Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik dan dampaknya pada kecerdasan emosional  siswa dalam pembelajaran matematika  melalui metode pembelajaran masalah. Selain itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahi aktifitas siswa dalam pembelajaran matematika deng mengguanakan metode pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen dan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain kelompok kontrol tidak ekuivalen (the nonequivalent control design). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa  MTs Negeri Mandalawangi, sampel sebanyak dua kelas yaitu VIII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Insnstrumen tes berupa soal-soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik; 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang kecerdasan emosional tinggi dan rendah menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematika dan kecerdasan emosinal siswa; 4) Aktivitas siswa meningkat dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah

Keywords

pembelajaran berbasis masalah, kecerdasan emosional, aktivitas siswa

Article Details

How to Cite
Fuadi, D. N. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Berdasarkan Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.23969/pjme.v5i1.2517

References

  1. Amir M.T. (2009).
  2. Inovasi Pendidikan
  3. Melalui Problem Based
  4. Learning
  5. . Jakarta: Prenada
  6. Media Group
  7. A
  8. ri
  9. kunto, S.
  10. (2006).
  11. Prosedur
  12. Penelitian
  13. .
  14. Jakarta
  15. :
  16. Rieneka
  17. C
  18. ipta
  19. Asyirin
  20. t, G. (2010). Langkah
  21. Cerdas
  22. Menjadi Guru Sejati Berprestasi
  23. .
  24. Yogyakarta
  25. : Bahtera Buku
  26. C
  27. azzola, M. (2008).
  28. Problem
  29. -
  30. Based
  31. Lea
  32. rn
  33. ing And Mathematics:
  34. Possible
  35. Synergical Actions
  36. ;
  37. Universit
  38. ‘a degli Studi di
  39. Milano
  40. -
  41. Bicocca Milano Italy
  42. Chaplin, J.P. (2001).
  43. Kamus Lengkap
  44. Psikologi
  45. . Jakarta : PT. Raja
  46. Grafindo Persada
  47. D
  48. epdiknas Kurikulum Tingkat Satuan
  49. Pendidik (KTSP).
  50. Tujuan
  51. Pendidikan Matematika
  52. . Badan
  53. St
  54. a
  55. ndar Nasional Pendidikan
  56. (BSNP)
  57. Goleman, D. (2005).
  58. Ke
  59. cerdasan
  60. Emosional
  61. ; alih bahasa, T.
  62. Hermaya. Jakarta : Gramedia
  63. Pustaka Utama
  64. Habibi, Yusuf. (2009).
  65. Pengaruh
  66. Kecerdasan Emosional Terhadap
  67. Kemandirian Belajar Siswa
  68. Jurusan IPS MA Al
  69. -
  70. Hidayah
  71. Wajak Malang
  72. . Skripsi pada
  73. Fakultas Tarbiyah UIN Malang
  74. Hasratud
  75. din. (2010).
  76. Peningkatan
  77. Kemampuan Berpikir Kritis
  78. Siswa
  79. . Jurnal Pendidikan
  80. Matematika Volume 4. No 2
  81. Desember 2010
  82. Indrawan, R dan Yaniawati, P. (2014).
  83. Metodologi Penelitian
  84. Kuantitatif, Kualitatif, dan
  85. Campuran untuk Manajemen,
  86. Pembangunan, dan Pendidik
  87. an.
  88. Refika Aditama. Bandung.
  89. Karyati, T. (2008).
  90. Pengaruh
  91. Kecerdasan Emosional Terhadap
  92. Prestasi Belajar Matematika
  93. Siswa Kelas X SMAN 1
  94. Tegalwaru Purwakarta.
  95. Skripsi
  96. pada FKIP UNPAS. UNPAS
  97. Bandung : Tidak Diterbitkan.
  98. Diki
  99. Najib Fuadi
  100. , P
  101. eningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik
  102. Berdasarkan
  103. Kecerdasan Emosional Siswa Melalui
  104. Pembelajaran Berbasis Masalah
  105. Meltzer, D.E. (2002).
  106. The Relatiship
  107. Between Mathematics
  108. Preparations And Conceptual ln
  109. Pearning Gains in Physics: A
  110. Possible “Hidden Varible” in
  111. Diagnostic Pretest Scores.
  112. Journal of am J Phys. 70 (12).
  113. Nasution, S. (2005).
  114. Berbagai
  115. Pendekatan Dalam Proses
  116. Belajar & Mengajar.
  117. Jakarta
  118. :
  119. Bumi Aksara
  120. National Council of Teacher of
  121. Mathematics
  122. (NCTM). (2000).
  123. Virginia Principles and Standars
  124. for School Mathematics.
  125. Reston
  126. VA : The National Council of
  127. Teachers of Mathematics Inc
  128. Nurfaizin,
  129. Luqman. (2007).
  130. Hubungan
  131. Kecerdasan Emosi Dengan
  132. Mo
  133. tivasi Berprestasi Mahasiswa
  134. Fakultas Psikologi UIN Malang
  135. .
  136. Skripsi pada Fakultas Psikologi
  137. UIN Malang
  138. Octaviani. (2009).
  139. Hubungan Antar
  140. Kecerdasan Emosional Dengan
  141. Prestasi Belajar Matematika
  142. Siswa SMP Negeri 1
  143. Buluspesantren
  144. . Skripsi pada
  145. Program Studi Pendidikan
  146. Matematika FKIP Universitas
  147. Muhammadiyah Purworejo
  148. Ratna
  149. ningsih, N. (2006).
  150. Belajar
  151. Berbasis Masalah (Problem
  152. Based Learning)
  153. . Makalah
  154. Seminar Pendidikan Matematika
  155. : PSPM FKIP UNSIL. Tidak
  156. Diterbitkan
  157. Rosdianwina
  158. ti, E. (2014).
  159. Penerpana
  160. Metode Discovery Untuk
  161. Meningkatkan Pemecahan
  162. Masalah Matematika dan
  163. Dampaknya Pada Kecerdasan
  164. Emosional Sosial
  165. . Skripsi pada
  166. MPM Pascasarjana Unpas.
  167. Unpas Bandung
  168. Russefendi, E. T. (2005).
  169. Dasar
  170. -
  171. dasar
  172. Penelitian Pendidikan dan
  173. Bid
  174. ang Non Eksakta Lainnya
  175. .
  176. Bandung : Tarsito
  177. Russefendi, E. T. (2006).
  178. Pengantar
  179. Kepada Membantu Guru
  180. Mengembangkan Kompetensinya
  181. Dalam Pengajaran Matematika
  182. Untuk Meningkatkan CBSA
  183. .
  184. Bandung : Tarsito
  185. Sanjaya, W. (2010).
  186. Strategi
  187. Pembelajaran: Berorientasi
  188. S
  189. tandar Proses Pendidikan
  190. .
  191. Jakarta : Prenada Media Group
  192. Simorangkir, F. (2013).
  193. Perbedaan
  194. Kemampuan Pemecahan
  195. Masalah Matematis dan Berpikir
  196. Kritis Siswa Yang Diajar Dengan
  197. Pembelajaran Berbasis Masalah
  198. dan Pembelajaran Konvensional
  199. .
  200. Tesis Unimed : tidak d
  201. iterbitkan
  202. Sugiyono. (2013).
  203. Statistik Untuk
  204. Penelitian
  205. . Bandung : Alfabeta
  206. Wipperman, J. (2007).
  207. Meningkatkan
  208. Kecerdasan Emosional
  209. . Jakarta :
  210. Prestasi Pusta
  211. ka