Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang belajar melalui pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang belajar melalui pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non ekivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1Rambah Samo tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian diambil dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Instrumen tes berupa soal tes kemampuan berpikir kritis matematis dan lembar observasi. Berdasarkan analisis data menggunakan SPSS 16.0 penelitian menemukan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang belajar melalui pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada siswa yang belajar melalui pembelajaran biasa. Ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa, terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang belajar melalui  pembelajaran berbasis masalah.

Keywords

Pembelajaran berbasis masalah kemampuan berpikir kritis matematis

Article Details

How to Cite
., Z., Fatimah, S., & Dahlan, jarnawi A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 23–35. https://doi.org/10.23969/pjme.v6i2.2650

References

  1. Alghadari, F. (2013).
  2. Pembelajaran Berbasis
  3. Masalah untuk meningkatkan
  4. Kemampuan dan
  5. Disposisi Berpikir
  6. Kritis Matematis Siswa SMA
  7. . Tesis
  8. pada SPs UPI: Tidak Diterbitkan.
  9. Arends, R. I. (2007).
  10. Learning to Teach
  11. (Seventh ed.). New York: McGraw
  12. Hill Companies, Inc.
  13. Baron, J. B. dan Sternberg R. J. (1987).
  14. Teaching Thinking Skill: Theory a
  15. nd
  16. Practice
  17. . New York: W. H. Freeman
  18. and Company.
  19. Creswell, J. W. (2012).
  20. Research Design
  21. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan
  22. Mixed
  23. . Diterjemahkan oleh Achmad
  24. Fawaid. 2012. Yogyakarta: Pustaka
  25. Pelajar.
  26. Depdiknas. (2006).
  27. Permendiknas nomor 22
  28. tahun 2
  29. tentang Standar Isi.
  30. Jakarta: Departemen Pendidikan
  31. Nasional.
  32. Fisher, A. (2001).
  33. Critical Thinking: An
  34. Introduction
  35. . Cambridge University
  36. Press.
  37. Glazer, E. (2001).
  38. Using Web Sources to
  39. Promote Critical Thinking in High
  40. School Mathematics
  41. .
  42. [Online].
  43. Tersedia:
  44. http://math.unipa.it
  45. rim/AGlazer79
  46. -
  47. pdf
  48. Nopember 2013]
  49. Hake, R. R. (1999).
  50. Analyzing Change/Gain
  51. Scores
  52. . [Online]. Tersedia:
  53. http://physics.indiana.edu
  54. sdi/Analyzin
  55. gCha
  56. nge
  57. -
  58. gain.pdf
  59. Oktober 2013]
  60. Marcut. I. (2005).
  61. Critical thinking
  62. -
  63. applied
  64. to the methodology of teaching
  65. mathematics
  66. . [Online]. Tersedia:
  67. http://depmath.ulbsibiu.ro/educa
  68. math/e
  69. m/vol1nr1/marcut/marcut.pdf
  70. . [2
  71. Januari 2014]
  72. NCTM. (2000).
  73. Principles and Standards for
  74. School Mathematics
  75. . Reston, VA:
  76. NCTM.
  77. Noer, S. H. (2010).
  78. Peningkatan
  79. Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif,
  80. dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa
  81. SMP melalui Pembe
  82. lajaran Berbasis
  83. Masalah
  84. . Disertasi pada SPs UPI:
  85. Tidak Diterbitkan.
  86. Ruseffendi, E. T. (2006).
  87. Pengantar kepada
  88. Membantu Guru Mengembangkan
  89. Kompetensinya dalam Pengajaran
  90. Matematika untuk Meningkatkan
  91. CBSA
  92. . Bandung: Tarsito.
  93. Sudjana, (2005).
  94. Metoda
  95. Statistika
  96. .
  97. Bandung: Tarsito.
  98. Sumarmo, U., dkk. (2012). “Kemampuan
  99. dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis,
  100. dan Kreatif Matematik: Eksperimen
  101. terhadap Siswa SMA Menggunakan
  102. Pembelajaran Berbasis Masalah dan
  103. Strategi Think
  104. -
  105. Talk
  106. -
  107. Write”.
  108. Jurnal
  109. Pengajaran MIPA
  110. UPI
  111. .
  112. (1).
  113. Sutawidjaya, A. & Dahlan, J. A. (2011).
  114. Pembelajaran Matematika
  115. . Jakarta:
  116. Penerbit Universitas Terbuka.
  117. Uyanto S. S. (2009).
  118. Pedoman Analisis Data
  119. dengan SPSS
  120. . Yogyakarta: Graha Ilmu

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.