Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Amir, M. T. (2009). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning (Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan). Jakarta: Prenada Media Group
- Badan Standar Nasional Pendidikan. (2013). Laporan Ujian Nasional SMK Tahun Pelajaran 2012/2013. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan
- Ghufron, A. dan Sutama. (2011). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Hasamah dan Setyaningrum, Y. (2013). Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi (Panduan dalam Merancang Pembelajaran untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013). Jakarta: Prestasi Pustaka Karya
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMA/MA dan SMK/MAK Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Permendikbud Republik Indonesia Nomor 81 A tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
- Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada
- Martadiputra, B. A. P. (2013). Pelatihan Pengolahan Data Statistik dengan SPSS untuk Mahasiswa Magister Pendidikan Matematika Fakultas Pascasarjana Unpas Bandung. Bandung: Tidak diterbitkan
- Muid, F. et al. (2013). Model Penilaian Proses dan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
- NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. [Online]. Tersedia: www.nctm.org [01Maret 2013]
- Ratnaningsih, N. (2003). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Matematik Siswa SMU melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Tesis pada PPS UPI Bandung: tidak diterbitkan
- Ratnaningsih, N. (2007). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik serta Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi SPS UPI Bandung: tidak diterbitkan
- Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
- Solihin. (2011). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik siswa Sekolah Menengah Atas (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri di Kota Bandung). Tesis Pascasarjana UNPAS Bandung : tidak diterbitkan
- Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Yogyakarta : Alfabeta
- Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta
- Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA UPI Bandung.
- Suherman, E. dan Kusumah, Y. S. (1990). Petunjuk Praktis untuk melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijayakusumah
- Sutawijaya, A. dan Afgani, J. (2011). Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif (Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)). Jakarta: Kencana
- Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Infinity [Online], Volume 1 (1), 125 Halaman. Tersedia: http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id [9 Desember 2013]
- Wahyudin. (2012). Filsafat dan Model-model Pembelajaran Matematika (Pelengkap untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Para Guru dan Calon Guru Profesional. Bandung : Mandiri Bandung
- Wardani, S. (2002). Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw (Studi Eksperimen terhadap Siswa Kelas Satu SMU Negeri 1 Tasikmalaya). Laporan Penelitian Unsil Tasikmalaya: tidak diterbitkan
- Wardhani, S. et al. (2010). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika
- Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara
- Widaningsih, D. (2010). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Tasikmalaya: FKIP Unsil Tasikmalaya.
References
Amir, M. T. (2009). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning (Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan). Jakarta: Prenada Media Group
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2013). Laporan Ujian Nasional SMK Tahun Pelajaran 2012/2013. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan
Ghufron, A. dan Sutama. (2011). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hasamah dan Setyaningrum, Y. (2013). Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi (Panduan dalam Merancang Pembelajaran untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013). Jakarta: Prestasi Pustaka Karya
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMA/MA dan SMK/MAK Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Permendikbud Republik Indonesia Nomor 81 A tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada
Martadiputra, B. A. P. (2013). Pelatihan Pengolahan Data Statistik dengan SPSS untuk Mahasiswa Magister Pendidikan Matematika Fakultas Pascasarjana Unpas Bandung. Bandung: Tidak diterbitkan
Muid, F. et al. (2013). Model Penilaian Proses dan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. [Online]. Tersedia: www.nctm.org [01Maret 2013]
Ratnaningsih, N. (2003). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Matematik Siswa SMU melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Tesis pada PPS UPI Bandung: tidak diterbitkan
Ratnaningsih, N. (2007). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik serta Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi SPS UPI Bandung: tidak diterbitkan
Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
Solihin. (2011). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik siswa Sekolah Menengah Atas (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri di Kota Bandung). Tesis Pascasarjana UNPAS Bandung : tidak diterbitkan
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Yogyakarta : Alfabeta
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta
Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA UPI Bandung.
Suherman, E. dan Kusumah, Y. S. (1990). Petunjuk Praktis untuk melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijayakusumah
Sutawijaya, A. dan Afgani, J. (2011). Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif (Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)). Jakarta: Kencana
Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Infinity [Online], Volume 1 (1), 125 Halaman. Tersedia: http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id [9 Desember 2013]
Wahyudin. (2012). Filsafat dan Model-model Pembelajaran Matematika (Pelengkap untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Para Guru dan Calon Guru Profesional. Bandung : Mandiri Bandung
Wardani, S. (2002). Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw (Studi Eksperimen terhadap Siswa Kelas Satu SMU Negeri 1 Tasikmalaya). Laporan Penelitian Unsil Tasikmalaya: tidak diterbitkan
Wardhani, S. et al. (2010). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika
Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara
Widaningsih, D. (2010). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Tasikmalaya: FKIP Unsil Tasikmalaya.