Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Agustina, Y., Mutaqin, E. J., & Nurjamaludin, M. (2022). Pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan literasi numerasi. Caxra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 142-149. https://doi.org/10.31980/caxra.v2i2.1982.
- Ayunis & Belia, S. (2021). Pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap perkembangan literasi matematika siswa di sekolah dasar. Jurnalbasicedu, 5(6), 5363-5369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1508.
- Budiono & Wardono. (2014). PBM berorientasi PISA berpendekatan PMRI bermedia LKPD meningkatkan literasi matematika peserta didik SMP. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3), 211-219. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/4487/4141.
- Das, K. (2020). Realistic mathematics & Vygotsky’s theories in mathematics education. Shanlax, 9(1), 104-108. https://doi.org/10.34293/.
- Firdaus, F. M., Afani, A. S., Utami, N.N., & Mega, R. A. (2022). Pengaruh model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 6(1), 32-49. http://dx.doi.org/10.32934/jmie.v6i1.399.
- Gee, E. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematika melalui alur belajar berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Education and Development, 7(3), 269-277. https://doi.org/10.37081/ed.v7i3.1267.
- Hadi, S. & Zaidah, A. (2021). Analisa kemampuan literasi numerasi dan self-efficacy siswa madrasah dalam pembelajaran matematika realistik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(7), 300-310. https://doi.org/10.5281/zenodo.5716119.
- Haji, S. (2020). Model bahan ajar matematika SMA berbasis Realistic Mathematics Education untuk mendukung pencapaian tujuan pengajaran matematika SMA di Provinsi Bengkulu. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), 2(1), 1-23. https://doi.org/10.23969/pjme.v2i1.2454.
- Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., Ramadhan, H., Rawamangun, J., Raya, M., Rw, R. T., Gadung, K. P., & Timur, K. J. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/PIP.342.9.
- Imran, A. P., Kadir, & Anggo, M. (2017). Analisis literasi matematik dan keyakinan matematik siswa SMAN negeri di kota Kediri. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 159-168. Diambil dari https://dx.doi.org/10.36709/jpm.v8i2.5984.
- Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya literasi matematika dan berpikir kritis matematis dalam menghadapi abad ke-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(2019), 905-910. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305/12924.
- Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
- Mahdiansyah, & Rahmawati. (2014). Literasi matematika siswa pendidikan menengah: analisis menggunakan desain tes internasional dengan konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 452-469. https://dx.doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.158.
- Maryanti, E. (2012). Peningkatan literasi matematis siswa melalui pendekatan Metacognitive Guidance. Skripsi tidak dipublikasikan, Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia.
- Masfufah, R. & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825.
- Muzaki, A. & Masjudin. (2019). Analisis kemampuan literasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493-502. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557.
- Norliyana. (2019). Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kertak Hanyar pada materi pecahan. Theta: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 68-74. Diambil dari https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/418.
- OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analitycal Framework. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en.
- OECD. (2019). PISA 2018 Result. Diambil dari https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf.
- Permendikbud Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. (2006). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
- Ramadhani, L., Johar, R., & Ansari, B. I. (2021). Kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari keterlibatan siswa melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Axiom, 10(1), 68-84. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8825.
- Ridha, F., Suharti, Halimah, A., & Nur, F. (2021). Efektivitas penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(2), 205-214. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.8378.
- Rizkiani, A., & Septian, A. (2019). Kemampuan metakognitif siswa SMP dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 275-284. https://doi.org/10.30738/union.v7i2.4557.
- Sofyan, I., Setiani, Y., & Rafianti, I. (2021). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan video berbasis kontekstual. Wilangan, 2(2), 59-72. http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v2i2.11668.
- Sudi, W., Jafar, Kadir, & Salim. (2022). Efektivitas pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap literasi matematika siswa. Jurnal Aman Pendidikan, 3(2), 160-171. http://doi.org/10.36709/japend.v3i2.
- Utami, W., & Ilyas, M. (2019). Penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palopo. Pedagogy, 4(2), 86-96. http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1447.
- Widianti, W. & Hidayati, N. (2021). Literasi matematis siswa SMP pada materi segitiga dan segi empat. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(1), 27-35. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.27-38.
- Wigati, T., Wardono, W., & Purwanti, E. (2020). Analysis of mathematical literacy skills through PMRI approaches of elementary school students. Journal of Primary Education, 9(3), 303-310. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i3.39212.
- Yuberta, K. R., Nari, N., & Gustia, E. (2020). Kemampuan literasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving. Jurnal Saintika Unpam : Jurnal Sains dan Matematika Unpam, 3(1), 68-80. http://dx.doi.org/10.32493/jsmu.v3i1.6269.
- Yudiawati, N., Kusmawati., Trisaputri, F., & Sari, N. M. (2021). Analisis kemampuan literasi matematik dan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau berdasarkan gender melalui pembelajaran Reciprocal Teaching. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), 11(1), 65-77. https://doi.org/10.23969/pjme.v11i1.3691.
- Yuniati, I., Juhana, A., Sudirman, Son, A. L., & Gunadi, F. (2020). Bagaimanakah literasi matematika siswa sekolah menengah pertama pada materi relasi dan fungsi? : exploratory case study. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 66-74. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i1.556.
