Implementasi Dimensi Connectedness Dalam Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Koneksi Matematis Dan Disposisi Matematis

Authors

  • Melinda Putri Mubarika
  • Eka Firmansyah Universitas Pasundan
  • Lia Yulianie

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v10i1.2443

Keywords:

Dimensi Connectedness, Disposisi Matematis, Koneksi Matematis, Model Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan disposisi matematis siswa melalui implementasi connectedness dari Productive Pedagogies Framework dalam Problem Based Learning.. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan metode kombinasi (mixed methods) dengan desain sequential explanatory. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Bandung dengan jumlah sampel 63 orang  siswa yang terbagi ke dalam kelas VIII – 1 dan kelas VIII-3. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan koneksi matematis, angket disposisi matematis siswa, lembar observasi kegiatan pembelajaran dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji Statistik. Mann Whitney, Rank Spearman. Uji Independent Sample T – Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Implementasi connectedness pada PBL dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis, (2) Implementasi connectedness pada PBL dapat meningkatkan disposisi matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, I. (2014). Pengaruh kecemasan matematika (mathematics Anxiety) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP. [Online]. Diakses dari: http://ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/43/0/

Cresswell. J. W.(2016). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan mixed. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Education Queensland. (2002). A guide to… Productive Pedagogies Classroom reflection manual. Queensland : The State of Queensland (Department of Education).

Fathani, A. H. (2012). Matematika: Hakikat dan logika. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hmelo, S.C.E., & Barrows, H.S. (2006). “Goals and strategies of a Problem Based learning Facilitator”. The Interdisciplinary Journal of Problem-Based learning, 1, (1), 21-39.

Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2014). Metodologi Penelitian. Bandung: Refika Aditama.

Maulaty, R. N. (2014). Mengapa matematika dianggap sulit. (Online). Tersedia:https://www.kompasiana.com/rahayulala/54f677b4a33311e6048b4d86/mengapa-matematika-dianggap-sulit. (26 Juli 2018).

Muhidin, R. (2016). Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa smp dengan model pembelajaran connecting, organizing, replecting, extending (CORE). (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, Virginia: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Padmavathy, R.D., & K., Maresh. (2013). Effectiveness of problem based learning in mathematics. International Multidiciplinary e-Journal, ISSN: 2277-4262, 2 (1), 45-51

Rully Indrawan & Poppy Yaniawati. (2014). Metodologi Penelitian. Bandung.Refika Aditama

Ruseffendi, ET. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Siregar, Nani Restati. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. (Online).

Suhendra. (2015). Reforming mathematics education in Indonesia using the Productive Pedagogies Framework. (Tesis). Doctor of Philosophy, Curtin University.

Suherman, Erman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

Suherman, E. (2010). Belajar dan pembelajaran matematika. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumarmo, U. (2007). “Pembelajaran Matematika”, dalam Rujukan Filsafat, Teori, dan Praksis Ilmu Pendidikan. Bandung: UPI Press.

Warih, P., Parta, I., & Rahardjo, S. (2016). Anlisis kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII pada materi teorema Pythagoras. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajaran (KNPMP 1) (hlm. 377-384). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Downloads

Published

2020-05-29