operation of statistic software (SPSS) for analysis of statistic data.
Key word :  Teaching –Learning Design and Teaching-Learning Equipment
 
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas perkuliahan Statistik Penelitian Pendidikan di lingkungan Prodi  Pendidikan Matematika UIN Bandung. Dalam penelitian ini dikembangkan desain dan perangkat pembelajaran yang berbantuan komputer. Perangkat yang dikembangkan meliputi Satuan Acara Perkuliahan, Buku Ajar yang dilengkapi dengan  panduan praktikum, sedangkan desain pembelajaran yang diterapkan mengimplementasikan perangkat tersebut dengan mengkombinasikan tatap muka di ruang kelas dan di laboratorium komputer.  Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UIN Bandung angkatan 2007 dan 2008. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari : 1) angket respon mahasiswa, 2) lembar observasi dan 3) tes hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh kesimpulan : (1) perkuliahan Statistik Penelitian Pendidikan yang selama ini berlangsung masih bersifat konvensional, penggunaan metode ceramah lebih mendominasi, perkuliahan lebih banyak dilakukan di ruang-ruang kelas, mahasiswa kurang mendapat kesempatan untuk mengolah data statisttik melalui software SPSS, (2) dihasilkan prototipe desain dan perangkat pembelajaran berbantuan komputer (3) kemampuan dosen dalam mengelola pembelajaran berbantuan komputer dikategorikan baik, (4) sebagian besar mahasiswa memberikan respon sangat senang terhadap desain dan perangkat pembelajaran yang diterapkan, (5) kualitas perkuliahan berbantuan komputer tergolong baik, hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar dan tingkat keterampilan komputasi statistik mahasiswa, secara klasikal indikator yang dirumuskan semuanya tuntas, sedangkan tingkat keterampilan komputasi statistik mahasiswa adalah baik, hal ini ditunjukkan dari berbagai aktivitasnya dalam mengoperasikan program SPSS untuk menganalisis data statistik.
Kata kunci : Desain  Pembelajaran dan Perangkat Pembelajaran
 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 2, 2020
How to Cite
KARIADINATA, Rahayu. Pengembangan Desain dan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Statistik Penelitian Pendidikan Pada Prodi Pendidikan Matematika UIN Bandung. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, apr. 2020. ISSN 2722-7219. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2361>. Date accessed: 29 june 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/pjme.v1i1.2361.
Section
Articles