References
Agustina, Y., Mutaqin, E. J., & Nurjamaludin, M. (2022). Pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan literasi numerasi. Caxra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 142-149. https://doi.org/10.31980/caxra.v2i2.1982.
Ayunis & Belia, S. (2021). Pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap perkembangan literasi matematika siswa di sekolah dasar. Jurnalbasicedu, 5(6), 5363-5369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1508.
Budiono & Wardono. (2014). PBM berorientasi PISA berpendekatan PMRI bermedia LKPD meningkatkan literasi matematika peserta didik SMP. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3), 211-219. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/4487/4141.
Das, K. (2020). Realistic mathematics & Vygotsky’s theories in mathematics education. Shanlax, 9(1), 104-108. https://doi.org/10.34293/.
Firdaus, F. M., Afani, A. S., Utami, N.N., & Mega, R. A. (2022). Pengaruh model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 6(1), 32-49. http://dx.doi.org/10.32934/jmie.v6i1.399.
Gee, E. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematika melalui alur belajar berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Education and Development, 7(3), 269-277. https://doi.org/10.37081/ed.v7i3.1267.
Hadi, S. & Zaidah, A. (2021). Analisa kemampuan literasi numerasi dan self-efficacy siswa madrasah dalam pembelajaran matematika realistik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(7), 300-310. https://doi.org/10.5281/zenodo.5716119.
Haji, S. (2020). Model bahan ajar matematika SMA berbasis Realistic Mathematics Education untuk mendukung pencapaian tujuan pengajaran matematika SMA di Provinsi Bengkulu. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), 2(1), 1-23. https://doi.org/10.23969/pjme.v2i1.2454.
Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., Ramadhan, H., Rawamangun, J., Raya, M., Rw, R. T., Gadung, K. P., & Timur, K. J. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/PIP.342.9.
Imran, A. P., Kadir, & Anggo, M. (2017). Analisis literasi matematik dan keyakinan matematik siswa SMAN negeri di kota Kediri. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 159-168. Diambil dari https://dx.doi.org/10.36709/jpm.v8i2.5984.
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya literasi matematika dan berpikir kritis matematis dalam menghadapi abad ke-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(2019), 905-910. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305/12924.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Mahdiansyah, & Rahmawati. (2014). Literasi matematika siswa pendidikan menengah: analisis menggunakan desain tes internasional dengan konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 452-469. https://dx.doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.158.
Maryanti, E. (2012). Peningkatan literasi matematis siswa melalui pendekatan Metacognitive Guidance. Skripsi tidak dipublikasikan, Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia.
Masfufah, R. & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825.
Muzaki, A. & Masjudin. (2019). Analisis kemampuan literasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493-502. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557.
Norliyana. (2019). Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kertak Hanyar pada materi pecahan. Theta: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 68-74. Diambil dari https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/418.
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analitycal Framework. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en.
OECD. (2019). PISA 2018 Result. Diambil dari https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf.
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. (2006). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Ramadhani, L., Johar, R., & Ansari, B. I. (2021). Kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari keterlibatan siswa melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Axiom, 10(1), 68-84. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8825.
Ridha, F., Suharti, Halimah, A., & Nur, F. (2021). Efektivitas penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(2), 205-214. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.8378.
Rizkiani, A., & Septian, A. (2019). Kemampuan metakognitif siswa SMP dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 275-284. https://doi.org/10.30738/union.v7i2.4557.
Sofyan, I., Setiani, Y., & Rafianti, I. (2021). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan video berbasis kontekstual. Wilangan, 2(2), 59-72. http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v2i2.11668.
Sudi, W., Jafar, Kadir, & Salim. (2022). Efektivitas pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap literasi matematika siswa. Jurnal Aman Pendidikan, 3(2), 160-171. http://doi.org/10.36709/japend.v3i2.
Utami, W., & Ilyas, M. (2019). Penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palopo. Pedagogy, 4(2), 86-96. http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1447.
Widianti, W. & Hidayati, N. (2021). Literasi matematis siswa SMP pada materi segitiga dan segi empat. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(1), 27-35. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.27-38.
Wigati, T., Wardono, W., & Purwanti, E. (2020). Analysis of mathematical literacy skills through PMRI approaches of elementary school students. Journal of Primary Education, 9(3), 303-310. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i3.39212.
Yuberta, K. R., Nari, N., & Gustia, E. (2020). Kemampuan literasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving. Jurnal Saintika Unpam : Jurnal Sains dan Matematika Unpam, 3(1), 68-80. http://dx.doi.org/10.32493/jsmu.v3i1.6269.
Yudiawati, N., Kusmawati., Trisaputri, F., & Sari, N. M. (2021). Analisis kemampuan literasi matematik dan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau berdasarkan gender melalui pembelajaran Reciprocal Teaching. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), 11(1), 65-77. https://doi.org/10.23969/pjme.v11i1.3691.
Yuniati, I., Juhana, A., Sudirman, Son, A. L., & Gunadi, F. (2020). Bagaimanakah literasi matematika siswa sekolah menengah pertama pada materi relasi dan fungsi? : exploratory case study. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 66-74. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i1.556.