Implementasi pendekatan Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMK

  • Dadang .
  • Melinda Putri Mubarika
  • R Poppy Yaniawati

Abstract

 Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah serta motivasi belajar siswa setelah implementasi pendekatan Science Technology Engineering and Mathematics (STEM). Selain itu, dikaji juga aktivitas guru dan siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan Pendekatan Science Technology Engineering and Mathematics (STEM). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 1 Haurwangi Kabupaten Cianjur tahun pelajaran 2017/2018. Dengan sampelnya diambil secara acak dua kelas, satu kelas diberikan perlakuan dengan pendekatan Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) dan kelas yang satunya lagi dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah, lembar ahli media, lembar observasi aktivitas siswa disertai angket motivasi belajar. Analisis data menggunakan metode  Mixed Method Embedded. Data yang digunakan untuk menguji perbedaan rata-rata uji t atau uji mann whitney dan deskripsi. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa  (1) proses perancangan dan mengembangkan alat STEM menghasilkan produk yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang mendapatkan implementasi pendekatan STEM  lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; (3) respon positif terhadap pembelajaran Matematika dengan menggunakan pendekatan STEM

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 31, 2020
How to Cite
., Dadang; MUBARIKA, Melinda Putri; YANIAWATI, R Poppy. Implementasi pendekatan Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMK. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 56-67, may 2020. ISSN 2089-2055. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2713>. Date accessed: 23 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.5035/pjme.v9i2.2713.
Section
Articles