Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terbuka Pada Kemampuan Representasi Beragam Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Mokhammad Ridwan Yudhanegara

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v3i1.2481

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan laporan hasil The Third International Mathematics and Sciense  Study  bahwa kemampuan siswa Sekolah Menengah Pertama di Indonesia dalam merepresentasikan ide atau konsep matematis masih tergolong rendah. Penelitian ini menerapkan pembelajaran berbasis masalah terbuka, yaitu pembelajaran yang masalahnya memiliki alternatif  ragam stragtegi penyelesaian namun tertuju dalam satu jawaban atau alternatif ragam stragtegi penyelesaian atau jawaban. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian berbentuk pretest-postest-control group design. Instrumen yang digunakan berupa tes representasi beragam metematis, dan non tes berupa angket, pedoman observasi, dan wawancara. Hasil dari pengolahan data gain ternormalisasi, dengan taraf signifikansi 0,05 kemampuan representasi beragam matematis siswa yang diberikan pembelajaran berbasis masalah terbuka lebih baik daripada yang siswa yang diberikan pembelajaran konvensional. Pada taraf signifikansi 0,05, kelompok siswa yang diberikan pembelajaran berbasis masalah terbuka menunjukkan adanya perbedaan peningkatan kemampuan representasi yang signifikan antara kelompok kemampuan pandai, sedang dan kurang. Ternyata kemampuan representasi kelompok kemampuan pandai lebih baik daripada kelompok sedang dan kelompok kurang. Berdasarkan hasil analisis data non tes diperoleh respon positif dari siswa mengenai pembelajaran berbasis masalah terbuka.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-04-27