Meningkatkan Kemampuan Representasi, Disposisi Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Teknik Mind Map

Authors

  • Dini Andiani

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v6i2.2652

Keywords:

Kemampuan representasi matematis, disposisi matematis, pembelajaran berbasis masalah, teknik mind map

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen untuk mengetahui bagaimana kemampuan representasi dan disposisi matematis siswa akibat penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan Teknik Mind Map. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI suatu Madrasah Aliyah Negeri, yang berjumlah 58 orang. Dari dua kelas penelitian, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan diberi pembelajaran berbasis masalah dengan Teknik Mind Map, sedangkan satu kelas lain sebagai kelas kontrol dan diberi pembelajaran biasa. Pengolahan data menggunakan Uji Independent Sample t-Test, Wann Whitney U dan Uji Kruskal Wallis. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Kemampuan representasi matematis siswa, setelah mendapatkan pembelajaran berbasis masalah dengan Teknik Mind Map lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa; (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis antara siswa kelompok PAM (tinggi, sedang dan rendah) yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dengan Teknik Mind Map; (3) Peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dengan Teknik Mind Map sama dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (4) Tidak terdapat perbedaan peningkatan disposisi matematis antara siswa kelompok PAM yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dengan Teknik Mind Map.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (1997). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Butler, N. (2014). Learn, Teach and Plan Your Work with The Help of Mind Mapping (http://www.pharmaceutical-journal.com/publications/previous-issues/cp-june-2014/learn-teach-and-plan-your-work-with-the-help-of-mind-mapping/11133539.article) diunduh 27 januari 2015

Buzan, T. (2007). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Cai, Lane, Jacabcsin (1996). “Assesing Students’ mathematical communication”. Official Journal of Science and Mathematics. 96(5).

Darhim. (2003). Pengaruh Pembelajaran Matematika Kontekstual Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Siswa Sekolah Dasar Kelas Awal dalam Matematika. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Davies, M. (2010). Concept mapping, mind mapping and argument mapping: what are the differences and do they matter? Higher Education. DOI 10.1007/s10734-010-9387-6.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

Dewanto, S. (2007). Meningkatkan Kemampuan Representasi Multiple Matematis melalui Belajar Berbasis Masalah. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Elliot, C. and Kenney, M.J. (1996). Communication in Mathematics, K-12 and Beyond. Reston Va: NCTM.

Evrekli, E., İnel, D, and. Balım, A. G. (2011). A Research on the Effects of Using Concept Cartoons and Mind Maps in Science Education. Necatibey Faculty of Education Electronic Journal of Science and Mathematics Education Vol. 5, Issue 2, December 2011, hlm. 58-85.

Herman, T. (2006). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Hudiono, B. (2005). Peran Pembelajaran dikursus Multi Representasi terhadap Pengembangan Kemampuan Matematika dan Daya Representasi pada Siswa. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Hwang. et.al. (2007). Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard Sistem. Educational Technology & Society Journal.10 (2), hlm. 191-212

Jones, B. D., Ruff, C., Snyder, J. D., Petriche, B., Koonce, C. (2012). The Effects of Mind Mapping Activities on Students’ Motivation. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning. Volume 6, No.1 (Januari 2012). ISSN 1931-4744 Georgia Southern University.

Joyce, B., Well, M. and Showers, B. (1992). Models of Teaching. USA: Simon & Schuster.

Kilpatrick, J. et al. (2001). The Standars of Mathematical Proficiency. Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington DC: National Academy Press.

Kurniawati, W. Y. (2012). Mind Map sebagai Alternatif Inovasi Pembelajaran Biologi. Edu-Bio. Volume 3, tahun 2012.

Mahmudi, A. (2010). Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis. Disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 17 April 2010, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics.Reston. Va.:NCTM.

Richard I.Arends (2012). Learning To Teach. Edisi ke-sembilan. New York: McGraw-Hill Company.

Riswanto. & Putra, P.P. (2012). The Use of Mind Mapping Strategy in the Teaching of Writing at SMAN 3 Bengkulu, Indonesia. International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 2 No. 21, November 2012.

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari Vol. 01 No. 2 Januari – Juni 2014, hlm. 33-44.

Setiawati, E, (2005). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik melalui Teknik SQ4R dan Peta Konsep Siswa Madrasah Aliyah Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Setiawati, E, (2014). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis, Kreatif, dan Habits of Mind Matematis melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suherman, E., Turmudi., Suryadi, D., Herman, T., Suhendra., Prabawanto, S. et al. (2003). Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumarmo, U. (2011). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Cimahi: STKIP Siliwangi Bandung.

Sumarmo, U. (2014). Pengembangan Hard Skill dan Soft Skill Matematik bagi guru dan Siswa untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, hlm. 4-15, Cimahi: STKIP Siliwangi Bandung.

Suryaningrat, E.F. (2014). Peningkatan Kemampuan Penalaran, Representasi, dan Disposisi Matematis Siswa SMP Negeri melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Yoga, D. (2008). Aplikasi Real-time Buzan Mind Mapping. Indomindmap® Learning Center – ILC. Applied RT-MM pdf.

Published

2020-05-26