Main Article Content

Abstract

 Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah serta motivasi belajar siswa setelah implementasi pendekatan Science Technology Engineering and Mathematics (STEM). Selain itu, dikaji juga aktivitas guru dan siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan Pendekatan Science Technology Engineering and Mathematics (STEM). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 1 Haurwangi Kabupaten Cianjur tahun pelajaran 2017/2018. Dengan sampelnya diambil secara acak dua kelas, satu kelas diberikan perlakuan dengan pendekatan Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) dan kelas yang satunya lagi dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah, lembar ahli media, lembar observasi aktivitas siswa disertai angket motivasi belajar. Analisis data menggunakan metode  Mixed Method Embedded. Data yang digunakan untuk menguji perbedaan rata-rata uji t atau uji mann whitney dan deskripsi. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa  (1) proses perancangan dan mengembangkan alat STEM menghasilkan produk yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang mendapatkan implementasi pendekatan STEM  lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; (3) respon positif terhadap pembelajaran Matematika dengan menggunakan pendekatan STEM

Keywords

Pengembangan, Pendekatan, Science Technology Engineering and Mathematics (STEM), kemampuan pemecahan masalah

Article Details

How to Cite
., D., Mubarika, M. P., & Yaniawati, R. P. (2020). Implementasi pendekatan Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMK. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 56–67. https://doi.org/10.23969/pjme.v9i2.2713

References

  1. Abidin, Yunus (2014) Desain Sistem Pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Bandung : Refika Aditama
  2. Creswell, John W.(2014). Research Design pendekatatn kualitiatif kuantitatif dan mixed.Yogyakarta : Pustaka Pelajar
  3. Harjanto,(2011). Perencanaan Pembelajaran . Jakarta : Rineka Cipta
  4. Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontektual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta : Ghalia Indonesia
  5. Ismayani, A.(2016). Pengaruh Penerapan STEM Project-Based Learning Terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK.. Indonesia Digital Journal of Mathematic and education Vol 3 Nomor 4 tahun 2016.
  6. Kafyulilo A, et All. (2015) Factors affecting teachers’ continuation of technology. International jurnal Educ inf Technol(2016) DOI.10.1007/s1063-015-9398-0 Springerlink.com
  7. Kosasih, E.(2014). Strategi Belajar dan pengajaran implementasi kurikulum 2013. Bandung : Yrama Widya
  8. Kuenzi,J.J(2008). Science Technology, Enggineering and Mathematics (STEM) Education : Background, federal policy, and legislative action. Congressional Research Service report for Congres
  9. Lestari, I. F. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman Dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (Stem) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
  10. Mayasari, tantri (2014). Pengaruh Pembelajaran Terintegrasi Science, Technologi, Engineering Mathematic pada hasil belajar peserta didik.[online] diakses melalui https://tantrifisikaku.files.wordpress.com/2015/07/e09_makalah-tantri-mayasari.pdf [25Juli 2017]
  11. Marra et al.(2016). Beyond”group Work”: an integrated approach to support collaboration engineering education. International journal of STEM (2016) 3:17
  12. Papalia ,Diane E & Feldman (2014). Perkembangan Manusia Jakarta : Salemba Humanika
  13. Permatasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 2016 | 23 . Guru Besar Bidang Pendidikan Kimia UPI, Bandung.
  14. Ronald Rockland, et all, (2010). Advancing The “E”In K-12 STEM Educations. Electronic the journals of technology: volume 36 no.1
  15. Septiani, (2016). Penerapan Asesmen Kinerja Dalam Pendekatan STEM (Sains Teknologi Engineering Matematika) Untuk Mengungkap Keterampilan Proses Sains. [Online]. Tersedia: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/7985/96.pdf?sequence=1 [25 Juli 2017]
  16. Tawil, Muh & Liliasari (2013). Berpikir kompleks dan Implementasinya dalam pembelajaran IPA. Makasar : Badan Penerbit UNM