Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Geogebra

Authors

  • Enung Sri Kania SMPN 1 Paseh
  • Poppy Yaniawati
  • Eka Firmansyah
  • Rully Indrawan Universitas Pasundan

Keywords:

Geogebra, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Berbasis Masalah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemecahan masalah matematis siswa kelas IX-H SMP Negeri 1 Paseh Sumedang melalui penerapan pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan Geogebra pada materi kekongruenan dan kesebangunan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-H SMP Negeri 1 Paseh Sumedang tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian tentang penerapan pendekatan PBM dengan Geogebra adalah sebagai berikut : persentase ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada siklus I berada pada kriteria cukup, pada siklus kedua mengalami penurunan dengan kriteria cukup, pada siklus ketiga juga hasilnya menurun, dan pada siklus keempat mengalami peningkatan dengan kriteria tinggi. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PBM dengan Geogebra dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IX-H SMP Negeri 1 Paseh Sumedang pada tahun ajaran 2019/2020

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas (2004). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas.

Dirckinck-Homfeld, L. (2009). Innovation of Problem Based Learning through ICT : Linking Local and Global Experiences. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology (IJEDICT), 5(1), 3–12.

Faoziyah, N. (2019). STEM Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar. Tesis tidak dipublikasikankan, Bandung, Pasca Sarjana UNPAS.

Heriawan, D. & Senjay, (2012). Metodologi Pembelajaran. Banten: Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru (LP3G).

Hohenwarter, Markus, & Preiner. (2007). Incorporating Geogebra Into Teaching Mathematics at The Colledge Level. Proceedings of ICTCM. Boston, MA.

Lachner, A., Weinhuber, M., & Nuckles, M. (2019). To Teach or Not to Teach The Conceptual Structure of Mathematics? Teacher Undervalue The Potential of Principle-Oriented Explanations. Contemporary Educational Psychology, 58(March), 175-185. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.03.008

Nadhifah, G. & Afriansyah E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry. Jurnal “Mosharafa”, Vol.5, No.1, 33-44.

Downloads

Published

2020-11-30

Issue

Section

Articles