Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Afrilia, D., Mustalifah, & Ramadanniya, D. N. (2023). Pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa tadris matematika uin fatmawati sukarno bengkulu. Journal Numeracy, 10(2), 120–133. https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy
- Alifa, I., Rachmani, N., & Nino, D. (2023). Kajian Teori: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Self-Efficacy pada Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. 6, 314–318. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/ ISSN
- Faoziyah, N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 2099–2108. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5779
- Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Minat Belajar? 3(2), 141–148.
- Hidayat, R., Wahyudin, W., Jailani, J., & Setiadi, B. R. (2020). Improving Elementary Students Mathematical Reasoning Abilities Through Sociohumanistic-Based Learning. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(4), 1457–1469. https://doi.org/10.17478/jegys.750033
- Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Adversity Quotient Siswa Smp Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118.
- Huang, W. Y., & Yang, C. C. (2018). The effect of discovery learning and peer collaboration strategy on learning achievement and intrinsic motivation. Journal of Educational Technology & Society, 21(1), 1–12. https://www.jstor.org/stable/26544112
- Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran. PT. Refika Aditama.
- Ismail, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek “Project Based Learning” Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X IPA SMA Negeri 35 Halmahera Selatan Pada Konsep Gerak Lurus”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 256–259. https://doi.org/10.5281/zenodo.6466594
- Istidah, A., Suherman, U., & Holik, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Tentang Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Metode Discovery Learning. www.jurnal.penerbitwidina.com
- Nugraha, D. A., & Wulansari, T. (2023). Analisis Peningkatan Prestasi Belajar dan Self-efficacy Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Model Discovery Learning. 13(1), 68–82. https://doi.org/10.23969/pjme.v13i1.7376
- OECD. (2019). PISA 2018 RESULTS. PISA 2009 at a Glance, I: Vol. I. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en.
- Priska, J., Rahmawati, E., & Utomo, S. (2020). Pengaruh Self Efficacy , Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap. Jurnal Bisnis Dan Pembangunan, 9(1), 83–98.
- Sinaga, T. A. B. (2021). Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X.IIS.2 SMA Negeri 3 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019. 1(1), 64–73.
- Sopari, Y. W., Daniarsa, Y., & Ulfatushiyam, N. (2022). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Komunikasi Matematis, Efikasi Diri Matematis. Pasundan Journal of Mathematics Education, 12(1), 60–75. https://doi.org/10.23969/pjme.v12i1.5278
- Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis An Analysis of Mathematics Problem-solving Ability and Self-Efficacy Students of Junior High School in Ciamis Regency. 4(2), 166–175.
- Zakiyah, K., & Yusritawati, I. (2023). Penerapan PBL melalui Mathematical Modelling untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Efficacy Siswa. 13(1), 45–55. https://doi.org/10.23969/pjme.v13i1.7481
References
Afrilia, D., Mustalifah, & Ramadanniya, D. N. (2023). Pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa tadris matematika uin fatmawati sukarno bengkulu. Journal Numeracy, 10(2), 120–133. https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy
Alifa, I., Rachmani, N., & Nino, D. (2023). Kajian Teori: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Self-Efficacy pada Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. 6, 314–318. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/ ISSN
Faoziyah, N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 2099–2108. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5779
Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Minat Belajar? 3(2), 141–148.
Hidayat, R., Wahyudin, W., Jailani, J., & Setiadi, B. R. (2020). Improving Elementary Students Mathematical Reasoning Abilities Through Sociohumanistic-Based Learning. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(4), 1457–1469. https://doi.org/10.17478/jegys.750033
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Adversity Quotient Siswa Smp Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118.
Huang, W. Y., & Yang, C. C. (2018). The effect of discovery learning and peer collaboration strategy on learning achievement and intrinsic motivation. Journal of Educational Technology & Society, 21(1), 1–12. https://www.jstor.org/stable/26544112
Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran. PT. Refika Aditama.
Ismail, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek “Project Based Learning” Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X IPA SMA Negeri 35 Halmahera Selatan Pada Konsep Gerak Lurus”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 256–259. https://doi.org/10.5281/zenodo.6466594
Istidah, A., Suherman, U., & Holik, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Tentang Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Metode Discovery Learning. www.jurnal.penerbitwidina.com
Nugraha, D. A., & Wulansari, T. (2023). Analisis Peningkatan Prestasi Belajar dan Self-efficacy Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Model Discovery Learning. 13(1), 68–82. https://doi.org/10.23969/pjme.v13i1.7376
OECD. (2019). PISA 2018 RESULTS. PISA 2009 at a Glance, I: Vol. I. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en.
Priska, J., Rahmawati, E., & Utomo, S. (2020). Pengaruh Self Efficacy , Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap. Jurnal Bisnis Dan Pembangunan, 9(1), 83–98.
Sinaga, T. A. B. (2021). Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X.IIS.2 SMA Negeri 3 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019. 1(1), 64–73.
Sopari, Y. W., Daniarsa, Y., & Ulfatushiyam, N. (2022). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Komunikasi Matematis, Efikasi Diri Matematis. Pasundan Journal of Mathematics Education, 12(1), 60–75. https://doi.org/10.23969/pjme.v12i1.5278
Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis An Analysis of Mathematics Problem-solving Ability and Self-Efficacy Students of Junior High School in Ciamis Regency. 4(2), 166–175.
Zakiyah, K., & Yusritawati, I. (2023). Penerapan PBL melalui Mathematical Modelling untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Efficacy Siswa. 13(1), 45–55. https://doi.org/10.23969/pjme.v13i1.7481