Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar melalui pendekatan methaporical thinking dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Selain itu, dikaji juga aktivitas guru dan siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan methaporical thinking. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Rancaekek dengan sampelnya diambil secara acak dua kelas, satu kelas diberikan perlakuan dengan pembelajaran methaporical thinking dan kelas yang satunya lagi dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematis serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data menggunakan metode Mixed Method Embedded. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui pendekatan metaphorical thinking lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional ditinjau secara keseluruhan; (2) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui pendekatan metaphorical thinking lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional ditinjau secara KAM.

Keywords

KAM Methaporical Thinking Penalaran Matematis

Article Details

How to Cite
Malik, R. F. (2017). Pendekatan Methaporical Thinking Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), 7(1), 45–60. https://doi.org/10.23969/pjme.v7i1.2702

References

  1. Bell, F.H. (1978). Teaching and Learning Mathematics (In Secondary School). Amerika: Wm. C. Brown Company Publisher.
  2. Dogan-Dunlap, H. (2007) Reasoning with Metaphors and Constructing an Understanding of The Mathematical Function Concept. Dalam Woo, J.H., Lew, H. C., Park, K. S., & Seo, D. Y. (Eds). Proceedings of the 31st Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education. Vol. 2, pp. 209-216.
  3. Hendriana, H. (2009). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran dengan Menggunakan Pendekatan Methaporical Thinking. Disertasi PPs UPI. Bandung: Tidak Dipublikasikan.
  4. Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy P., Arora, A. (2012). TIMSS 2011 International Result in Mathematics. Netherlands: IEA.
  5. Nurmayan, E. S. (2015). Penerapan Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep, Spasial Matematis dan Sikap Siswa SMP. Tesis Pada SPS UPI. Bandung : Tidak Diterbitkan.
  6. Saputra, J. (2015). Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan E-Learning dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Dampaknya terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa. Tesis PPs UNPAS. Bandung: Tidak diterbitkan.