Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada tingkat Sekolah Menengah Atas. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Cirebon dengan metode quasi eksperimen dengan melibatkan 62 Siswa Kelas XI sebagai sampel. Pemilihan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang dugunakan dalam mengumpulkan data adalah tes essay. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Kemampuan komunikasi matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation  lebih baik dari pada kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensinal. (2) Rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa  yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation lebih tinggi dari rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Keywords

Group Investigation, Kemampuan Komunikasi Matematika

Article Details

How to Cite
Nopriana, T. (2020). Model Group Investigation dan Kemampuan Komunikasi Matematik dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Cirebon. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.23969/pjme.v2i1.2451

References

  1. NCTM. Principles and Standards for School Mathematics. 2009. Reston, VA: Authur
  2. Sharan, Sholomo. 2009. Hanbook of Cooperative Lerning: Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran untuk Memacu Keberhasilam Siswa di Kelas, Yogyakarta: Imperium.
  3. E, Robert. Slavin. 2008. Cooperative Learning. Teori, Riset dan Praktek. Bandung: Nusa media
  4. Zinargo, Daniel. 2008. Group Investigation: Theory and practice . Toronto: Ontario Institute for Studies in Education
  5. Majalah Ilmiah Pendidikan Matematika dan IPA. Volume 8, nomor 1. 2009. Kendari: Jurusan Pendidikan MIPA Universitas Haluoleo Kendari
  6. Prosidinng Seminar Nasional Matematika.. 2007. Permasalahan matematika dan Pendidikan Matematika Terkini. Bandung : UPI
  7. Algoritma. Volume 1, Number 2.2005. Jakarta : CeMED Jur. Pend Matematika UIN Jakarta

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.