Main Article Content

Abstract

Literasi matematis adalah kapasitas individu untuk merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis adalah dengan penerapan model dan pendekatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran Discovery Learning (DL) dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah kelas VIII-I SMPN 13 Bandung yang berjumlah 27 peserta didik. Materi dalam penelitian ini adalah bilangan berpangkat dan bentuk akar. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan observasi. Budaya yang ditunjukkan dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) adalah angklung, batik Mega Mendung, rumah adat Julang Ngapak dan Kue awug. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning (DL) dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik, dilihat dari rata-rata nilai kemampuan literasi matematis pada siklus I sebesar 76,85 lalu pada siklus II 80,00. Pada perhitungan skor N-Gain diperoleh nilai sebesar 0,136 yang memiliki arti bahwa peningkatan kemampuan literasi matematis tergolong rendah.

Keywords

Culturally Responsive Teaching Discovery Learning Literasi Matematis Penelitian Tindakan Kelas

Article Details

How to Cite
Ghifari, M. T., Firmansyah, E., & Rahmah, H. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematis melalui Model Discovery Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 134–150. Retrieved from https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/10020

References

  1. Andika, N. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Dan Disposisi Matematis Peserta Didik (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
  2. Gay, G. (2003). Becoming multicultural educators: Personal journey toward professional agency. San Francisco, CA: Jossey-Bass Publishers
  3. Hapsari, T. (2019). Literasi matematis siswa. Jurnal Euclid, 6(1), 84-94.
  4. Jannah, R. R., Asikin, M., & Zaenuri, Z. (2021). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 227-234.
  5. Kusumadewi, R. F., Ulia, N., & Ristanti, N. (2019). Efektivitas model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan literasi matematika di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(1), 11-16.
  6. Maulyda, M., & Mudrikah, A. (2023). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 56-67.
  7. Nugraha, G., & Supianti, I. I. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 78-87.
  8. OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analitycal Framework. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en.
  9. Pernandes, O., & Asmara, A. (2020). Kemampuan literasi matematis melalui model discovery learning di smp. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 140-147.
  10. Ramadina, I., Dwiarifiyanti, S., Sahrudin, A., & Firmansyah, E. (2019). Pengembangan Metode Discovery Learning Dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Matematika Untuk Menghindari Mind In Chaos Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 108-119.
  11. Sumardyono, Priatna, N., Anggraena, Y. Khikmawati, M.N., Marfuah. (2017). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  12. Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
  13. Wulansari, T., & Nugraha, D. A. (2023). Analisis Peningkatan Prestasi Belajar dan Self-efficacy Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Model Discovery Learning. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 68-82.
  14. Yudiawati, N., Trisaputri, F., & Sari, N. M. (2021). Analisis kemampuan literasi matematik dan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau berdasarkan gender melalui pembelajaran reciprocal teaching. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 65-77.

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.