Pendekatan Methaporical Thinking Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP

Authors

  • Rena Fadilah Malik

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v5i2.2533

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar melalui pendekatan methaporical thinking dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Selain itu, dikaji juga aktivitas guru dan siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan methaporical thinking. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Rancaekek dengan sampelnya diambil secara acak dua kelas, satu kelas diberikan perlakuan dengan pembelajaran methaporical thinking dan kelas yang satunya lagi dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematis serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data menggunakan metode Mixed Method Embedded. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui pendekatan metaphorical thinking lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional ditinjau secara keseluruhan; (2) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui pendekatan metaphorical thinking lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional ditinjau secara KAM.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-05-01