Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kemampuan literasi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) lebih baik dibandingkan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif quasi experimental dengan bentuk the nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2016/2017 di suatu sekolah menengah pertama di Cianjur yaitu MTs Negeri 6, dipilih 2 kelas yaitu kelas VIII F sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan VIII H sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Setiap kelas memiliki 37 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes tulis kemampuan literasi matematis. Pengolahan data peningkatan literasi matematis menggunakan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan didapatkan bahwa peningkatan kemampuan literasi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) lebih baik dibandingkan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik.

Keywords

Literasi PMR Saintifik Siswa MTs

Article Details

How to Cite
Maulyda, M., & Mudrikah, A. . (2023). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), 13(1), 56–67. Retrieved from https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/7566

References

  1. Agustina, Y., Mutaqin, E. J., & Nurjamaludin, M. (2022). Pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan literasi numerasi. Caxra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 142-149. https://doi.org/10.31980/caxra.v2i2.1982.
  2. Ayunis & Belia, S. (2021). Pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap perkembangan literasi matematika siswa di sekolah dasar. Jurnalbasicedu, 5(6), 5363-5369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1508.
  3. Budiono & Wardono. (2014). PBM berorientasi PISA berpendekatan PMRI bermedia LKPD meningkatkan literasi matematika peserta didik SMP. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3), 211-219. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/4487/4141.
  4. Das, K. (2020). Realistic mathematics & Vygotsky’s theories in mathematics education. Shanlax, 9(1), 104-108. https://doi.org/10.34293/.
  5. Firdaus, F. M., Afani, A. S., Utami, N.N., & Mega, R. A. (2022). Pengaruh model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 6(1), 32-49. http://dx.doi.org/10.32934/jmie.v6i1.399.
  6. Gee, E. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematika melalui alur belajar berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Education and Development, 7(3), 269-277. https://doi.org/10.37081/ed.v7i3.1267.
  7. Hadi, S. & Zaidah, A. (2021). Analisa kemampuan literasi numerasi dan self-efficacy siswa madrasah dalam pembelajaran matematika realistik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(7), 300-310. https://doi.org/10.5281/zenodo.5716119.
  8. Haji, S. (2020). Model bahan ajar matematika SMA berbasis Realistic Mathematics Education untuk mendukung pencapaian tujuan pengajaran matematika SMA di Provinsi Bengkulu. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), 2(1), 1-23. https://doi.org/10.23969/pjme.v2i1.2454.
  9. Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., Ramadhan, H., Rawamangun, J., Raya, M., Rw, R. T., Gadung, K. P., & Timur, K. J. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/PIP.342.9.
  10. Imran, A. P., Kadir, & Anggo, M. (2017). Analisis literasi matematik dan keyakinan matematik siswa SMAN negeri di kota Kediri. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 159-168. Diambil dari https://dx.doi.org/10.36709/jpm.v8i2.5984.
  11. Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya literasi matematika dan berpikir kritis matematis dalam menghadapi abad ke-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(2019), 905-910. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305/12924.
  12. Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
  13. Mahdiansyah, & Rahmawati. (2014). Literasi matematika siswa pendidikan menengah: analisis menggunakan desain tes internasional dengan konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 452-469. https://dx.doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.158.
  14. Maryanti, E. (2012). Peningkatan literasi matematis siswa melalui pendekatan Metacognitive Guidance. Skripsi tidak dipublikasikan, Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia.
  15. Masfufah, R. & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825.
  16. Muzaki, A. & Masjudin. (2019). Analisis kemampuan literasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493-502. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557.
  17. Norliyana. (2019). Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kertak Hanyar pada materi pecahan. Theta: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 68-74. Diambil dari https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/418.
  18. OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analitycal Framework. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en.
  19. OECD. (2019). PISA 2018 Result. Diambil dari https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf.
  20. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. (2006). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
  21. Ramadhani, L., Johar, R., & Ansari, B. I. (2021). Kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari keterlibatan siswa melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Axiom, 10(1), 68-84. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8825.
  22. Ridha, F., Suharti, Halimah, A., & Nur, F. (2021). Efektivitas penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(2), 205-214. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.8378.
  23. Rizkiani, A., & Septian, A. (2019). Kemampuan metakognitif siswa SMP dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 275-284. https://doi.org/10.30738/union.v7i2.4557.
  24. Sofyan, I., Setiani, Y., & Rafianti, I. (2021). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan video berbasis kontekstual. Wilangan, 2(2), 59-72. http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v2i2.11668.
  25. Sudi, W., Jafar, Kadir, & Salim. (2022). Efektivitas pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap literasi matematika siswa. Jurnal Aman Pendidikan, 3(2), 160-171. http://doi.org/10.36709/japend.v3i2.
  26. Utami, W., & Ilyas, M. (2019). Penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palopo. Pedagogy, 4(2), 86-96. http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1447.
  27. Widianti, W. & Hidayati, N. (2021). Literasi matematis siswa SMP pada materi segitiga dan segi empat. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(1), 27-35. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.27-38.
  28. Wigati, T., Wardono, W., & Purwanti, E. (2020). Analysis of mathematical literacy skills through PMRI approaches of elementary school students. Journal of Primary Education, 9(3), 303-310. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i3.39212.
  29. Yuberta, K. R., Nari, N., & Gustia, E. (2020). Kemampuan literasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving. Jurnal Saintika Unpam : Jurnal Sains dan Matematika Unpam, 3(1), 68-80. http://dx.doi.org/10.32493/jsmu.v3i1.6269.
  30. Yudiawati, N., Kusmawati., Trisaputri, F., & Sari, N. M. (2021). Analisis kemampuan literasi matematik dan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau berdasarkan gender melalui pembelajaran Reciprocal Teaching. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), 11(1), 65-77. https://doi.org/10.23969/pjme.v11i1.3691.
  31. Yuniati, I., Juhana, A., Sudirman, Son, A. L., & Gunadi, F. (2020). Bagaimanakah literasi matematika siswa sekolah menengah pertama pada materi relasi dan fungsi? : exploratory case study. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 66-74. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i1.556.