Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan STEM Berbasis PBL

Authors

  • Nina Faoziyah Politeknik Muhammadiyah Tegal

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v11i1.3942

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, PBL, STEM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X-Multimedia 1 SMK Muhammadiyah Kota Tegal melalui penerapan pendekatan STEM berbasis PBL pada materi trigonometri. Dalam Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-Multimedia 1 SMK Muhammadiyah Kota Tegal tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan  data meliputi wawancara, observasi, tes kemampuan pemecahan masalah, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian tentang penerapan pendekatan STEM berbasis PBL adalah sebagai berikut: persentase ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada siklus kesatu berada pada kriteria tinggi yaitu 81,25%, pada siklus kedua mengalami penurunan dengan kriteria kurang yaitu 46,875% dan pada siklus ketiga mengalami peningkatan dengan kriteria Cukup yaitu 75%.  Hasil  penelitian, menunjukkan bahwa penerapan pendekatan STEM berbasis PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X-Multimedia 1 SMK Muhammadiyah Kota Tegal pada tahun ajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Firman, H. 2016. Pendidikan Stem Sebagai Kerangka Inovasi Pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa Dalam Era Masyarakat Ekonomi Asean Stem. Prosiding Seminar Nasional Kimia Dan Pembelajarannya, September.

Husnidar, Ikhsan, M., dan Rizal, S. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa. [Online] Tersedia: http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/download/1340/1221

Instutute of Education Science. 2015. TIMSS 2015 assessment framework. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center, Lynch School of Education.

Ismayani, A. 2016. Pengaruh penerapan STEM project- based learning terhadap kreativitas matematis siswa SMK. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3(4), 264–272. https://doi.org/2407-8530

Kelley, T.R. dan Knowles, J.G. 2016. A Conceptual Framework for Integrated STEM Education. International Journal of STEM Education. Springer.

Lachner, A., Weinhuber, M., & Nuckles, M. (2019). To Teach or Not to Teach The Conceptual Structure of Mathematics? Teacher Undervalue The Potential of Principle-Oriented Explanations. Contemporary Educational Psychology, 58(March), 175-185. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.03.008

Nadhifah, G. & Afriansyah E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry. Jurnal “Mosharafa”, Vol.5, No.1, 33-44.

OECD. 2015. PISA 2015 results in focus. Paris: OECD.

Shepherd, M. D., & Van de Sande, C. C. (2014). Reading Mathematics for Understanding-From Novice to Expert. Journal of Mathematical Behavior, 35, 74-86. http://doi.org/10.1016/j.jmathb.2014.06.003

Tsai, H. Y., Chung, C. C., & Lou, S. J. 2018. Construction and development of iSTEM learning model. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(1), https://doi.org/10.12973/ejmste/78019

Utami,T.N., Jatmiko, A., dan Suherman. 2018. Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. [Online]. Tersedia: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index

Zaozah, E.S., Maulana, M., dan Djuanda, D. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Problem-Based Learning (PBL). [Online].Tersedia: http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/download/11214/6836

Downloads

Published

2021-06-02